Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah Cerita Sukses Trader Forex Banjarmasin, Modal Rp 15 Juta Berangkatkan Umrah Keluarga 3 Jam Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga Desa Miawa Tapin Kebanjiran Kisah Pilu Istri Korban Disambar Buaya di Kotabaru, Harus Rawat 4 Anak, 1 di Antaranya Berusia 6 Bulan Produksi Migas Kalimantan-Sulawesi Lampaui Target, Kok Bisa?

Mirip Organ Kewanitaan, Begini Khasiat Bunga Telang dari Danda Jaya Batola

- Apahabar.com Rabu, 28 Oktober 2020 - 14:05 WIB

Mirip Organ Kewanitaan, Begini Khasiat Bunga Telang dari Danda Jaya Batola

Dibalik bentuk yang unik, bunga telang memiliki banyak manfaat untuk penyembuhan beberapa penyakit. Foto: Istimewa

apahabar.com, MARABAHAN – Di balik bentuk yang unik, terdapat alasan kuat dibalik pembudidayaan bunga telang di Desa Danda Jaya, Kecamatan Rantau Badauh.

Telang memang tidak sepopuler mawar, melati atau anggrek. Pun ketika orang dewasa melihat bentuk bunga ini, besar kemungkinan membuat mereka tersenyum.

Memiliki nama latin clitoria, telang memang berbentuk mirip organ intim wanita. Ketika sedang mekar, bunga ini berwarna ungu dan gradasi putih di bagian tengah.

Namun bukan bentuk yang menyebabkan bunga ini mulai dibudidayakan di Danda Jaya. Tidak hanya bunga, bahkan akar dan daun telang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

apahabar.com


Melalui layar televisi, Hatni tertarik membudidayakan bunga telang di Desa Danda Jaya. Foto: Istimewa

“Pertama kali melihat telang dari tayangan televisi. Selanjutnya saya mulai mencari penjual kacang telang melalui internet,” papar Hatni, petani pembudidaya telang di Danda Jaya.

“Hal penting dari telang adalah manfaat untuk kesehatan dan pengobatan. Sulit disebut satu-satu, karena bunga, daun, akar dan kacang telang semuanya bermanfaat,” imbuhnya.

Menukil dari sariagri.com, daun dan bunga telang ternyata membantu meredakan sakit kepala dan mengobati beberapa penyakit mata.

Kemudian kacang telah diklaim berkhasiat menghitamkan dan menyuburkan rambut. Sedangkan daun saja, bisa dijadikan obat bisul dan jerawat.

Selanjutnya perpaduan bunga dan kacang telang dapat mengobati beberapa penyakit di area mulut. Kalau bunga dan akar telang disatukan, kerap digunakan untuk memperbaiki masa haid.

Akar telang pun biasa digunakan untuk melancarkan buang air kecil. Sedangkan kacang telang dapat dijadikan obat pencuci perut untuk memudahkan buang air besar.

Bahkan air rendaman dari bunga telang diklaim dapat mengurangi insomnia, “Makanya setelah mendapat kacang telang dari Riau, saya tidak menggunakan banyak tanah dalam polybag,” jelas Hatni.

“Saya menggunakan arang sekam, supaya akar telang lebih mudah dibersihkan. Apalagi untuk penyakit tertentu, sepohonan yang direbus,” sambungnya.

Sembari mengolah anakan, Hatni mulai memasarkan teh bunga telang yang dijual seharga Rp10.000 per bungkus.

Untuk membuat teh tersebut, bunga telang dijemur dalam ruangan. Kemudian agar tidak cepat membusuk, bunga telang dipanaskan dalam oven.

“Semula hanya untuk konsumsi sendiri. Kemudian beberapa warga mulai tertarik mengonsumsi, setelah mengetahui manfaat bunga telang,” tandas Hatni.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Batola

Kolaborasi Tenaga Pendidik di Batola, Luncurkan Buku Bertema Pandemi
apahabar.com

Batola

Hadapi Potensi Bencana Banjir, Begini Kesiapan Barito Kuala
apahabar.com

Batola

Raih Top BUMD Awards, Berikut Kinerja BPR Barito Kuala Kalsel
apahabar.com

Batola

Seminggu Beroperasi di Marabahan, Ojekin Langsung Laris Manis
apahabar.com

Batola

Pemkab Batola Tepati Janji, Terminal Handil Bakti Mulai Dibongkar
apahabar.com

Batola

Sudah Pilih Lokasi, Peserta Seleksi CPNS Batola Tinggal Tunggu Jadwal
apahabar.com

Batola

Batola Target Zona Hijau, Protokol Kesehatan Lingkungan Industri Diawasi
apahabar.com

Batola

Lewat Team Mobile, Kodim 1005 Marabahan Bantu Percepatan Penanganan Covid-19 di Batola
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com