Digeledah KPK, Rumah Bupati HSU Abdul Wahid Jadi Tontonan Warga BREAKING! KPK Geledah Rumah Bupati HSU, Spanduk Panjang Membentang Rumahnya Digeledah KPK, Bupati HSU Abdul Wahid Menghilang Jumlah Kesembuhan Covid-19 di Tanbu Capai 5.593 Pasien KPK Obok-Obok Rumah Bupati HSU, Kapolres Angkat Suara

Pemkab HSS Salurkan Bantuan untuk UMKM dan Ketenagakerjaan

- Apahabar.com     Rabu, 21 Oktober 2020 - 17:19 WITA

Pemkab HSS Salurkan Bantuan untuk UMKM dan Ketenagakerjaan

Bupati HSS Achmad Fikry menyerahkan secara simbolis bantuan untuk UMKM dan bantuan ketenagakerjaan. Sumber-Humas HSS

apahabar.com, KANDANGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menyalurkan bantuan untuk para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) serta berbagai bantuan ketenagakerjaan lainnya.

Berbagai bantuan tersebut diserahkan langsung secara simbolis oleh Bupati HSS, Achmad Fikry di halaman kantor Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian (Disnakerkop UKP) Kabupaten HSS, Rabu (21/10).

Kepala Disnakerkop UKP Kabupaten HSS, Hendro Martono menjelaskan, pihaknya telah melakukan pendampingan pemasaran kepada pelaku UMKM secara daring.

“Ada 24 UMKM yang mendapatkan pendampingan agar usahanya terus berkembang di tengah pandemi Covid-19,” tuturnya.

Bahkan, ungkapnya, 24 UMKM itu diberi bantuan smartphone android, yang dimaksudkan untuk membantu dalam pemasaran produk melalui media sosial.

Hendro berujar, pihaknya berupaya optimal dalam pendampingan itu.

Sebanyak 8 orang petugas dari Disnakerkop UKP Kabupaten HSS ditugaskan mendampingi para UMKM tersebut.

Tidak hanya terkait pemasaran, namun kualitas produk UMKM juga dibina.

Pihaknya juga mengusulkan sebanyak 11.885 warga HSS untuk menerima bantuan presiden untuk pelaku usaha mikro (BPUM).

Setelah dilakukan verifikasi langsung oleh Kementrian Koperasi dan UKM, sebanyak 9.814 pelaku usaha di Kabupaten HSS berhak menerima bantuan itu.

Pelaku usaha yang terverifikasi menerima bantuan itu, mendapat dana bantuan sebesar Rp 2,4 juta, yang dananya langsung ditransfer ke rekening penerima.

Bupati HSS Achmad Fikry menyerahkan secara simbolis bantuan untuk UMKM dan bantuan ketenagakerjaan. Sumber-Humas HSS

Pada kesempatan itu juga disalurkan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel), untuk 168 orang pekerja industri kecil menengah (IKM). Masing-masing penerima akan mendapatkan dana sebesar Rp 100 ribu.

Upaya lain dilakukan Disnakerkop UKP untuk mengurangi pengangguran di Kabupaten HSS, yakni meningkatkan keahlian para pemuda dengan program pelatihan servis AC.

Pelatihan servis AC dilaksanakan selama 10 hari, diikuti oleh 16 orang peserta. Peserta pelatihan juga diberikan bantuan peralatan servis AC, yang diserahkan secara simbolis pada acara itu.

Bupati HSS Achmad Fikry, mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Disnakerkop UKP, dalam upaya melakukan pendampingan kepada para pelaku UMKM di Kabupaten HSS untuk pemasaran secara daring.

Achmad Fikry mewanti-wanti para pelaku UMKM, yang memasarkan barang secara daring, yakni foto yang dipajang harus sesuai dengan barang yang dijual, dan harus sama seindah rupa yang ditampilkan di media sosial.

Ia juga mengimbau, jika menerima banyak pesanan agar jangan mengurangi rasa dan jangan pernah menolak. Ia menyarankan untuk mencari pekerja lain untuk tambahan produksi.

Bupati Achmad Fikry berharap, bantuan yang diserahkan untuk para pelaku UMKM dan tenaga kerja, bisa dimanfaatkan untuk menambah modal usaha.

Pada kesempatan itu juga, Achmad Fikry mengimbau para pelaku usaha mikro untuk terus taat dengan protokol kesehatan guna memutus penyebaran Covid-19.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Vaksinasi Kedua

HSS

Bupati Tinjau Vaksinasi Kedua Kepala OPD dan ASN Setda HSS
apahabar.com

HSS

Wabup HSS Serahkan Sapi Kurban di Masjid Ibrahim Daha Utara

HSS

Pria Gantung Diri di Telaga Langsat HSS, Tinggalkan Wasiat Terakhir
apahabar.com

HSS

Manugal, Tradisi Masyarakat Meratus Gotong-Royong Tanam Padi
apahabar.com

HSS

MUI HSS: Jangan Golput, Jaga Kerukunan
apahabar.com

HSS

Di Hari Kemerdekaan, Warga HSS Diminta Hentikan Aktivitas Selama 3 Menit
apahabar.com

HSS

Achmad Fikry Resmikan Embung Irigasi Gumbil‎
HSS

HSS

Bupati HSS Sambutan Kedatangan Pangdam VI Mulawarman
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com