Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel

Sampaikan Program 1.000 Beasiswa, Syafruddin H Maming: Untuk Masa Depan Tanah Bumbu

- Apahabar.com Kamis, 15 Oktober 2020 - 11:48 WIB

Sampaikan Program 1.000 Beasiswa, Syafruddin H Maming: Untuk Masa Depan Tanah Bumbu

Syafruddin H Maming saat swafoto bersama warga Desa Karang Bintang. Foto-istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Calon Bupati Tanah Bumbu nomor urut 1 Syafruddin H Maming memiliki program unggulan 1.000 beasiswa di tingkat S1, S2, dan S3.

Program itu ditujukan untuk pelajar Tanah Bumbu yang berprestasi, tapi tidak mampu secara ekonomi.

“Pendidikan tinggi ini penting untuk membangun kualitas sumber daya manusia di Tanah Bumbu. Kita harus mempersiapkan pemimpin-pemimpin masa depan Tanah Bumbu dari sekarang. Oleh karenanya, pemerintah daerah harus hadir dan menolong pelajar-pelajar yang berprestasi tapi tidak mampu ini,” kata Syafruddin H Maming di Desa Karang Bintang, Kamis (15/10).

Menurut Syafruddin, tidak sedikit pelajar Tanah Bumbu yang sangat potensial namun terkendala secara ekonomi. Oleh karenanya, Syafruddin selaku Ketua Yayasan H Maming sendiri sebenarnya sudah berupaya memberikan beasiswa untuk pelajar-pelajar tersebut melalui Yayasan H Maming.

“Saat ini, sudah ada sekitar 150 pelajar yang mendapatkan beasiswa dari Yayasan H Maming, masih terbatas karena hanya dana yayasan. Jika saya diberi amanah untuk melayani masyarakat, diberi kepercayaan mengelola anggaran daerah, tentu manfaatnya bisa berlipat-lipat. Anggaran daerah bisa membiayai hingga 1.000 pelajar potensial namun terkendala ekonominya,” kata Syafruddin.

Adapun pembiayaan pendidikan dasar (SD) dan menengah pertama (SMP) saat ini sebenarnya sudah jadi tanggung jawab pemerintah pusat. Sedangkan pembiayaan pendidikan menengah atas (SMA), sudah dilimpahkan ke anggaran pemerintah provinsi.

“Oleh karenanya, tanggung jawab pemerintah kabupaten adalah membantu akses masyarakat ke pendidikan tinggi. Kalau ada yang masih menjanjikan pendidikan gratis 12 tahun, sudah pasti tidak paham bahwa pendidikan dasar dan menengah itu bukan lagi kewenangan pemerintah kabupaten. Memang sudah gratis,” kata Syafruddin.

Lelaki yang biasa disapa Cuncung ini juga menginginkan ada pemimpin-pemimpin masa depan yang muncul dari program beasiswa ini. Ia bercermin dari pengalaman dirinya dan adiknya Mardani H Maming.

“Kami beruntung bisa mendapatkan akses ke pendidikan tinggi. Kami ingin lebih banyak lagi pemuda pemudi Tanah Bumbu punya kesempatan yang sama, supaya ada lebih banyak lagi Mardani dan Syafruddin baru di Tanah Bumbu. Mereka-mereka yang siap jadi pemimpin masa depan Tanah Bumbu,” kata Syafruddin disambut tepuk tangan meriah warga Karang Bintang.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

Akhirnya, Puan Maharani Akui Matikan Mic Irwan Fecho di Paripurna Pengesahan RUU Cipta Kerja, Ini Alasannya!
Banjir

Tak Berkategori

Puluhan Ribu Rumah di Banjarmasin Terendam, Berikut Data Lengkapnya
apahabar.com

Tak Berkategori

Bertemu Dubes Arab Saudi, Menag RI Singgung Penambahan Kuota Jemaah Haji Indonesia
apahabar.com

Tak Berkategori

PVMBG Minta Warga Waspada, Gunung Semeru Masih Luncurkan Guguran Lava Pijar
apahabar.com

Tak Berkategori

PKK Parsel Ikuti Pelatihan Penyusunan Program dan Pelaporan
apahabar.com

Tak Berkategori

Program Berobat Gratis SHM-MAR Disambut Antusias Warga Simpang Empat
apahabar.com

Kalsel

Pembunuh Sadis di Kelumpang Kotabaru Akhirnya Diringkus ‘Macan Bamega’!

Tak Berkategori

Sedot Rp7,8 M, DPRD Setuju Banjarmasin Bangun Puskesmas Percontohan Termegah di Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com