Kalsel Tidak Izinkan Tenaga Kerja Asing Masuk Berhasil ke Antariksa, Miliarder Dunia Jeff Bezos Disebut Titisan Alien Demang Lehman Sosok Panglima Perang Banjar, Penelusuran Misteri Kematian dan Makamnya Hari Ini, Belasan Pasien Covid-19 Tanah Bumbu Sembuh! Khawatir Ada Korban, Warga Kotabaru Ramai-Ramai Tangkap Buaya Liar

Musim Hujan, Waspada Jamur Kulit

- Apahabar.com     Sabtu, 24 Oktober 2020 - 18:09 WITA

Musim Hujan, Waspada Jamur Kulit

Ilustrasi - Krim untuk kulit. Foto-Aafa.org

apahabar.com, JAKARTA – Jika berniat keluar rumah sejenak apalagi di masa libur panjang dan musim hujan saat ini, sebaiknya jangan lupakan tabir surya.

Pasalnya, meski terhalang awan, matahari tetap dapat menembus sampai 90 persen.

“Tabir surya tetap diperlukan di musim hujan. Tabir surya harus tetap dipakai selama ada pajanan sinar matahari. Meskipun terhalang awan, matahari tetap dapat menembus sampai 90 persen,” kata dokter spesialis kulit sekaligus direktur medis di Klinik Dermalogia, Arini Astasari Widodo dalam bincang bersama media melalui pesan elektronik seperti dilansir dari Antara, Sabtu (24/10).

Dokter sekaligus dosen di UKRIDA itu mengingatkan adanya potensi terkena infeksi jamur karena musim hujan cenderung lembap dan membuat jamur bertambah banyak.

Jamur ini seringkali muncul di lokasi lembap dan banyak mengeluarkan keringat seperti kaki, sela paha, rambut, dan ketiak.

Manifestasi dan jenis jamur dapat berbeda-beda. Salah satu yang kini banyak dibicarakan adalah pityrosporum folliculitis atau secara awam dikenal dengan fungal acne.

Jamur ini seringkali muncul pada punggung karena merupakan area yang lembap dan sering berkeringat, terlebih jika menggunakan bahan yang berminyak di punggung seperti minyak pijat.

Waspadai juga alergi suhu dingin, alergi terhadap komponen jamur atau eksim yang dipicu komponen jamur (mold) yang manifestasinya beragam antara lain kurap, kudis, kutu air dan keputihan.

Agar tak terkena masalah jamur, Arini menyarankan untuk mengenakan pakaian yang menyerap keringat, menggantinya setelah berkeringat, dan mandi secara teratur setidaknya dua kali sehari.

Rajinlah mencuci tangan, menghindari berbagi barang pribadi, menjaga kebersihan area bersama, menghindari kelembapan berlebihan dan aktivitas yang memunculkan keringat berlebih.

Lalu, bila terkena jamur, segera mengobatinya dengan krim anti-jamur atau bedak khusus dan jangan menggaruk area tubuh yang gatal.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Perhatikan Ini Saat Merawat Si Janda Bolong yang Bisa Laku Rp 100 Juta
apahabar.com

Gaya

Serie Terbaru Toyota Hilux dan Corolla Mejeng di Wira Toyota Banjarmasin, Bikin Ngiler
apahabar.com

Gaya

Bakwan Juwarak, Kuliner asal Pontianak Kalbar yang Naik Daun di Jakarta
apahabar.com

Gaya

10 Tips Bugar Saat Puasa

Gaya

Kantong Teh Celup Awalnya Dipakai Untuk Sampel Teh, Ini Fakta Menariknya
apahabar.com

Gaya

Oppo Reno4 Hadir di Indonesia, Berapa Harganya?
apahabar.com

Gaya

Pindah Rumah Bikin Ribet, Intip 5 Persiapan Berikut
apahabar.com

Gaya

Dynabook Rilis Laptop Tipis Terbaru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com