Dear Korban Banjir Kalsel, Telkomsel Bebaskan Telepon-SMS Demi Aliran Sungai, Pos Polisi di Jalan Veteran Banjarmasin Dibongkar Lewat Udara, Paman Birin Salurkan Bantuan Korban Banjir dari Jokowi Pekan Ini, Rupiah Berpeluang Tembus Rp 14.000 Dini Hari, Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas Sejauh 1,8 Km

SBY ‘Tantang’ Airlangga, Luhut dan BIN Sebut Dalang Kerusuhan Demo Tolak UU Omnibus Law

- Apahabar.com Selasa, 13 Oktober 2020 - 11:22 WIB

SBY ‘Tantang’ Airlangga, Luhut dan BIN Sebut Dalang Kerusuhan Demo Tolak UU Omnibus Law

SBY. Foto-Kompas

apahabar.com, JAKARTA – Mantan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) minta Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, serta Badan Intelejen Negara (BIN) menyebut dalang aksi unjuk rasa menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja beberapa waktu lalu.

SBY mendesak negara menyebut dalang yang menggerakkan, menunggangi, hingga membiayai aksi unjuk rasa tolak UU Omnibus Law Cipta Kerja yang berakhir ricuh di sejumlah daerah, termasuk Jakarta.

Menurut Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu, jika tidak mengungkap siapa dalang kerusuhan, nanti negara dianggap menyebar berita bohong alias hoaks.

“Lebih bagus kalau memang menggerakkan, menunggangi, membiayai itu oleh negara dianggap kejahatan, melanggar hukum, dan hukum harus ditegakkan lebih baik disebutkan. Kalau tidak, nanti dikira negaranya dianggap melakukan hoaks,” kata SBY lewat akun Youtube pribadinya, Senin (12/10/2020).

SBY mengaku tak yakin Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, serta Badan Intelijen Negara (BIN) menuduh dirinya sebagai dalang yang menggerakan, menunggangi, dan membiayai aksi unjuk rasa menolak Omnibus Law Ciptaker tersebut.

“Hubungan saya dengan Airlangga selama ini baik, dengan Luhut juga baik, dengan BIN juga enggak ada masalah. Saya enggak yakin BIN anggap saya sebagai musuh negara,” ujarnya.

Baca Juga : @KetumProdem Terkejut Deklarator KAMI Syahganda Nainggolan Ditangkap Polisi Pukul 04.00 Subuh

Baca Juga : Petinggi KAMI Ditangkap, Status Hukum Syahganda Nainggolan Belum Jelas

Presiden ke-6 RI itu lantas meminta dalang yang diklaim menggerakkan, menunggangi, dan membiayai demonstrasi UU Cipta Kerja ditanya langsung kepada Airlangga, Luhut, dan BIN. Ia meyakini, Airlangga Hartarto, Luhut Binsar Pandjaitan, dan BIN mau mengungkap pihak yang disebut menunggangi aksi pada 8 Oktober 2020 lalu tersebut.

“Saya yakin beliau kalau ditanya pers, oleh rakyat mesti mau menjelaskan. Begitulah etika yang harus dimiliki siapapun yang sedang mengemban amanah memimpin negeri ini,” kata SBY sebagaimana dilansir dari CNNIndonesia.com.

Editor: Tim Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Tingkatkan Pengawasan Akhir Tahun, Bea Cukai Gencar Menindak
apahabar.com

Nasional

Gerindra Masuk Kabinet, Jokowi Ingin Demokrasi Gotong Royong
apahabar.com

Nasional

Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Suku Dayak Minta Lahan
apahabar.com

Nasional

Polri: Pati yang Hadiri Sertijab Negatif Covid-19
Gus Dur

Nasional

Alasan Gus Dur Bubarkan Kementerian Sosial Kembali Viral Usai Juliari Batubara Ditangkap
apahabar.com

Nasional

Jembatan Suramadu Ditutup, 350 Polisi Diturunkan
Vaksin Covid-19

Nasional

Soal Vaksin Covid-19, Erick Thohir Siapkan Strategi Komunikasi Publik
apahabar.com

Nasional

Pekerjaan Jalan Tol Japek II Dilanjutkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com