Jadi Sekolah Unggulan, Intip Sederet Program Almazaya Islamic School Banjarmasin Resmi, Gugatan Anandamu Tunda Kemenangan Ibnu-Ariffin di Pilwali Banjarmasin Tidak Mau Diisolasi di Palembang, 2 Peserta PTQ asal Kalteng Kabur Tak Buat Bingung, Dewan Kalsel Minta Informasi Satu Pintu Soal Aktivitas Mudik Jelang Idulfitri, Disdag Banjarbaru Jamin Harga Bapokting Aman

Munas MUI Digelar Akhir November, Sejumlah Fatwa Akan Dibahas, Apa Saja?

- Apahabar.com Senin, 19 Oktober 2020 - 11:26 WIB

Munas MUI Digelar Akhir November, Sejumlah Fatwa Akan Dibahas, Apa Saja?

Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Asrorun Niam Sholeh dalam tangkapan layar akun Youtube BNPB Indonesia saat menayangkan jumpa pers penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Senin (18/5/2020). Foto-Antara/Dewanto Samodro

apahabar.com, JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan menggelar musyawarah nasional (Munas) pada 25-28 November 2020.

Selain mengagendakan suksesi pengurus MUI untuk masa bakti 5 tahun, Munas juga akan membahas sejumlah fatwa.

Ketua Tim Materi Fatwa Munas MUI, Asrorun Niam Sholeh, mengatakan bahwa pembahasan fatwa mengerucut pada tiga bidang, yaitu masalah sosial budaya, ibadah, dan ekonomi syariah.

“Tiga bidang itu juga mencakup rencana fatwa tentang perencanaan haji belia dan dana talangan haji, pengawasan pengelolaan zakat dan zakat perusahaan, wakaf, pemilihan umum, termasuk periode masa bakti presiden, pilkada dan politik dinasti, serta paham komunisme,” kata Niam yang juga Sekretaris Komisi Fatwa MUI dalam siaran persnya sebagaimana dilansir Antara, Senin (19/10) pagi.

Selain itu, dalam pembahasan fatwa tersebut juga akan membahas berbagai hal terkait dengan Covid-19, seperti tentang vaksin, penanggulangannya, rambu-rambu adaptasi kehidupan baru, pemanfaatan bagian tubuh manusia untuk menjadi bahan pengobatan, dan hal terkait lainnya.

Komisi Fatwa MUI, kata Niam, terus menggelar rapat internal mengundang para ahli sampai akhir Oktober untuk membahas rencana fatwa yang sudah difinalisasi.

Dengan begitu, dua pekan sebelum munas berlangsung, peserta munas sudah menerima materi draf fatwa dan mendalaminya untuk dibahas pada saat Munas.

Munas MUI yang akan dilaksanakan pada 25—28 November 2020 digelar secara daring.

Agenda lima tahunan tersebut mundur dari rencana awal yang rencananya diselenggarakan pada pertengahan tahun ini akibat wabah Covid-19.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Saadi mengatakan bahwa suksesi Ketum MUI akan dilaksanakan pada pertengahan 2020 melalui Musyawarah Nasional MUI.

Hal itu dikatakannya pada akhir 2019 atau jauh hari sebelum pandemi Covid-19 melanda seantero dunia, termasuk Indonesia.

“Untuk munas yang diagendakan pada tahun 2020 akan dilakukan pergantian kepengurusan, akan dipilih ketum baru,” katanya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Ini yang Dilakukan Rasulullah SAW Saat Menghadapi Kesulitan
Masjid di Belanda

Habar

Masjid di Belanda Dilaporkan Dibakar Orang Tak Dikenal
apahabar.com

Habar

Bincang Tentang Gus Dur dan Abah Guru, Ulama Masa Kini yang Makamnya Ramai Diziarahi
apahabar.com

Habar

Pengobatan untuk Relawan dan Jemaah Haul Guru Sekumpul Digratiskan
Prihatin Tingginya Angka Perceraian, LDNU Banjar Gelar Kajian Resep Bahagia Rumah Tangga

Habar

Prihatin Tingginya Angka Perceraian, LDNU Banjar Gelar Kajian Resep Bahagia Rumah Tangga
apahabar.com

Habar

Jemaah Umrah Indonesia, Keluhkan Perekaman Biometrik Ulang di Saudi
apahabar.com

Habar

Gratis! Paman Birin Bakal Bagikan Seribu Tumbler di Haul Sekumpul ke 15
apahabar.com

Habar

390 Kantong Parkir Disiapkan, Relawan Haul Sekumpul Buat Aturan Memudahkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com