Heboh Dikira Disembunyikan Makhluk Gaib, Ibu Muda di HST Akhirnya Ditemukan BREAKING! Warga “Bagandang Nyiru” Cari Ibu Muda yang Hilang di Cukan Lipai HST Kades-BUMDes Saradang Tabalong Ancam Polisikan Warga Penyebar Berita Bohong Kalah 39 Ribu Suara, H2D Pinta MK Kesampingkan Ambang Batas Pacu Sinergitas, Bjb Sekuritas Tandatangani PKS dengan Mandiri Sekuritas

Pengetahuan Petani di Terusan Kapuas Kalteng Soal Penanganan Panen Padi Bertambah

- Apahabar.com Selasa, 20 Oktober 2020 - 21:42 WIB

Pengetahuan Petani di Terusan Kapuas Kalteng Soal Penanganan Panen Padi Bertambah

Petani di Desa Terusan Kabupaten Kapuas mengikuti Bimtek penanganan panen dan tekhnologi pasca panen padi. Foto: Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Pengetahuan para petani di Desa Terusan, Kabupaten Kapuas, Kalteng, tentang penanganan panen dan tekhnologi pasca panen padi bertambah.

Itu setelah mereka mengikuti bimbingan tekhnis (bimtek) yang dilaksanakan oleh Balai Besar Litbang Pasca Panen Pertanian Bogor bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kapuas di aula Desa Terusan Karya Kecamatan Bataguh, Selasa (22/10).

Sebagaimana diketahui Desa Terusan sendiri merupakan salah satu lokasi pengembangan ketahanan pangan nasional atau food estate di Kabupaten Kapuas.

Bimtek penanganan panen dan tekhnologi pasca panen padi yang dilaksanakan di Desa Terusan Karya menghadirkan nara sumber Sandi Darniadi dan Joko Pitoyo dari Balitbangtan dan Topan Idi Widayat dari Dinas Pertanian Kapuas.

“Tujuan kegiatan Bimtek hari ini dalam rangka pengembangan pasca panen guna mendukung program food estate, khususnya di Kabupaten Kapuas,” kata Topan Idi Widayat selaku Kasi Pengolahan Lahan dan Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kapuas.

Dijelaskan Topan, target dan dukungan Pemkab Kapuas terhadap food estate antara lain adanya alih teknologi dan membuka pasar baru bagi produk pertanian kapuas.

“Termasuk juga membuka lapangan kerja baru, revitalisasi kelompok tani dan pembangunan infrastruktur pertanian,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Desa Terusan Karya, Raswan, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pusat dan Pemkab Kapuas atas program food estate di wilayah Terusan.

Raswan pun berharap melalui Bimtek tersebut, penanganan pasca panen dapat menjadi lebih berkualitas dan pasar yang lebih baik untuk kesejahteraan para petani.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalteng

Cegah Penyebaran Covid-19 di DAS Kapuas, Puluhan Kapal Diperiksa
apahabar.com

Kalteng

Angin Puting Beliung di Kapuas, Rumah Warga Jadi Korban
apahabar.com

Kalteng

Teriak Pasus 1970 Soal Tim Sepakbola Kalteng Putri Galang Dana Demi Uji Coba Lawan Timnas
Covid-19 Kapuas

Kalteng

Covid-19 Kapuas Tembus 1.050 Kasus
apahabar.com

Kalteng

DPRD Kapuas Setujui 11 Raperda Ditetapkan Jadi Perda
TKM

Kalteng

TKM di Kapuas Dilatih Membuat Roti dan Sirup Buah Nanas
apahabar.com

Hukum

Korban Pria Berkelainan Seks di Seruyan Diduga Tak Hanya Anak SD
apahabar.com

Kalteng

Bikin Konten YouTube di Kanal Sungai Kahayan Palangka Raya, Seorang Bocah Tenggelam
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com