Belasan Terduga Pelaku Prostitusi Online Diamankan Polres Banjarbaru, 6 Masih di Bawah Umur Jelang Iduladha, Kalsel Siapkan Belasan Ribu Hewan Kurban MK Tunda Sidang, H2D Tetap Pede Diskualifikasi BirinMU Prostitusi Online di Banjarmasin Seret Anak-Anak, Sudah Puluhan Remaja Terjaring! 8 Tuntutan Mahasiswa Kalsel Saat Aksi #SaveKPK Sampai ke Sekretariat Presiden

Pansus Revisi Perda RTRW Tak Ingin Gegabah

- Apahabar.com Kamis, 1 Oktober 2020 - 14:58 WIB

Pansus Revisi Perda RTRW Tak Ingin Gegabah

Anggota Pansus Revisi Perda RTRW DPRD Banjarmasin Zainal Hakim. Foto - apahabar.com / Ahya Firmansyah

Apahabar.com, BANJARMASIN – Panitia Khusus (Pansus) Revisi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 tahun 2013 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) DPRD Banjarmasin tak ingin gegabah membahas revisi peraturan ini.

Anggota Pansus RTRW DPRD Banjarmasin, Zainal Hakim mengatakan, saat ini revisi Perda RTRW sudah memasuki tahap pembahasan materi inti Raperda.

“Sekarang pembahasan sangat detail ke per pasal yang akan direvisi. Tidak bisa cepat seperti Raperda lain, karena kami harus menyesuaikan data dan gambar,” ungkap Hakim, Kamis (1/10/2020).

Secara teknis, lanjut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Banjarmasin itu, sesuai Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2018, disyaratkan skala tata ruang kabupaten/kota 1:5000.
Hakim menjelaskan, dalam Raperda RTRW juga disebutkan secara detail zonasi bahkan sub zona suatu kawasan hingga peruntukkannya ke depan.

“Misalnya zona pendidikan, industri, perdagangan, kini diperjelas dengan sub zona secara detail. Hal itu tidak bisa dibahas secara cepat karena harus sesuai dengan data yang benar,” terangnya.

Dalam pembahasan Raperda RTRW, Hakim memastikan DPRD Banjarmasin menaruh atensi khusus terkait zona hijau, baik kawasan sungai dan ruang terbuka hijau (RTH) sesuai amanat Undang-Undang.

“Untuk zona hijau pasti menjadi perhatian kami. Kota Banjarmasin identik dengan sungai, sehingga ada atensi khusus. Begitu pula hal pendukung lain seperti ketersediaan RTH, baik milik umum dan privat. Semua akan dibahas secara detail,” pungkasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Dini hari, Dua Rumah di Balangan Rata dengan Tanah
apahabar.com

Kalsel

Cerita SA, Bocah Banjarbaru yang Tertangkap Saat Operasi Anti-Narkotika
asyarakat Banua Asam Swadaya Lawan Corona

Kalsel

Masyarakat Banua Asam Swadaya Lawan Corona
apahabar.com

Kalsel

LA2M Galang Dana untuk Korban Tsunami Selat Sunda
apahabar.com

Kalsel

Kabupaten Banjar Siaga Banjir, Debit Air Sungai Mulai Tinggi
Reses, Saatnya Wakil Rakyat Perjuangan Aspirasi Masyarakat   

Kalsel

Reses, Saatnya Wakil Rakyat Perjuangan Aspirasi Masyarakat   
apahabar.com

Kalsel

Waspada Potensi Hujan Disertai Petir di Kalsel Hari Ini
Kakek

Kalsel

Terungkap, Kakek Berlumuran Darah di Landasan Ulin Ternyata Dipukuli Bukan Tabrak Lari
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com