Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap Live Streaming Man City vs Porto, Link Siaran Langsung Liga Champions di SCTV-Vidio.com Malam Ini Jembatan Terpanjang Kedua Indonesia di Kaltim Sudah 90 Persen Beres

Tak Ingin Kalah, Israel Berencana Halangi Qatar Miliki Pesawat F-35 dari AS

- Apahabar.com Minggu, 11 Oktober 2020 - 21:12 WIB

Tak Ingin Kalah, Israel Berencana Halangi Qatar Miliki Pesawat F-35 dari AS

Pesawat F-35. Foto-Istimewa

apahabar.com, YERUSALEM – Demi menjaga keunggulan militer Israel di kawasannya, Israel akan menghalangi pembelian pesawat F-35 Amerika Serikat (AS) oleh Qatar.

Pernyataan Menteri Intelijen Israel Eli Cohen ini disampaikan melalui Israeli Army Radio. Ia ditanya mengenai laporan kantor berita Reuters mengenai permintaan resmi Qatar ke Washington untuk membeli pesawat tempur F-35.

Ia ditanya apakah akan menentang penjualan tersebut.
“Jawabannya adalah ya, keunggulan keamanan dan militer kami di kawasan adalah hal yang paling penting bagi kami, kawasan kami belum menjadi Swiss,” kata Cohen, Ahad (11/10).

Pada Agustus lalu, Qatar mengajukan permintaan untuk dapat membeli pesawat tempur siluman F-35. Permintaan itu terjadi seusai AS melakukan perjanjian dengan Uni Emirat Arab.

AS setuju menjual pesawat canggih tersebut ke Uni Emirat Arab setelah negara Arab tersebut menormalisasi hubungan dengan Israel. F-35 yang memiliki teknologi canggih menjadi salah satu faktor yang mendorong perubahan geopolitik dunia beberapa bulan terakhir.

Mitra-mitra AS seperti Australia, Kanada, Denmark, Italia, Belanda Norwegia, Turki dan Inggris menginvestasikan dana mereka sendiri ke program pengembangan F-35. Setiap negara diizinkan memasukkan rancangan pesawat mereka sendiri.

Sejumlah negara memberikan teknologi yang unik. Turki yang kini sudah dilarang terlibat dalam program tersebut karena membeli sistem pertahanan dari Rusia sempat memproduksi suku cadang pesawat.

Sementara itu Israel, Jepang, Korea Selatan, Belgia, Polandia dan Singapura memiliki F-35 melalui pembelian. UEA tampaknya juga akan mendapatkan pesawat canggih ini dengan jalur tersebut.

Sumber: Republika

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Internasional

Mantan Presiden Ukraina Petro Poroshenko Terpapar Virus Corona
apahabar.com

Internasional

Jika Darurat, Korsel Setujui Obat Remdesivir untuk Pasien Covid-19
apahabar.com

Internasional

Positif Covid-19, Trump Belum Alihkan Tugas Kepresidenan ke Mike Pence
apahabar.com

Internasional

Remehkan Covid-19, Presiden Brasil Kini Tertular Virusnya
apahabar.com

Internasional

Uni Eropa Serukan Israel Batalkan Rencana Caplok Tepi Barat
apahabar.com

Internasional

Waspada, Kasus Covid-19 Global Tembus 12 Juta
apahabar.com

Internasional

WHO: Pemulihan Bisa Lebih Cepat Bila Vaksin Covid-19 Merata
apahabar.com

Internasional

Kehilangan Istri akibat Teror di Selandia Baru, Farid Ahmed: Saya Tidak Membenci Pelaku
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com