Ingat Setahun Jokowi tapi Mahasiswa di Banjarmasin Lupa Prokes Refleksi Setahun Jokowi-Ma’ruf, BEM Kalsel Ancam Demo Tiap Pekan NASA Tunjuk Nokia untuk Bangun Jaringan Seluler di Bulan, 2024 Kirim Manusia Bermukim di Sana Demo Setahun Jokowi-Ma’ruf, Pelajar di Banjarmasin Kepergok Bawa Miras Jadwal Liga Champions Liverpool Vs Ajax, Klopp Pastikan Van Dijk Bakal Lebih Tangguh

Rumah Singgah Dinsos Kapuas Kalteng Tampung Belasan Penyandang Disabilitas Jiwa

- Apahabar.com Senin, 5 Oktober 2020 - 19:43 WIB

Rumah Singgah Dinsos Kapuas Kalteng Tampung Belasan Penyandang Disabilitas Jiwa

Rumah singgah Harapan Sejahtera milik Dinas Sosial Kabupaten Kapuas tetap eksis melayani penyandang disabilitas jiwa. Foto-apahabar.com/Irfan

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Berdiri sejak 2017, rumah singgah Harapan Sejahtera milik Dinas Sosial Kabupaten Kapuas, Kalteng, sampai sekarang masih tetap eksis melayani para penyandang disabilitas jiwa di daerah setempat.

Rumah singgah yang berlokasi di Jalan Lintas Kalimantan Km 2, Kecamatan Basarang tersebut saat ini tengah menangani sebanyak 14 orang penyandang disabilitas jiwa terdiri laki-laki 12 orang dan perempuan 1 orang.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan, mengatakan penyandang disabilitas jiwa yang dititipkan di rumah singgah adalah mereka yang secara ekonomi terlantar dan tidak ada sanak keluarga yang mengurusnya.

“Sehingga mereka menjadi tanggung jawab pemerintah dan tanggung jawab negara untuk memberikan pelayanan kepada mereka,” katanya kepada apahabar.com, Senin (5/10).

Selain itu, lanjut Budi, penyandang disabilitas jiwa yang menempati rumah singgah adalah mereka yang baru selesai menjalani proses rehabilitasi dari Rumah Sakit Kalawatei Palangka Raya.

“Termasuk dari rumah sakit jiwa Sambang Lihum Banjarmasin dan rumah sakit jiwa lainnya. Jadi, sementara menunggu proses pemulangan atau reunifikasi keluarga, maka mereka dititipkan di rumah singgah ini,” terang Budi.

Menurut Budi yang juga mantan Camat Bataguh ini, pelayanan yang diberikan kepada para penghuni rumah singgah seperti pelayanan kesehatan, kejiwaan, pelayanan makanan dan pelayanan lainnya yang dibutuhkan.

“Kita harapkan rumah singgah ini dapat terus ditingkatkan sehingga bisa menjadi fungsi yang lebih baik,” pungkas Budi.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Kapolda: Waspadai Peredaran Sabu-sabu di Pedesaan
apahabar.com

Kalteng

Partisipasi Jaga Fasilitas Umum di Barito Utara Masih Rendah
apahabar.com

Kalteng

Dinsos Kapuas Salurkan BLT dari APBD Tahap II
apahabar.com

Kalteng

Razia Kelengkapan Surat, Satlantas Polres Barito Utara Jaring 32 Pelanggar 
apahabar.com

Kalteng

Diskominfo Kalteng Akui Masih Ada OPD Belum Cekatan Sediakan Data
apahabar.com

Kalteng

Update 18 April, Pengidap Corona Kalteng Naik Signifikan
apahabar.com

Kalteng

Positif Covid-19 di Kalteng Bertambah: 26 Tahun dan Pernah ke Bogor
apahabar.com

Kalteng

Satpol PP Kapuas Gencar Tegakan Perda
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com