Malu-maluin! Pemuda di Kotabaru Jambret Wanita demi Komix Terungkap, Korban Tewas Kecelakaan di Tapin Warga Wildan Banjarmasin INALILAHI Hujan Lebat, Pengendara Vario di Tapin Tewas 7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron Banjir Masih Merendam Rumah Warga, Dinsos Tabalong Bagikan Sembako

Pemkab Balangan Apresiasi Keberhasilan Desa Bihara Hilir Sebagai Kampung Proklim Utama 2020

- Apahabar.com Jumat, 23 Oktober 2020 - 17:05 WIB

Pemkab Balangan Apresiasi Keberhasilan Desa Bihara Hilir Sebagai Kampung Proklim Utama 2020

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Balangan, Musa Abdullah saat memberikan sambutan pada sosialisasi Program Kampung Iklim (Proklim) digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Balangan. Foto-dok

apahabar, PARINGIN – Warga Desa Bihara Hilir, Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan patut bangga.

Pasalnya desa mereka menerima penghargaan sertifikat Program Kampung Iklam (Proklim) utama 2020 dari Kementerian LHK.

Atas prestasi itu, Desa Bihara Hilir mendapatkan aprisiasi dari Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan, Dessy Reyhanie, saat ditemui di ruang kerjanya menjelaskan bahwa, program tersebut bertujuan untuk melakukan mitigasi dan adaptasi pada perubahan iklim.

Sehingga nantinya diharapkan masyarakat mampu dan tangguh menghadapi perubahan iklim secara ekonomi dan pelestarian hidup.

“Pemkab Balangan mengucapkan selamat, atas keberhasilan Desa Bihara Hilir Kecamatan Awayan yang menerima penghargaan sertifikat Program Kampung Iklam (Proklim) utama 2020 dari Kementerian LHK,” ujarnya, Jumat (23/10).

Lebih lanjut dikatakan Dessy, diperolehnya penghargaan berupa Sertifikat Proklim Utama ini berdasarkan SK Mentri Lingkungan Hidup no.401 MENLHK PPI/PPID 10/2020, terkait dengan Proklim tahun 2020.

“Pada tahun 2019 yang lalu, Desa Bihara Hilir juga sudah mendapatkan penghargaan Proklim Kategori Madya. Alhamdulillah tahun 2020 ini, bisa diusulkan penghargaan kategori Proklim Utama,” ujarnya.

Selanjutnya Dessy berharap, Desa Bihara Hilir tetap menjalankan peran kampung iklim sebagaimana yang telah dilakukan pembinaan selama ini.

Untuk itu harapan selanjutnya bisa diusulkan menjadi peraih proklim lestari, yang dapat membina 10 kampung iklim, baik itu yang berada di wilayah Kecamatan Awayan maupun sekitarnya di Kabupaten Balangan, dan bisa menjadi projek percontohan bagi desa-desa lainnya.

Sementara, Kepala Dinas Linkungan Hidup Balangan, Musa Abdullah, menyampaikan bahwa pencapaian tersebut, tidak luput dari peran masyarakatnya beserta semua elemen, sehingga dapat menjadi contoh bagi kampung-kampung lainnya.

“Saya sangat bangga dan tanpa mereka semua tidak ada artinya. Kami di Dinas LH hanya menjembatani dari pihak Pusat untuk mereka. Pihak desa Bihara Hilir sendiri selalu menginformasikan kepada Dinas LH bahwa ini adalah potensi kita,” ucap Musa.

Ia berkomitmen untuk terus membina dan mengkomunikasikan dengan pihak terkait guna mempertahankan program tersebut, agar tetap jadi yang utama, dan semoga akan ada kampung iklim lain yang muncul.

Musa berharap, SKPD lain juga ikut membina, di mana banyak sekali kegiatan UMKM yang dapat di sinergikan untuk sisi pasarnya, sisi pengemasan, sisi kesehatannya mungkin yang dapat di ulas lagi dan bisa diikuti masyarakat lainnya

“Terkait hasil tersebut pihaknya bertekat dapat mengikutsertakan SKPD lain untuk bisa membantu mensinergikan program ini, tidak hanya Dinas LH saja,” imbuhnya.

Editor: Zainal Muttaqin - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

Gubernur Kalteng Ikut Tes Swab Covid-19
apahabar.com

Tak Berkategori

Tes SKB CPNS Kalteng Mulai 1 September, Simak Pesan Kepala BKD
apahabar.com

Kalsel

Kasus Money Politics di Banjarmasin, Partai Berdalih Honor Saksi
apahabar.com

Tak Berkategori

Dua Pilihan Akad di Bank Kalsel Syariah Giro iB Al-Amanah, Apa Saja?
apahabar.com

Tak Berkategori

Jam Tayang dan Jadwal MotoGP Eropa 2020, Nasib Valentino Rossi di Tiga Balapan Terakhir, Live Trans7!

Tak Berkategori

Tim Buser Bekuk Terduga Spesialis Sepeda Gunung di Banjarbaru
apahabar.com

Tak Berkategori

Menpar Tak Ingin Ada “Wisata Remang-Remang” di Indonesia

Tak Berkategori

Nekat, Kawanan Pencuri Rampok dan Sekap Kasat Narkoba Kotabaru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com