Mobil Terbelah dan Terbakar Grand Prix Bahrain, Pebalap Prancis Ini Lolos dari Maut Nikah Massal di Tapin, Jangan Lagi Ada Pasangan Tak Berdokumen Latihan Dasar Pramuka di HST, Petakan Daerah Rawan Bencana Bupati Arifin Arpan Minta Maaf, Tak Ada Arakan Pengantin di HUT Tapin Bukan Kereta Api! Nih 2 Proyek Strategis Nasional Andalan Jokowi di Kalsel 2020-2024

Menteri Tjahjo Kumolo Minta ASN Jadi Pionir Perangi Covid-19

- Apahabar.com Selasa, 27 Oktober 2020 - 00:33 WIB

Menteri Tjahjo Kumolo Minta ASN Jadi Pionir Perangi Covid-19

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo. Foto-Dok. Humas Kementerian PAN RB via Antara

apahabar.com, JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo meminta aparatur sipil negara (ASN) untuk mengambil peran penting dengan menjadi pionir dalam memerangi Covid-19.

“Sebagai bagian dari warga negara Indonesia, ASN memiliki tanggung jawab untuk menjadi contoh, mengorganisir, dan menggerakkan masyarakat dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar Tjahjo, melalui siara pers Kementerian PAN-RB, di Jakarta seperti dilansir Antara, Senin (26/10).

Tjahjo menyampaikan hal itu saat menjadi pembicara dalam acara Silaturahim Nasional Badan Publik dan Rapat Koordinasi Nasional ke-11 Komisi Informasi se-Indonesia secara virtual di Kantor Kementerian PAN-RB, Jakarta, Senin.

Dalam memutus penyebaran Covid-19, kata dia, ASN sebagai pionir masyarakat diminta untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

Lebih lanjut, Tjahjo menyampaikan perlunya dilakukan pengawasan yang ketat atas penerapan protokol kesehatan di lingkungan pemerintah.

“Kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah diharapkan dapat memastikan ASN tetap sehat dan tidak terinfeksi Covid-19 saat memberikan pelayanan kepada masyarakat maupun menyelenggarakan pemerintahan,” katanya.

Berbagai strategi telah dilakukan Kementerian PAN-RB untuk memutus rantai penularan Covid-19 di lingkungan instansi pemerintah melalui sejumlah kebijakan, yakni pengaturan lokasi bekerja dari rumah atau di kantor, pelarangan mudik dan cuti, pengaturan perjalanan dinas, penyesuaian sistem kerja ASN pada tatanan normal baru, dan pembentukan Crisis Center Covid-19.

Setiap instansi pemerintah di pusat dan daerah juga diimbau memperkuat Tim Penanganan Covid-19 sebagai pusat penanganan krisis (Crisis Center) Covid-19 untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19 di lingkungan perkantoran.

Hal itu tercantum dalam SE Menteri PANRB Nomor 69/2020 tanggal 24 September 2020 tentang Penguatan Peran Tim Penanganan Covid-19 Sebagai Pusat Krisis (Crisis Center) di Lingkungan Perkantoran Instansi Pemerintah.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menilai pandemi Covid-19 telah mendorong perubahan tatanan kehidupan masyarakat serta tata laku pemerintahan.

Pemerintahan digital yang terbuka, lanjut dia, diterapkan juga dalam upaya penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi nasional, serta dukungan implementasi praktis bagi lembaga negara yang diwujudkan melalui kolaborasi pemerintah dengan berbagai “stakeholder” terkait.

Pada kesempatan sama, Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat Gede Narayana menyampaikan keterbukaan informasi publik pada bidang kesehatan dan ekonomi nasional pada masa pandemi perlu dibangun.

“Partisipasi masyarakat merupakan kunci keberhasilan agar Indonesia bisa menang melawan Covid-19. Melalui kebiasaan baru ini, kita semua dituntut untuk tetap memberikan layanan informasi publik secara optimal kepada masyarakat,” ujarnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Lucinta Luna Ditangkap Polisi Atas Dugaan Kepemilikan Ekstasi
apahabar.com

Nasional

Pasokan Pangan 2020 Aman, 2021 Waspada
apahabar.com

Nasional

Penyerahan KIA Terbanyak, Harganas Kalsel Catatkan Rekor MURI Baru
apahabar.com

Nasional

FOTO: Update Kondisi Longsor di Kotabaru
apahabar.com

Nasional

Doa PDIP Untuk Jokowi: Tak Dapat Menteri Bertopeng Pencari Jabatan  
apahabar.com

Nasional

Sahkan RUU Cipta Kerja, Instagram Puan Diserbu, Ketua ProDem: Jokowi Akan Diminta Pertanggungjawaban di Akhirat
apahabar.com

Nasional

Senin Pagi, Antrean Penumpang KRL di Stasiun Bogor Kembali Mengular
apahabar.com

Nasional

RS Polri Terima 4 Kantong Jenazah Diduga Korban Lion Air PK-LQP
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com