Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Paula Verhoeven Hamil, Kiano Bakal Punya Adik, Baim Wong Ingin Mak Beti Ucapkan Selamat ke Sang Istri Hasil Liga Champions, Tanpa Ronaldo Juventus Ditekuk Barcelona, Messi Cetak Gol, Skor Akhir 2-0

Remdesivir Siap Edar, Tetap Diuji Klinis pada Pasien Covid-19

- Apahabar.com Senin, 5 Oktober 2020 - 23:09 WIB

Remdesivir Siap Edar, Tetap Diuji Klinis pada Pasien Covid-19

Obat remdesivir siap edar di Indonesia. Foto-Ilustrasi/Twitter

 

apahabar.com, JAKARTA – Obat remdesivir siap edar di Indonesia. Meski telah dapat izin edar dari Badan Pengawasan Makanan dan Obat (BPOM) RI, namun pihak produsen akan tetap melakukan uji klinis lagi.

Adalah PT Amarox Pharma Global (Hetero Group) selaku produsen salah satu obat remdesivir.

General Manager PT Amarox Pharma Global Sandeep Sur mengatakan bahwa obat yang disebut dengan nama Covifor itu akan tetap dilakukan uji klinis pada 25 orang pasien.

Diakui Sandeep, Hetero merupakan perusahaan pertama yang menerima persetujuan Emergency Use Authorization (EUA) untuk Remdesivir dari BPOM di Indonesia.

Covifor tidak hanya didistribusikan di Indonesia, melainkan juga sudah didistribusikan ke 126 negara di dunia, seperti di Amerika Latin, Asia, Afirka, Rusia, dan sebagainya.

“Meskipun Covifor sudah melalui uji klinis, namun kami akan melakukan uji klinis khusus untuk Indonesia, seperti anjuran BPOM. Uji klinis Covifor di Indonesia akan kami mulai Oktober ini. Uji klinis ini akan dilakukan selama tiga bulan ke depan terhadap 25 orang,” ujarnya dikutip dari keterangan pers.

Mengenai distribusi, Vice President Distribution Sales & Marketing PT Parit Padang Global (PPG), Edwin Vega Darma, menuturkan bahwa pihaknya akan menjadi salah satu distributor utama obat tersebut. Diakui Edwin, pendistribusian Covifor harus melalui sejumlah mekanisme.

Salah satunya, Covifor hanya didistribusikan ke rumah sakit-rumah sakit rujukan COVID-19, Dinas Kesehatan, atau instansi yang memang ditunjuk oleh pemerintah. Hal ini karena Covifor berbentuk ampul (injeksi) yang penggunaannya harus langsung di bawah penanganan dokter.

“Jika sebelumnya kami sudah ikut berperan dalam mendistribusikan obat saat virus SARS dan MERS melanda Indonesia, maka saat ini di kala pandemi global COVID-19 telah menjangkiti Indonesia, kami juga ingin berperan menyehatkan Indonesia dengan mendistribusikan Covifor,” tuturnya.

Sandeep menegaskan, dipilihnya PPG sebagai distributor utama COVIFOR di Indonesia karena PPG tercatat sebagai Top 3 distributor di Indonesia. Melalui kerja sama dengan PPG, ia berharap Covifor dapat terdistribusikan dengan cepat ke seluruh Indonesia.

“Kami berharap rumah sakit atau dokter dapat dengan mudah mengakses Covifor. Sebab, Covifor hadir di Indonesia untuk mendukung BPJS dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam menanggulangi Covid-19,” tuturnya.

Covifor adalah obat Covid-19 dari India berupa ampul (injeksi) yang penggunaannya untuk emergensi pada pasien Covid-19 usia dewasa dan remaja (usia 12 tahun lebih) yang memiliki berat badan 40 kg atau lebih dengan kategori berat yang dirawat inap di rumah sakit.

Covifor mengandung zat Remdesivir yang dapat menghambat replikasi virus. Sebelumnya, Covifor sudah digunakan antara lain untuk pengobatan infeksi virus HIV, Hepatitis B, dan Hepatitis C.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Anak Pahlawan Pembangunan Trans Papua Terima Beasiswa
apahabar.com

Nasional

Haul Ke-9, Yenny Wahid Lihat Senyum Gus Dur
apahabar.com

Nasional

1 Anggota KKB Pimpinan Sabinus Waker Ditembak Mati Satgas Nemangkawi
apahabar.com

Nasional

Sidang Pileg, Hakim MK Minta Pemohon Pahami Permohonannya
apahabar.com

Nasional

Sejumlah Musisi Iringi Pemakaman Jenazah Bani Seventeen

Nasional

Lindungi Konsumen, Kemenperin Rumuskan Masker Kain Ber-SNI
apahabar.com

Nasional

Gerebek Kasino di Apartemen Robinson, Polisi Amankan 133 Orang
apahabar.com

Nasional

Jenis Transportasi Umum Ini yang Bakal Digunakan di Ibu Kota Baru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com