Ingat Setahun Jokowi tapi Mahasiswa di Banjarmasin Lupa Prokes Refleksi Setahun Jokowi-Ma’ruf, BEM Kalsel Ancam Demo Tiap Pekan NASA Tunjuk Nokia untuk Bangun Jaringan Seluler di Bulan, 2024 Kirim Manusia Bermukim di Sana Demo Setahun Jokowi-Ma’ruf, Pelajar di Banjarmasin Kepergok Bawa Miras Jadwal Liga Champions Liverpool Vs Ajax, Klopp Pastikan Van Dijk Bakal Lebih Tangguh

Saksikan “Habar Matan Banjar”, Paduan Kultur Lokal Kalsel ala Rumah Banjarsari

- Apahabar.com Kamis, 8 Oktober 2020 - 21:15 WIB

Saksikan “Habar Matan Banjar”, Paduan Kultur Lokal Kalsel ala Rumah Banjarsari

Rumah Banjarsari kembali menghadirkan program Selasar Nusantara, sebagai wadah mengenalkan ragam kekayaan budaya nusantara. Kali ini menampilkan "Habar Matan Banjar". Foto: Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Rumah Banjarsari kembali menghadirkan program Selasar Nusantara, sebagai wadah mengenalkan ragam kekayaan budaya nusantara. Kali ini menampilkan “Habar Matan Banjar” (kabar atau cerita dari Banjar) yang bekerja sama dengan Sanggar Ading Bastari Barikin.

“‘Habar Matan Banjar’ akan menyuguhkan berbagai kebudayaan Banjar di Rumah Banjarsari dan Taman Budaya Jawa Tengah di Surakarta,” ucap Direktur Program, Zen Zulkarnain dalam siaran pers yang diterima apahabar.com, Kamis (8/10).

Dilaksanakan selama 3 hari, “Habar Matan Banjar” menyuguhkan festival kesenian yang dapat dinikmati secara langsung maupun virtual. 20 peserta yang terlibat menawarkan bentuk ekspresi kebudayaan yang hidup, dinamis dan kontekstual.

“Undangan terbatas dengan penerapan standar protokol Covid-19. Sementara khalayak umum, bisa menyaksikan secara streaming melalui kanal Youtube Rumah Banjarsari,” sebut Zen

Berbagai suguhan kebudayaan ditampilkan mulai dari bazar, pameran benda pusaka, kain dan pakaian adat, barang seni dan pernak-pernik, hingga kuliner khas Banjar.

“Juga menghadirkan lokakarya musik panting, lokakarya tari Radap Rahayu, lokakarya rias manten tradisi Banjar serta demo kuliner masakan khas Banjar,” kata Zen.

Acara ini juga menyajikan diskusi dan dialog seputar persoalan eksistensi masyarakat adat. “Habar Matan Banjar” ingin menonjolkan pentingnya keseimbangan alam yang kadang luput dari perhatian masyarakat.

“Dialog budaya diekspresikan dalam bentuk pergumulan ide dan gagasan dari dua kultur, Jawa dan Banjar. Mencoba saling merespon, menafsir serta mereinterprestasi kultur masing-masing sehingga menyodorkan tawaran-tawaran baru yang segar dan terus bisa dikembangkan,” papar Zen.

Rangkaian acara “Habar Matan Banjar” akan dibuka dengan ritual Tampuk Mayang dan penampilan kesenian Gandut. Selanjutnya akan ditutup dengan pagelaran budaya yang menampilkan upacara ritual tradisi Baayun Maulid.

“Juga akan tampil para seniman yang mencoba mendialogkan budaya Banjar dan Jawa melalui media musik dan gerak tari,” imbuhnya.

“Habar Matan Banjar” akan digelar mulai hari ini hingga 10 Oktober mendatang. Rumah Banjarsari melalui kanal Youtubenya juga menyiarkan secara streaming pada pukul 19.00 WIB atau 8 malam waktu Banjarmasin.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Instagram Kini Terintegrasi dengan Messenger Rooms
apahabar.com

Gaya

Mengenal Gudeg, Masakan yang Usianya Setua Yogyakarta
apahabar.com

Gaya

Kak Seto: Posisikan Diri Jadi Sahabat, Kunci Buat Anak Nyaman di Rumah
apahabar.com

Gaya

Kewafatan NH Dini Ramai Diberitakan, Kenapa Dia Begitu Dikenal?
apahabar.com

Gaya

Samsung Luncurkan Galaxy A01
apahabar.com

Gaya

Dari Whatsapp Kini Bisa Kirim Uang dan Bayar Tagihan
apahabar.com

Gaya

Resmi, MINI Rosewood Edition Meluncur di Indonesia
apahabar.com

Gaya

Simak 8 Tips saat Pakai Masker Kain
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com