Jokowi Sebut Potensi Wakaf Uang Bisa Tembus Rp 188 Triliun Naik 1.000 per Gram, Segini Harga Emas Antam Hari Ini BREAKING NEWS: Belasan Warga Tanah Bumbu Diduga Terjebak Longsor di Tambang Batu Bara Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang

Pesan Bupati Chairansyah di Hari Kesaktian Pancasila 2020

- Apahabar.com Minggu, 4 Oktober 2020 - 07:41 WIB

Pesan Bupati Chairansyah di Hari Kesaktian Pancasila 2020

Bupati Chairansyah dan Forkopimda HST mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dipimpin Presiden RI secara virtual. Foto-Prokom HST for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI – Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, upacara dilakukan secara virtual di seluruh Indonesia termasuk di Hulu Sungai Tengah (HST). Dalam kesempatan itu, Bupati HST, HA Chairansyah menyebut Pancasila masih sangat relevan dengan kehidupan. Karena itu, dia meminta untuk mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara.

Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh tiap 1 Oktober pernah diatur 2 kali pada 1966 silam.

Pertama pada 17 September, Menteri atau Panglima Angkatan Darat membuat surat keputusan bernomor Kep 977/9/1966. Isinya peringatan tersebut harus dilakukan TNI Angkatan Darat.

Kemudian 29 September, ada usulan perubahan. Melalui Keputusan Menteri Utama Bidang Pertahanan dan Keamanan Jenderal Soeharto, dengan surat bernomor Kep/B/134/1966, peringatan Kesaktian Pancasila dilakukan seluruh jajaran angkatan bersenjata dengan mengikut sertakan masyarakat.

Berbekal surat tersebut, upacara 1 Oktober Hari Kesaktian Pancasila dilakukan seluruh komponen masyarakat tanpa kecuali hingga saat ini.

Pada tahun ini, mengingat masa pandemi Covid-19, peringatan Hari Kesaktian Pancasila, upacara dilakukan secara virtual di seluruh Indonesia termasuk di Hulu Sungai Tengah (HST).

Moment upacara peringatan 1 Oktober di HST dengan Tema “Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila” dilaksanakan secara sederhana. Upacara pun diterapkan dengan protokol kesehatan dan diikuti peserta terbatas.

Meski dalam situasi pandemi, Bupati HST, HA Chairansyah berharap rasa kebersamaan dan saling tolong menolong senantiasa tetap diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebab, kata Chiransyah, Pancasila masih sangat relevan dengan kehidupan. Karena itu dia meminta untuk mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara.

“Pancasila mampu mempersatukan kesatuan dari segenap elemen bangsa. Baik secara kultural maupun secara personal atau sebagai komunitas,” kata Chairansyah usai Upacara Hari Kesaktian Pancasila bersama Forkopimda yang dipimpin Presiden Joko Widodo secara virtual di Auditorium Setda HST.

“Terimakasih kepada para pahlawan nasional dan para pahlawan lainnya sebagai para pengagas, pencetus nilai nilai pancasila yang berembang di Indonesia hampir berabad-abad lainnya,” pungkas Chairansyah.

Dalam upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo secara virtual ini, diikuti oleh para menteri, lembaga, instansi serta seluruh kepala daerah se Indonesia dari kantor masing-masing.

Turut hadir dalam upacara tersebut Pejabat Sekda HST, Faried Fakhmansyah.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Hujan Lokal Hingga Berpetir Masih Wajib Diwaspadai
apahabar.com

Kalsel

Mahasiswa dan Lulusan UIN Antasari Dibekali Trik Hadapi Tantangan Kerja
Jokowi

Kalsel

Presiden Jokowi Blusukan ke Banjir Kalsel, Nih Agendanya Esok
apahabar.com

Kalsel

Tim SAR Brimob Kalsel Bantu Aktivitas Harian Korban Banjir di Tanbu
apahabar.com

Kalsel

Lalu Lintas di Simpang Empat Guntung Manggis Semrawut, Warga Tuntut Traffic Light
apahabar.com

Kalsel

Perampokan Bersajam di Alfamart Teluk Tiram Dipicu Utang Keluarga
apahabar.com

Kalsel

Batola Kembali Diamuk Puting Beliung
apahabar.com

Kalsel

Diteriaki Maling, Pria Mabuk Pura-Pura Tewas di Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com