Selamat! bank bjb Raih Penghargaan Prestisius di Indonesia Financial Top Leader Award 2021 “Ritual Panggil Datu”, Siswa Hilang di Sungai Martapura Disebut Terjebak Detik-Detik Pembunuhan Brutal di Gambah HST, Korban Asyik Cabut Uban Mapolsek BAS HST Gempar! ODGJ Bawa Balok Ngamuk-Kejar Petugas Siap-Siap! Hasnur Mau Lepas Saham Perusahaan Kapalnya ke Publik

Rantai Motor Berkarat Saat Musim Hujan, Ini Solusinya

- Apahabar.com     Sabtu, 24 Oktober 2020 - 14:26 WITA

Rantai Motor Berkarat Saat Musim Hujan, Ini Solusinya

Ilustrasi rantai motor. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Untuk motor manual, rantai menjadi komponen penting untuk penggerak roda. Jika komponen ini bermasalah, maka perjalanan dapat terganggu.

Masalah pada rantai yang umum adalah karat. Karat bisa muncul karena kita jarang memperhatikan kebersihan rantai, terutama usai digunakan dan terkena kotoran serta air hujan.

Perlu dipahami karat pada rantai menimbulkan suara tak enak didengar dan rantai pun tidak sedap dipandang. Karena itu kita perlu merawatnya. Cara merawat rantai sepeda motor pun tidak sulit. Dilansir dari CNN Indonesia, berikut caranya:

Pertama, rutin mengecek kondisi komponen itu, apalagi jika sering terkena air hujan.

Untuk mencegah karat sebaiknya bersihkan rantai dari air hujan dan kotoran yang menempel pakai sikat, lantas siram dengan air mengalir, lalu melumasinya menggunakan pelumas khusus rantai.

Tidak disarankan melumasi rantai menggunakan oli bekas atau gemuk karena bisa menambah kotor permukaan komponen tersebut.

Kedua, sebaiknya bersihkan rantai setelah motor digunakan. Usai digunakan rantai menjadi lebih lentur sehingga memudahkan pembersihan. Supaya lebih maksimal, dianjurkan sepeda motor berdiri menggunakan standar tengah saat rantai dibersihkan.

Ketiga, pembersihan bisa dilakukan juga pada gir karena bagian ini rentan kotoran. Bersihkan menggunakan kain yang sudah terendam detergen agar kotoran lebih mudah dihilangkan. Namun jika kotorannya membandel, baiknya pakai pisau berbahan plastik untuk mengerik kotorannya.

Setelah itu semua dilakukan, pemilik motor juga wajib rutin mengencangkan rantai bila sudah kendur. Rantai yang kendor bisa lepas seketika dalam perjalanan.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

4 Hal yang Diinginkan Wanita Pada Malam Pertama
apahabar.com

Gaya

Lebih Tahan Gores, Samsung Akan Pakai Gorilla Glass Victus Terbaru
apahabar.com

Gaya

UI Dilibatkan Teliti Gizi Anak Asia Tenggara Diteliti
apahabar.com

Gaya

Dear Pegowes, Ketahui Tanda Jantung Kolaps Saat Bersepeda
apahabar.com

Gaya

Hipertensi dan Jantung Penyakit tak Menular Tertinggi di Kalsel
apahabar.com

Gaya

5 Cara Hindari Risiko Peningkatan Peretasan Selama Pandemi
apahabar.com

Gaya

Masih Pandemi, Wajib Jeli Pilih Paket Internet Unlimited
apahabar.com

Gaya

Si Merah Delima nan Menawan, Honda Mega Pro 2004 Modif Chopper
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com