Pegawainya Mencuri, Pangeran Khairul Saleh Minta KPK Evaluasi Diri Esok, Kemenag Kalsel Gelar Rukyatul Hilal di Puncak Gedung Bank Kalsel Selamat..! Tanah Bumbu Raih Peringkat Tiga MTQ Nasional Tingkat Provinsi XXXIII Polisi Kotabaru Tangkap Otak Pembunuhan Brutal di Mekarpura Pemilu Ulang di Banjarmasin Selatan, Cucu Habib Basirih Pinta Jauhi Politik Uang

Pembangunan Jalan Tol Banjarbaru-Batulicin Ditarget Rampung 2021

- Apahabar.com Sabtu, 10 Oktober 2020 - 19:19 WIB

Pembangunan Jalan Tol Banjarbaru-Batulicin Ditarget Rampung 2021

Jalan tol Banjarbaru-Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu diperkirakan rampung 2021. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemprov Kalsel memperkirakan pembangunan jalan tol Banjarbaru-Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu rampung 2021.

“Salah satu fokus pembiayaan dalam APBD Kalsel 2021 merampungkan pembangunan jalan Banjarbaru-Batulicin,” ujarnya Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalsel, Nurul Fajar Desira.

Namun mantan Kepala Bappeda Kota Banjarmasin itu tidak menyebut nominal pembiayaan, baik secara keseluruhan anggaran untuk pembangunan jalan Banjarbaru-Batulicin maupun penyelesaian.

Kecuali mengatakan pada jalan bebas hambatan tersebut penyelesaian dua buah jembatan, usai menghadiri rapat di DPRD Kalsel.

Sebelumnya, ia mengatakan rencana pembangunan jalan tol dari Batulicin menuju Banjarbaru merupakan salah satu infrastruktur pendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Terpadu (KEK) Batulicin.

Dengan ditetapkannya kawasan industri Batulicin, sebagai salah satu dari empat Program Strategis Nasional (PSN) Kalimantan Selatan, akan membuat daerah tersebut berkembang lebih cepat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Mendukung percepatan pengembangan kawasan industri tersebut, tambah dia, Pemprov sedang mengusahakan percepatan pembangunan jalan tol sepanjang sekitar 100 kilometer, dari Batulicin menuju Banjarbaru.

“Jalan tersebut untuk menghubungkan, kawasan industri dengan pusat perdagangan dan pusat ekonomi daerah lainnya,” katanya dilansir apahabar.com dari Antara.

Menurut Fajar, diharapkan pada 2019, pembangunan jalan tol tersebut, sudah masuk dalam Detail Engineering Design (DED).

Dalam pekerjaan konstruksi DED dapat diartikan sebagai produk dari konsultan perencana, yang biasa digunakan dalam membuat sebuah perencanaan (gambar kerja) detail bangunan sipil seperti gedung, kolam renang, jalan, jembatan, bendungan, dan pekerjaan konstruksi lainnya.

“Rencana biaya pembangunan jalan tersebut cukup besar, bisa mencapai Rp2 triliun, sehingga akan dikaji lebih detail, apakah pembangunan murni oleh pemerintah, atau mengundang swasta,” katanya.

Rencananya, dari 100 kilometer pembangunan jalan tersebut, untuk jalur tolnya sepanjang 58 kilometer, dan sisanya adalah jalan pendukung.

Bila jalan tersebut jadi, maka jarak Batulicin-Banjarbaru, yang sebelumnya ditempuh selama lima jam menjadi 2,5 jam.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Dinas PUPR Kalsel

Pemprov Andalkan Pusat Rampungkan Proyek Jalan Lingkar Utara
apahabar.com

Dinas PUPR Kalsel

Demi Haul Guru Sekumpul, Jembatan Sungai Lulut Diresmikan
apahabar,com

Dinas PUPR Kalsel

Aksi Sosial PUPR Kalsel Peringati Hari Bakti PU ke 74

Dinas PUPR Kalsel

Dinas PUPR Kalsel Kejar Sertifikasi Kompetensi Ahli Konstruksi
Pembangunan Infrastruktur Penanganan Banjir di Kalsel Telan Dana Ratusan Miliar

Dinas PUPR Kalsel

Pembangunan Infrastruktur Penanganan Banjir di Kalsel Telan Dana Ratusan Miliar
apahabar.com

Dinas PUPR Kalsel

PUPR Kalsel Kejar Target Pembangunan Jalan Rantau-Muara Kemuning
apahabar.com

Dinas PUPR Kalsel

Gara-Gara Covid-19, Sejumlah Proyek PUPR Kalsel di Tapin Tertunda
apahabar.com

Dinas PUPR Kalsel

Progres Molor, PUPR Kalsel Optimistis Selesaikan Jembatan Sungai Lulut
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com