3 Jam Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga Desa Miawa Tapin Kebanjiran Kisah Pilu Istri Korban Disambar Buaya di Kotabaru, Harus Rawat 4 Anak, 1 di Antaranya Berusia 6 Bulan Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah Produksi Migas Kalimantan-Sulawesi Lampaui Target, Kok Bisa? PLTS Tak Berfungsi, Kades Panaan Mengadu ke Dinas ESDM Kalsel

Rantai Motor Berkarat Saat Musim Hujan, Ini Solusinya

- Apahabar.com Sabtu, 24 Oktober 2020 - 14:26 WIB

Rantai Motor Berkarat Saat Musim Hujan, Ini Solusinya

Ilustrasi rantai motor. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Untuk motor manual, rantai menjadi komponen penting untuk penggerak roda. Jika komponen ini bermasalah, maka perjalanan dapat terganggu.

Masalah pada rantai yang umum adalah karat. Karat bisa muncul karena kita jarang memperhatikan kebersihan rantai, terutama usai digunakan dan terkena kotoran serta air hujan.

Perlu dipahami karat pada rantai menimbulkan suara tak enak didengar dan rantai pun tidak sedap dipandang. Karena itu kita perlu merawatnya. Cara merawat rantai sepeda motor pun tidak sulit. Dilansir dari CNN Indonesia, berikut caranya:

Pertama, rutin mengecek kondisi komponen itu, apalagi jika sering terkena air hujan.

Untuk mencegah karat sebaiknya bersihkan rantai dari air hujan dan kotoran yang menempel pakai sikat, lantas siram dengan air mengalir, lalu melumasinya menggunakan pelumas khusus rantai.

Tidak disarankan melumasi rantai menggunakan oli bekas atau gemuk karena bisa menambah kotor permukaan komponen tersebut.

Kedua, sebaiknya bersihkan rantai setelah motor digunakan. Usai digunakan rantai menjadi lebih lentur sehingga memudahkan pembersihan. Supaya lebih maksimal, dianjurkan sepeda motor berdiri menggunakan standar tengah saat rantai dibersihkan.

Ketiga, pembersihan bisa dilakukan juga pada gir karena bagian ini rentan kotoran. Bersihkan menggunakan kain yang sudah terendam detergen agar kotoran lebih mudah dihilangkan. Namun jika kotorannya membandel, baiknya pakai pisau berbahan plastik untuk mengerik kotorannya.

Setelah itu semua dilakukan, pemilik motor juga wajib rutin mengencangkan rantai bila sudah kendur. Rantai yang kendor bisa lepas seketika dalam perjalanan.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Wirausaha untuk Siswa SMK, Pertamina Lubricants Luncurkan Aplikasi Enduro Home Service
apahabar.com

Gaya

Telegram Kembangkan Fitur Reaksi Pesan
apahabar.com

Gaya

No Surti No Party, Suzuki Thunder 250cc Banjarmasin Modif Bobber
apahabar.com

Gaya

Sering Buang Air Kecil Ketika Malam, Tanda Hipertensi
apahabar.com

Gaya

Mengapa Covid-19 Bikin Orang Sehat Jadi Diabetes?
apahabar.com

Gaya

Inovatif, Dua Siswi MAN 4 Balangan Ciptakan ‘Jemuran Takut Hujan‘
apahabar.com

Gaya

Usir Covid-19, Perempuan India Sembah Dewi Corona
apahabar.com

Gaya

Oppo Ungkap Jeroan Kamera Reno4 F
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com