UPDATE Laka Maut Tewaskan Ibu-Bayi di Bati-Bati Tanah Laut, Berakhir Damai Pengamanan Berlapis Kawal Rekapitulasi PSU Kalsel Tingkat Provinsi Kapolri Bidik Puluhan IUP Diduga Bodong di Kalsel, Dinas ESDM No Comment Breaking News! Gunung Bugis di Kaltim Membara Lagi Jelang MotoGP Jerman 2021, Momen Marc Marquez Meramaikan Barisan Depan

Operasi Yustisi di HST, Dua Tim Diterjunkan Sasar Warung Malam

- Apahabar.com Selasa, 27 Oktober 2020 - 13:50 WIB

Operasi Yustisi di HST, Dua Tim Diterjunkan Sasar Warung Malam

Memakai rompi oranye, penjaga warung malam yang tidak menaati protokol kesehatan di HST diberi sanksi oleh Tim Gakkum Perbup, Senin (27/10). Foto-apahabar.com/Lazuardi

apahabar.com, BARABAI – Tim Gakum Perbup Nomor 40 Tahun 2020 Protokol Kesehatan terus menggencarkan operasi yustisi . Sasaran tim kali ini pengunjung warung-warung malam maupun pemiliknya yang tersebar pada kecamatan di Hulu Sungai Tengah (HST).

Kasatpol PP HST, Abdul Razak menyebutkan, dua tim diturunkan untuk operasi tersebut. Yakni di Kecamatan Haruyan yang berbatasan dengan kabupaten tetangga dan Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS).

“Kami menurunkan dua tim sebanyak 44 personil yang terdiri dari Satpol PP, TNI-Polri, Kejaksaan dan Dishub HST untuk menyasar warung-warung yang tidak mematuhi protokol kesehatan,” kata Razak usai operasi yustisi, Senin (26/10) malam.

Hasil temuan tadi malam, bisa dikatakan angka pelanggar protokol kesehatan menurun. Artinya, tidak banyak didapati orang yang tidak menggunakan masker.

Tidak seperti biasanya, Tim Gakum ini mendapati puluhan orang yang tidak memakai masker. Jumlahnya dari 40 sampai 50 orang yang kedapatan tidak memakai masker.

Namun sejumlah warung, kata Razak masih saja didapati tidak menerapkan protokol kesehatan. Misalnya tidak menyediakan tempat cuci tangan.

“Dari kecamatan Haruyan nihil sementara di BAS, kita dapati 19 pelanggar yang tidak memakai masker. 5 diberi sanksi teguran lisan, 14 orang teguran tertulis. Kami juga meminta untuk pemilik warung agar menyediakan fasilitas cuci tangan,” kata Razak.

Abdul Razak berharap temuan tadi malam terus berkurang. Supaya HST bebas dari penularan Covid-19 dan bisa menjadi zona hijau.

Walaupun HST saat ini berada pada resiko penularan sedang atau Zona Oranye, kata Razak, bukan berarti pihaknya tidak lagi menggencarkan operasi yustisi.

“Operasi ini akan kami lanjutkan sampai Desember. Harapanya masyarakat terus disiplin, sehingga HST bebas dari Covid-19,” tutup Razak.

Berubahnya status menjadi Zna Oranye, Dandim 1002 Barabai, Letkol Inf Muh Ishak H Baharuddin pun berharap partisipasi dan kerjasama untuk mematuhi penerapan protokol kesehatan. Demi memutus mata rantai penyebaran covod-19 sangat kita harapkan.

“Ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja. Tapi tugas kita bersama seluruh komponen bangsa. Tanpa adanya kerjasama dan keikutsertaan masyarakat maka covid-19 ini akan susah berakhir apalagi untuk menjadikan HST menjadi zona Hijau,” terang Dandim.

Pun demikian dengan Kapolres HST, AKBP Danang Widaryanto. Polres HST dan Kodim 1002 Barabai selalu mendukung setiap kegiatan pemerintah daerah dalam rangka memutuskan mata rantai penyebaran.

“Mengapa kita menyasar warung malam ini? Karena memang kondisinya ramai dan rentan dengan penularan Covid-19,” tutup Kapolres.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Mayat

HST

Identitas Mayat Tinggal Tengkorak di HST Masih Misteri, Polisi: Keluarga Tak Mengenali
Beasiswa

HST

Tanam ‘Bibit Unggul’ di Bumi Murakata, Puluhan Pelajar HST Dapat Beasiswa

HST

3 Raperda di HST Digodok, Ada KLA dan PDAM
apahabar.com

HST

Unsur Pimpinan DPRD HST Lengkap, H Asoy Resmi Duduki Kursi Wakil Ketua

HST

JPT Pratama PNS di HST Bakal Bergeser, 13 Pejabat Struktural Ikuti Assessment

HST

Terbebani Biaya Pengobatan, Warga Hantakan Ini Pilih Bayar Iuran Bulanan KIS
Korupsi PDAM

HST

BREAKING! 4 Tersangka Kasus Korupsi PDAM HST Resmi Ditahan
apahabar.com

HST

Usai Dilantik, Kepala Daerah HST Terpilih Independen Segera Bertemu DPRD
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com