Perhatian! PT KPP Rantau Ngutang Pajak Alat Berat Rp 1,8 M Warung Jablay di HSS Meresahkan, MUI Ngadu ke DPRD Jelang Pencoblosan, Warga Kalsel Diimbau Jangan Telan Mentah-Mentah Berita Medsos Disbudpar Banjarmasin Rilis Dua Wisata Baru, Cek Lokasinya Otsus Jilid Dua, Semangat Baru Pembangunan Papua

Pemkab Tanbu Ikuti Festival Iklim 2020 Secara Virtual

- Apahabar.com Rabu, 7 Oktober 2020 - 23:51 WIB

Pemkab Tanbu Ikuti Festival Iklim 2020 Secara Virtual

Pemkab Tanah Bumbu mengikuti Festival Iklim 2020 yang diselenggarakan Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) secara virtual. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Pemkab Tanah Bumbu diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Rahmat Prapto Udoyo melalui Sekretarisnya, Halidie, menghadiri Festival Iklim 2020 yang diselenggarakan Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) secara virtual.

Pembukaan Festival Iklim 2020 dilaksanakan, Rabu (7/10) pagi, dan disiarkan secara langsung dari channel YouTube Ditjen PPI KLHK.

Tema Festival Iklim 2020 yakni ‘Penguatan Aksi Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim Dimasa Pemulihan Pandemi Covid-19’.

Jajaran DLH Tanah Bumbu ikut serta menghadiri pembukaan festival tersebut secara virtual dari Kantor DLH Tanah Bumbu di Gunung Tinggi, Batulicin.

Di Kalsel, hanya ada 4 kabupaten yang diundang menghadiri Festival Iklim 2020 yakni Kabupaten Tanah Bumbu, Tanah Laut, Hulu Sungai Selatan dan Barito Kuala.

Menteri LHK, Siti Nurbaya melalui Wamen LHK, Aloe Dohong, mengatakan Festival Iklim dilaksanakan dalam rangka mensosialisasikan berbagai kebijakan tentang pengendalian perubahan iklim di Indonesia baik dari aspek mitigasi maupun adaptasi, termasuk hal-hal yang sudah diimplementasikan dalam rangka kegiatan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Misalnya program Proklim di tingkat desa yang merupakan upaya kegiatan mitigasi dan adaptasi iklim ini dilakukan di tingkat desa.

Tujuannya adalah bagaimana teknik-teknik atau cara-cara pengukuran gas rumah kaca, inventarisasi gas rumah kaca, pelaporan inventarisasi gas rumah kaca yang disosialisasikan dengan teknologi yang sifatnya digital base.

Melalui kegiatan festival ini juga akan disampaikan kegiatan pengendalian perubahan iklim di Indonesia ini baik yang dari sisi aspek adaptasi maupun mitigasi.

Acara Festival Iklim 2020 diisi pula dengan peluncuran tujuh produk inovasi kebijakan perubahan iklim tahun 2020 yaitu Indonesia Climate Innovation In Action (IC Ican), Program Peningkatan Kapasitas Negosiator Perubahan Iklim, Roadmap Nationally Determined Contribution (NDC) Adaptasi Perubahan Iklim, Telaah Literatur Dampak Perubahan Iklim di Indonesia, Pemutakhiran Data Kerentanan Nasional, MontiRAC Application, dan Tool Sign Smart.

Adapun kegiatan Festival Iklim 2020 berlangsung dari tanggal 07 sampai dengan 27 Oktober 2020.

Sementara itu, Kepala DLH Tanah Bumbu melalui Sekretaris DLH, Halidie, mengatakan Festival Iklim merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh KLHK RI.

Pada tahun ini, sebut Halidie, jajaran DLH Tanbu menghadiri pembukaan Festival Iklim secara virtual mengingat adanya pandemi Covid-19.

Halidie menambahkan, terkait program iklim ini, Pemkab Tanah Bumbu pada tahun 2019 lalu menerima penghargaan Apresiasi Pembinaan Proklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Pemberian apresiasi oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, kepada pemerintah daerah melalui Bupati Tanah Bumbu, Sudian Noor yang telah menetapkan kebijakan/peraturan serta melaksanakan pembinaan dan pendampingan untuk mendukung pelaksanaan Proklim di wilayah setempat yang menjadi kontribusi nyata dalam upaya pengendalian perubahan iklim.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Bagikan APD, Cuncung: Ini Murni Panggilan Jiwa

Pemkab Tanah Bumbu

Bagikan APD, Cuncung: Ini Murni Panggilan Jiwa
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Pamerkan Kreasi Barang Bekas dan Foto Wisata
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Di Hari Juang TNI AD, Dandim dan Kapolres Suap-suapan Pentol
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

HUT DWP ke-20, Ratusan Anak di Tanbu Ikut Sunatan Massal
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Resmikan Pasar Rakyat di Sungai Cuka, Ini Harapan Bupati Tanbu
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Forum Komunitas Gabungan di Tanbu Bagikan 600 Ekor Ayam dan Paket Sembako
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Di Pasar Ampera, Kapolres Tanbu Sosialisasikan ‘Tatanan Kehidupan Baru’
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Rekrut Relawan Demokrasi, KPU Tanbu juga Sasar Warganet
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com