BREAKING NEWS Legenda Barito Putera Yusuf Luluporo Meninggal Dunia di Usia 47 Tahun Geledah Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, KPK Amankan Uang dan Dokumen Waspada Penularan Covid-19 di Libur Panjang, Disdik Banjarmasin Imbau Pelajari Patuhi Prokes Bikin Haru, Simak Curahan Mama Lita MasterChef Indonesia Pasca-ditinggal Suami Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah

Operasi Yustisi di HST, Dua Tim Diterjunkan Sasar Warung Malam

- Apahabar.com Selasa, 27 Oktober 2020 - 13:50 WIB

Operasi Yustisi di HST, Dua Tim Diterjunkan Sasar Warung Malam

Memakai rompi oranye, penjaga warung malam yang tidak menaati protokol kesehatan di HST diberi sanksi oleh Tim Gakkum Perbup, Senin (27/10). Foto-apahabar.com/Lazuardi

apahabar.com, BARABAI – Tim Gakum Perbup Nomor 40 Tahun 2020 Protokol Kesehatan terus menggencarkan operasi yustisi . Sasaran tim kali ini pengunjung warung-warung malam maupun pemiliknya yang tersebar pada kecamatan di Hulu Sungai Tengah (HST).

Kasatpol PP HST, Abdul Razak menyebutkan, dua tim diturunkan untuk operasi tersebut. Yakni di Kecamatan Haruyan yang berbatasan dengan kabupaten tetangga dan Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS).

“Kami menurunkan dua tim sebanyak 44 personil yang terdiri dari Satpol PP, TNI-Polri, Kejaksaan dan Dishub HST untuk menyasar warung-warung yang tidak mematuhi protokol kesehatan,” kata Razak usai operasi yustisi, Senin (26/10) malam.

Hasil temuan tadi malam, bisa dikatakan angka pelanggar protokol kesehatan menurun. Artinya, tidak banyak didapati orang yang tidak menggunakan masker.

Tidak seperti biasanya, Tim Gakum ini mendapati puluhan orang yang tidak memakai masker. Jumlahnya dari 40 sampai 50 orang yang kedapatan tidak memakai masker.

Namun sejumlah warung, kata Razak masih saja didapati tidak menerapkan protokol kesehatan. Misalnya tidak menyediakan tempat cuci tangan.

“Dari kecamatan Haruyan nihil sementara di BAS, kita dapati 19 pelanggar yang tidak memakai masker. 5 diberi sanksi teguran lisan, 14 orang teguran tertulis. Kami juga meminta untuk pemilik warung agar menyediakan fasilitas cuci tangan,” kata Razak.

Abdul Razak berharap temuan tadi malam terus berkurang. Supaya HST bebas dari penularan Covid-19 dan bisa menjadi zona hijau.

Walaupun HST saat ini berada pada resiko penularan sedang atau Zona Oranye, kata Razak, bukan berarti pihaknya tidak lagi menggencarkan operasi yustisi.

“Operasi ini akan kami lanjutkan sampai Desember. Harapanya masyarakat terus disiplin, sehingga HST bebas dari Covid-19,” tutup Razak.

Berubahnya status menjadi Zna Oranye, Dandim 1002 Barabai, Letkol Inf Muh Ishak H Baharuddin pun berharap partisipasi dan kerjasama untuk mematuhi penerapan protokol kesehatan. Demi memutus mata rantai penyebaran covod-19 sangat kita harapkan.

“Ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja. Tapi tugas kita bersama seluruh komponen bangsa. Tanpa adanya kerjasama dan keikutsertaan masyarakat maka covid-19 ini akan susah berakhir apalagi untuk menjadikan HST menjadi zona Hijau,” terang Dandim.

Pun demikian dengan Kapolres HST, AKBP Danang Widaryanto. Polres HST dan Kodim 1002 Barabai selalu mendukung setiap kegiatan pemerintah daerah dalam rangka memutuskan mata rantai penyebaran.

“Mengapa kita menyasar warung malam ini? Karena memang kondisinya ramai dan rentan dengan penularan Covid-19,” tutup Kapolres.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

HST

Wabup Berry Dorong Kader Muda PMI HST Jadi Pelopor Gerakan Kemanusiaan
apahabar.com

HST

Pembunuh Latifah Istri Muda Pembakal di HST Ternyata Anak Istri Tua, Pelaku Diduga Sakit Hati Ibunya Sering Dihina
apahabar.com

HST

Ribuan Warga Barabai Terima Jaring Pengaman Sosial Tahap 1
apahabar.com

HST

Asrama Baru Mahasiswa Murakata Berdiri di Banjarbaru
apahabar.com

HST

Masuk Zona Orange, Tim di HST Tetap Gencar Laksanakan Operasi Yustisi
apahabar.com

HST

Gandeng Balai Bahasa Kalsel, Pemkab HST Penuhi Standar Mutu Bahasa Guru
apahabar.com

HST

Operasi Yustisi, Tim Gabungan HST Mulai Sasar Wilayah Kerumunan
apahabar.com

HST

Cuti Bersama, Kantor BPJS Kesehatan Barabai Tetap Buka Pelayanan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com