BREAKING NEWS Legenda Barito Putera Yusuf Luluporo Meninggal Dunia di Usia 47 Tahun Geledah Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, KPK Amankan Uang dan Dokumen Waspada Penularan Covid-19 di Libur Panjang, Disdik Banjarmasin Imbau Pelajari Patuhi Prokes Bikin Haru, Simak Curahan Mama Lita MasterChef Indonesia Pasca-ditinggal Suami Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah

Sahabat Nabi yang Bergelar ‘Paling Jujur dan Kuat Jiwanya’

- Apahabar.com Selasa, 27 Oktober 2020 - 20:29 WIB

Sahabat Nabi yang Bergelar ‘Paling Jujur dan Kuat Jiwanya’

ilustrasi. Sumber: net

apahabar.com, MADINAH – Sosoknya yang tinggi tegak membuatnya menjadi andalan Pasukan Islam di medan perang. Namun bukan itu yang membuatnya menonjol dari sahabat lain, ia disebut seorang jujur dan kuat jiwanya.

Namanya adalah Abu Ubaidah bin Jarrah RA. Ia menjadi sosok terpercaya karena dinyatakan langsung oleh Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana dikisahkan Muhammad ibn Ja’far dalam al-Basya, hal itu bermula ketika utusan Nasrani menemui Rasulullah.

“Wahai Abu Qasim, utuslah seorang sahabat anda agar menjadi penengah kami dalam berbagai masalah harta benda yang kami persengketakan. Sesungguhnya kaum Muslimin mendapatkan kepercayaan dari kami,” kata utusan itu.

“Datanglah kembali nanti petang. Aku akan mengutus seorang yang paling jujur dan kuat jiwanya,” jawab Rasulullah.

Mendengar hal itu, Umar bin Khattab berharap dirinya yang bakal ditunjuk. Bukan karena haus jabatan, Umar ingin betul menyandang titel ‘orang yang paling jujur dan kuat jiwanya’. Umar pun datang ke masjid lebih cepat dari pada yang lainya untuk shalat Zhuhur berjamaah yang dimami nabi.

Seusai shalat, nabi melihat ke sekeliling. Umar pun menonjolkan badannya agar bisa dilihat nabi. Umar berharap betul bakal dipilih. Namun, pandangan nabi malah terhenti pada sosok Abu Ubaidah.

Nabi pun memanggil Abu Ubaidah. “Pergilah engkau bersama mereka ini (utusan Nasrani), terangilah perselisihan mereka,” kata nabi.

Sejak saat itu, tulis Ayesha (2017:28), Abu Ubaidah dikenal sebagai kepercayaan umat. Hal itu dipertegas Rasulullah dengan sabdanya, “Setiap umat memiliki orang kepercayaan. Dan kepercayaan umat ini adalah Abu Ubaidah bin Jarrah.”

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Religi

Potong Rambut dan Kuku Bagi yang Berkurban Dilarang?
apahabar.com

Habar

Kecewa dengan Aksi Cina di Natuna, MUI: Kaji Ulang Hubungan dengan Mereka
apahabar.com

Religi

Sejak Kecil Nabi Muhammad SAW Benci Perbuatan Syirik, Ini Kisahnya
apahabar.com

Hikmah

Kebohongan Bukan Ciri Muslim Sejati
apahabar.com

Hikmah

Orang-orang yang Gagal Miskin karena Amalan Ini
apahabar.com

Religi

Dijuluki Syaithan, Pembunuh Bayaran Ini Akhirnya Memeluk Islam di Hadapan Rasulullah SAW
apahabar.com

Habar

Kaligrafi Arab Segera Didaftarkan Sebagai Warisan UNESCO
apahabar.com

Habar

Berikut Fatwa Muhammadiyah Jika Wabah Corona Terjadi Selama Ramadan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com