Heboh Buronan Kalsel Kabur ke Hutan Samboja, Ternyata Rampok Tanah Laut Lari ke Kaltim, Terduga Buronan Kalsel Jadi Buruan di Hutan Samboja! Hasil PSU di Kabupaten Banjar; BirinMu Menang Besar, Ini Rinciannya Harga Minyak Terdongkrak Ramalan Kenaikan Permintaan DITANGKAP! Terduga Pembunuh Sopir Truk PT BKB di Tapin Kalsel

Syarief Hasan: Pesantren Potret Nyata Kebhinnekaan Indonesia

- Apahabar.com Rabu, 21 Oktober 2020 - 12:18 WIB

Syarief Hasan: Pesantren Potret Nyata Kebhinnekaan Indonesia

Ilustrasi: portal-jember.com

apahabar.com, JAKARTA – Pondok pesantren dinilai sebagai potret kebhinnekaan Indonesia.

Wakil Ketua MPR Syarief Hasan menilai selain menjadi pusat ilmu agama, ponpes juga sangat berbaur dan mewarnai masyarakat sekitar dengan keragaman suku dan latar belakang status sosial.

“Hal tersebut menjadi sesuatu yang lumrah serta biasa saja bagi mereka. Ini yang saya sebut ponpes adalah potret nyata kebhinnekaan Indonesia, jika ingin melihat bagaimana rakyat Indonesia melaksanakan kebhinnekaan, lihat ponpes,” kata Syarief Hasan seperti dilansir dari Antara, Rabu (21/10).

Syarief menjelaskan tentang Bhinneka Tunggal Ika yang merupakan semboyan bangsa, yang tertulis pada lambang negara Garuda Pancasila, bermakna “berbeda-beda tetap satu jua”.

Penjelasannya menurut dia adalah Indonesia terdiri dari keberagaman namun tetap bersatu dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam kesempatan itu Syarief Hasan meminta para santri untuk menyebutkan secara berurutan Empat Pilar MPR RI, lalu salah satu santriwati Siti Khodijah menjawab dengan tepat.

“Empat Pilar MPR adalah Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Siti.

Menurut Syarief, santri adalah generasi muda yang pintar karena sudah banyak prestasi yang ditorehkan kalangan santri karena itu, dirinya mengajak santri terus rajin belajar.

“Bhinneka Tunggal Ika adalah sebagian dari ilmu pengetahuan yang luas, belajar terus, jangan pantang menyerah jika gagal atau mendapat hambatan. Kalau itu konsisten dilakukan, saya yakin para santri ponpes Roudhotul Muta’allimin akan menjadi ‘mercusuar’ bangsa Indonesia,” ujarnya.

Hadir dalam acara yang mengikuti protokol kesehatan secara ketat tersebut Pimpinan Ponpes H. Dadang Abdul Aziz, Ketua Yayasan Hj. Tati Sholihah, tokoh masyarakat, tokoh agama sekitar dan para santri serta santriwati.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Hipmi Kecam Deklarator Capres Erick-Bahlil, MHM: Tahan Syahwat Politik
apahabar.com

Nasional

Donald Trump Klaim Ketahui Kondisi Terkini Kim Jong Un
apahabar.com

Nasional

Firli Bahuri Jalani Sidang Etik Dewas KPK
Polri

Nasional

Polri Usut Parodi Ejekan Lagu Indonesia Raya
apahabar.com

Nasional

DKI Jakarta Diperkirakan Hujan Disertai Petir
apahabar.com

Nasional

GNPF Jelaskan Kenapa tak Undang Prabowo di Ijtima Ulama IV
apahabar.com

Nasional

Dikira Gempa, Jalan Raya Gubeng Ambles
apahabar.com

Nasional

TNI-AU Bantah Halangi Pesawat Prabowo
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com