Kadesnya Dijebloskan ke Bui, Plh Bupati Kotabaru Buka Suara Breaking! Heboh Mobil Terbakar di Tapin, 1 Warga Jadi Korban Masih Ada 122 Ribu Rumah di Kalteng Tak Layak Huni Dituding Gelembungkan Suara, Komisioner KPU Banjar Belum Berniat Polisikan Saksi Pencuri Mobil di Balikpapan Tak Ditahan Polisi, Kok Bisa?

Pemerintah Siapkan Rp5,71 T untuk BLT Guru Honorer

- Apahabar.com Senin, 12 Oktober 2020 - 08:05 WIB

Pemerintah Siapkan Rp5,71 T untuk BLT Guru Honorer

Pemerintah siap menyalurkan BLT untuk guru honorer. Foto-Ilustrasi/Antara

apahabar.com, JAKARTA – Di tengah pandemic Covid-19, pemerintah siap memperluas bansos tunai atau BLT. Sasaran kali ini para guru honorer.

Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Pengeluaran Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan total anggaran yang dibutuhkan untuk perluasan BLT tersebut mencapai Rp5,71 triliun.

“Diperlukan program-program baru yang penting untuk kita lakukan termasuk dalam program subsidi upah,” ujarnya dalam webinar yang digelar Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada, Minggu (11/10).

Nantinya, akan ada 1,63 juta guru honorer berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan 749,5 ribu guru honorer berdasarkan data kementerian Agama yang disasar sebagai penerima.

Meski demikian, kata Kunta, diperkirakan tak akan ada anggaran tambahan untuk perluasan BLT tersebut. Sebab, alokasi awal BLT program subsidi gaji sebesar Rp37,87 triliun itu diprediksi hanya akan terealisasi sebesar Rp31,2 triliun.

Artinya, masih akan ada anggaran sebesar Rp6,67 triliun yang bisa digunakan untuk perluasan program. “Target awal penerima sebanyak 15,7 juta pekerja, namun prognosa realisasi hanya sekitar 13 jutaan atau sekitar Rp31,2 triliun,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan realisasi penyaluran BLT kepada pekerja bergaji di bawah Rp5 juta mencapai 11,5 juta pekerja dari target 15,7 juta pekerja.

Penyaluran dilakukan bertahap, yakni sebesar Rp1,2 juta untuk dua bulan pertama dan Rp1,2 juta untuk dua bulan berikutnya. “Realisasi penyaluran anggarannya sudah sebesar Rp13,9 triliun dari Rp37,7 triliun atau 36,9 persen,” tandasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Nasional

Guru Besar dan Dosen 67 Kampus Ternama Tolak UU Cipta Kerja : Jungkirbalikkan Perspektif Publik
Banjir Kalsel

Nasional

Mendarat Hari Ini, Presiden Jokowi Serius Atasi Banjir Kalsel
apahabar.com

Nasional

Dilarang Main TikTok, Wanita Ini Nekat Bunuh Diri  
apahabar.com

Nasional

Gara-Gara Kabut Asap, 7 Penerbangan di Syamsudin Noor Delay!
apahabar.com

Nasional

Jenis Transportasi Umum Ini yang Bakal Digunakan di Ibu Kota Baru
apahabar.com

Nasional

Jokowi Minta Masyarakat Tetap Tenang Namun Waspada Tsunami
Erick Thohir

Nasional

Erick Thohir Optimistis Vaksinasi Tenaga Kesehatan Jadi Motivasi Perangi Covid-19
apahabar.com

Nasional

Dari Luar Negeri, Ratusan WNI Digiring ke Wisma Atlet
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com