OTT KPK di Amuntai HSU: Kadis PU hingga Eks Ajudan Bupati Diamankan, Modusnya Fee Proyek BREAKING! Polisi HSU Bekuk Pembunuh Brutal di Amuntai Tengah Terbongkar! Pembunuh Paman Es Kandangan Pura-Pura Anak di Bawah Umur Usai Penarikan Besar dalam Persediaan AS, Harga Minyak Melonjak OTT di Amuntai HSU, KPK Tangkap Pegawai-Pengusaha hingga Segel Ruang Bidang

Sahabat Nabi yang Bergelar ‘Paling Jujur dan Kuat Jiwanya’

- Apahabar.com     Selasa, 27 Oktober 2020 - 20:29 WITA

Sahabat Nabi yang Bergelar ‘Paling Jujur dan Kuat Jiwanya’

ilustrasi. Sumber: net

apahabar.com, MADINAH – Sosoknya yang tinggi tegak membuatnya menjadi andalan Pasukan Islam di medan perang. Namun bukan itu yang membuatnya menonjol dari sahabat lain, ia disebut seorang jujur dan kuat jiwanya.

Namanya adalah Abu Ubaidah bin Jarrah RA. Ia menjadi sosok terpercaya karena dinyatakan langsung oleh Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana dikisahkan Muhammad ibn Ja’far dalam al-Basya, hal itu bermula ketika utusan Nasrani menemui Rasulullah.

“Wahai Abu Qasim, utuslah seorang sahabat anda agar menjadi penengah kami dalam berbagai masalah harta benda yang kami persengketakan. Sesungguhnya kaum Muslimin mendapatkan kepercayaan dari kami,” kata utusan itu.

“Datanglah kembali nanti petang. Aku akan mengutus seorang yang paling jujur dan kuat jiwanya,” jawab Rasulullah.

Mendengar hal itu, Umar bin Khattab berharap dirinya yang bakal ditunjuk. Bukan karena haus jabatan, Umar ingin betul menyandang titel ‘orang yang paling jujur dan kuat jiwanya’. Umar pun datang ke masjid lebih cepat dari pada yang lainya untuk shalat Zhuhur berjamaah yang dimami nabi.

Seusai shalat, nabi melihat ke sekeliling. Umar pun menonjolkan badannya agar bisa dilihat nabi. Umar berharap betul bakal dipilih. Namun, pandangan nabi malah terhenti pada sosok Abu Ubaidah.

Nabi pun memanggil Abu Ubaidah. “Pergilah engkau bersama mereka ini (utusan Nasrani), terangilah perselisihan mereka,” kata nabi.

Sejak saat itu, tulis Ayesha (2017:28), Abu Ubaidah dikenal sebagai kepercayaan umat. Hal itu dipertegas Rasulullah dengan sabdanya, “Setiap umat memiliki orang kepercayaan. Dan kepercayaan umat ini adalah Abu Ubaidah bin Jarrah.”

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Religi

Jelang Haul Syekh Nafis, Jemaah Diprediksi 10 Ribu Orang
Bulan Rajab

Religi

Hari Ini Rajab, Berikut Amalan dan Keutamaan Menunaikannya!
apahabar.com

Religi

Syekh Yasin Selesaikan Kitab Tafsir di Bandara Syamsuddin Noor
apahabar.com

Habar

Ponpes Darussalam Memulai Tahun Ajaran Baru Tepat di Hari Istimewa
apahabar.com

Habar

PCNU Tapin Sepakat Ikuti Edaran Menag Terkait Ibadah Tarawih dan Idul Fitri
apahabar.com

Religi

Adab Bertamu dan Menjamu Tamu Ala Rasulullah
apahabar.com

Religi

Pusdai Gelar Disabilitas Mengaji, Catat Rekor Baru
MUI Kalsel: Begini Menyikapi Kematian Orang Tertular Covid-19

Habar

MUI Kalsel: Begini Menyikapi Kematian Orang Tertular Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com