Jokowi Sebut Potensi Wakaf Uang Bisa Tembus Rp 188 Triliun Naik 1.000 per Gram, Segini Harga Emas Antam Hari Ini BREAKING NEWS: Belasan Warga Tanah Bumbu Diduga Terjebak Longsor di Tambang Batu Bara Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang

Tak Ingin Kalah, Israel Berencana Halangi Qatar Miliki Pesawat F-35 dari AS

- Apahabar.com Minggu, 11 Oktober 2020 - 21:12 WIB

Tak Ingin Kalah, Israel Berencana Halangi Qatar Miliki Pesawat F-35 dari AS

Pesawat F-35. Foto-Istimewa

apahabar.com, YERUSALEM – Demi menjaga keunggulan militer Israel di kawasannya, Israel akan menghalangi pembelian pesawat F-35 Amerika Serikat (AS) oleh Qatar.

Pernyataan Menteri Intelijen Israel Eli Cohen ini disampaikan melalui Israeli Army Radio. Ia ditanya mengenai laporan kantor berita Reuters mengenai permintaan resmi Qatar ke Washington untuk membeli pesawat tempur F-35.

Ia ditanya apakah akan menentang penjualan tersebut.
“Jawabannya adalah ya, keunggulan keamanan dan militer kami di kawasan adalah hal yang paling penting bagi kami, kawasan kami belum menjadi Swiss,” kata Cohen, Ahad (11/10).

Pada Agustus lalu, Qatar mengajukan permintaan untuk dapat membeli pesawat tempur siluman F-35. Permintaan itu terjadi seusai AS melakukan perjanjian dengan Uni Emirat Arab.

AS setuju menjual pesawat canggih tersebut ke Uni Emirat Arab setelah negara Arab tersebut menormalisasi hubungan dengan Israel. F-35 yang memiliki teknologi canggih menjadi salah satu faktor yang mendorong perubahan geopolitik dunia beberapa bulan terakhir.

Mitra-mitra AS seperti Australia, Kanada, Denmark, Italia, Belanda Norwegia, Turki dan Inggris menginvestasikan dana mereka sendiri ke program pengembangan F-35. Setiap negara diizinkan memasukkan rancangan pesawat mereka sendiri.

Sejumlah negara memberikan teknologi yang unik. Turki yang kini sudah dilarang terlibat dalam program tersebut karena membeli sistem pertahanan dari Rusia sempat memproduksi suku cadang pesawat.

Sementara itu Israel, Jepang, Korea Selatan, Belgia, Polandia dan Singapura memiliki F-35 melalui pembelian. UEA tampaknya juga akan mendapatkan pesawat canggih ini dengan jalur tersebut.

Sumber: Republika

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hukum

Tragis, CEO Ojek Online Gokada Tewas Dimutalisi Pakai Gergaji
apahabar.com

Internasional

Dililit Utang, Malaysia Airlines Terancam Bangkrut?
apahbaar.com

Internasional

Viral, Penumpang Buka Pintu Darurat Pesawat dan Duduk di Sayap
apahabar.com

Internasional

Deteksi Covid pada Kemasan, China Hentikan Impor Makanan Laut dari Rusia
Trump

Internasional

Pengusaha AS Kecam Rusuh Massa Trump di Gedung Capitol
apahabar.com

Internasional

Prancis dan Italia Diterjang Badai Mematikan: Ribuan Rumah Rusak, 2 Tewas, 30 Hilang
apahabar.com

Internasional

WHO Prediksi Covid-19 Akan Berakhir dalam 2 Tahun
apahabar.com

Internasional

AS Memanas Pasca-Kematian George Flyod, Protes Meluas dari LA hingga Chicago
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com