BREAKING NEWS Legenda Barito Putera Yusuf Luluporo Meninggal Dunia di Usia 47 Tahun Geledah Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, KPK Amankan Uang dan Dokumen Waspada Penularan Covid-19 di Libur Panjang, Disdik Banjarmasin Imbau Pelajari Patuhi Prokes Bikin Haru, Simak Curahan Mama Lita MasterChef Indonesia Pasca-ditinggal Suami Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah

Surat Kabar Tuai Ancaman Usai Terbitkan Kartun Nabi

- Apahabar.com Rabu, 21 Oktober 2020 - 21:09 WIB

Surat Kabar Tuai Ancaman Usai Terbitkan Kartun Nabi

ilustrasi Sumber: antara

apahabar.com, BANJARMASIN – Surat kabar Prancis La Nouvelle Republique mengaku menerima ancaman di media sosial setelah mempublikasikan karikatur Nabi Muhammad di halaman pertama.

Pada 18 Oktober 2020, koran La Nouvelle Republique menerbitkan ulang sketsa gambar Nabi Muhammad dari majalah Charlie Hebdo yang menyoroti ancaman dari kelompok ekstremis Islam, menyusul pembunuhan guru Prancis bernama Samuel Paty pada pekan lalu.

Jurnalis tersebut, Christophe Herigault, mengatakan kepada BFM TV pada Rabu bahwa pihaknya mendapatkan reaksi positif atas penerbitan itu dengan dalih kebebasan berpendapat dan demokrasi, namun sejumlah komentar lainnya bernada ancaman.

“Ada empat sampai lima ancaman, khususnya di Facebook, yang membuat kami mengajukan permohonan yudisial sebagai jalan satu-satunya,” ujar Herigault.

Pembunuhan Samuel Paty disinyalir juga terkait dengan kasus kartun Nabi -yang dalam kepercayaan Islam, gambaran apapun dari Nabi Muhammad merupakan penistaan.

Paty dipenggal pada siang hari di luar sekolahnya di pinggiran kota Paris oleh remaja 18 tahun, usai dirinya menunjukkan kartun seorang pria telanjang yang menurutnya Nabi kepada muridnya di kelas dengan alasan kebebasan berekspresi, yang memicu kemarahan orang tua murid Muslim.

Polisi kemudian menembak mati pelaku pemenggalan tersebut.

Peristiwa yang terjadi pada Paty itu menjadi sorotan di Prancis, serupa dengan penyerangan maut di kantor majalah Charlie Hebdo yang terjadi lima tahun silam.(Antara)

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Internasional

Vaksin Covid-19, Siapa Orang Pertama yang Disuntik?
apahabar.com

Internasional

Facebook Down, WhatsApp Error di Sejumlah Negara
apahabar.com

Internasional

Ilhan Omar, Muslimah Anggota Kongres AS Sasaran Ancaman Bom
apahabar.com

Internasional

Tangani Pandemi Covid-19 Lebih Baik, Sistem Kesehatan Turki Dipuji
apahabar.com

Internasional

Nasib Ribuan Prajurit TNI dan KRI Pasca-Ledakan Hebat di Lebanon
apahabar.com

Internasional

Rusia Hadiahkan Uang Taliban untuk Bunuh Tentara AS di Afganistan

Internasional

Sebelum Presiden AS Donald Trump Positif Covid-19, Asistennya Hope Hicks Duluan Terpapar Virus Corona
apahabar.com

Internasional

Buku Diary Perang Dunia II Ungkap Letak Harta Karun Nazi Bernilai Miliaran Dolar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com