Mubadala Petrolium Sosialisasi Pemboran Sumur Eksplorasi Yaqut-1 Upah Minimum Naik Rp 10 Ribu, Buruh Kalsel Meradang Buntut Demo, Koordinator BEM Kalsel Ahdiat Zairullah Resmi Tersangka Koordinator BEM Kalsel Tersangka, Kuasa Hukum Siap Melawan BREAKING NEWS: Wakil Rektor ULM Penuhi Panggilan Polda Kalsel

Pemerintah Siapkan Rp5,71 T untuk BLT Guru Honorer

- Apahabar.com Senin, 12 Oktober 2020 - 08:05 WIB

Pemerintah Siapkan Rp5,71 T untuk BLT Guru Honorer

Pemerintah siap menyalurkan BLT untuk guru honorer. Foto-Ilustrasi/Antara

apahabar.com, JAKARTA – Di tengah pandemic Covid-19, pemerintah siap memperluas bansos tunai atau BLT. Sasaran kali ini para guru honorer.

Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Pengeluaran Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan total anggaran yang dibutuhkan untuk perluasan BLT tersebut mencapai Rp5,71 triliun.

“Diperlukan program-program baru yang penting untuk kita lakukan termasuk dalam program subsidi upah,” ujarnya dalam webinar yang digelar Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada, Minggu (11/10).

Nantinya, akan ada 1,63 juta guru honorer berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan 749,5 ribu guru honorer berdasarkan data kementerian Agama yang disasar sebagai penerima.

Meski demikian, kata Kunta, diperkirakan tak akan ada anggaran tambahan untuk perluasan BLT tersebut. Sebab, alokasi awal BLT program subsidi gaji sebesar Rp37,87 triliun itu diprediksi hanya akan terealisasi sebesar Rp31,2 triliun.

Artinya, masih akan ada anggaran sebesar Rp6,67 triliun yang bisa digunakan untuk perluasan program. “Target awal penerima sebanyak 15,7 juta pekerja, namun prognosa realisasi hanya sekitar 13 jutaan atau sekitar Rp31,2 triliun,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan realisasi penyaluran BLT kepada pekerja bergaji di bawah Rp5 juta mencapai 11,5 juta pekerja dari target 15,7 juta pekerja.

Penyaluran dilakukan bertahap, yakni sebesar Rp1,2 juta untuk dua bulan pertama dan Rp1,2 juta untuk dua bulan berikutnya. “Realisasi penyaluran anggarannya sudah sebesar Rp13,9 triliun dari Rp37,7 triliun atau 36,9 persen,” tandasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Penerimaan Calon ASN di Papua Ditunda ke 2019
apahabar.com

Nasional

Update Covid-19 di Indonesia: 2.956 Positif, 222 Sembuh, 240 Meninggal
apahabar.com

Nasional

Bukan Papua, Djoko Tjandra Diduga Masuk lewat Kalimantan
apahabar.com

Nasional

Mulai Oktober, Pemerintah Percepat Realisasi Dana Kesehatan
apahabar.com

Nasional

Merasa Janggal Atas Kematian Ibunya, Rizki Febian Lapor Polisi
apahabar.com

Nasional

Polusi Udara Jakarta Terburuk, Berpotensi Picu Stroke
apahabar.com

Nasional

Panji Petualang Klarifikasi Sejumlah Mitos Tentang Ular
apahabar.com

Nasional

Menjadi Sukses di Usia Muda, Hipmi: Pembuktiannya itu yang Penting
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com