Kronologi Lengkap 2 Bocah asal Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi Belum Tentu Dibekap Sang Ibu, Biang Kematian 2 Bocah Benawa HST Jadi Misteri 16 Hari Anti-Kekerasan, Aktivis Perempuan Kampanyekan Kesetaraan Gender di Banjarmasin Suhu Tubuh Tinggi, Wali Kota Samarinda Positif Covid-19 Inalillahi, 2 Bocah di Batu Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi

Tak Kunjung Pindah, Begini Dispensasi PKL di Terminal Handil Bakti

- Apahabar.com Senin, 26 Oktober 2020 - 21:06 WIB

Tak Kunjung Pindah, Begini Dispensasi PKL di Terminal Handil Bakti

Disediakan bantuan tunai senilai Rp250 ribu untuk PKL yang sudah menempati los Pasar Induk Handil Bakti. Foto-apahabar.com/Bastian Alkaf

apahabar.com, MARABAHAN – Kendati tidak sepenuhnya dituruti, keinginan PKL di sekitar Terminal Handil Bakti didengarkan Pemkab Barito Kuala.

Sedianya mereka harus meninggalkan semua kios pada Minggu (25/10). Selanjutnya semua pedagang mengisi los-los yang telah disediakan di Pasar Induk Handil Bakti.

Namun berdasarkan surat pemberitahuan tertanggal 21 Oktober 2020, pedagang di Terminal Handil Bakti mendapatkan dispensasi hingga 1 November 2020.

Dispensasi itu sendiri tidak bersifat menyeluruh. Mereka masih bisa bertahan hingga 1 November, seandainya tempat berjualan itu sekaligus wadah tinggal.

“Dispensasi berlaku hanya untuk tempat tinggal sementara, sebelum mereka mendapat kontrakan atau tempat tinggal baru,” tegas Wakil Bupati Batola, H Rahmadian Noor, Senin (26/10).

“Sedangkan untuk berjualan, mereka diharuskan tetap menempati los di Pasar Induk Handil Bakti sesuai ketetapan sebelumnya atau paling lambat 25 Oktober 2020,” imbuhnya.

Selain dispensasi waktu, semua pedagang juga mendapatkan bantuan tunai sebesar Rp250 ribu per bulan, terhitung sejak November hingga Desember 2020.

Bantuan tersebut tidak dikucurkan sembarangan, karena hanya diperuntukkan pedagang yang sudah pindah ke los Pasar Induk Handil Bakti.

“Tidak cuma PKL di Terminal Handil Bakti. Semua PKL di jalur hijau Jalan Trans Kalimantan di Handil Bakti mendapat bantuan yang sama, asalkan sudah pindah ke Pasar Handil Bakti,” beber Rahmadi.

Dispensasi khusus tempat tinggal itu sebenarnya lebih singkat dibanding keinginan sejumlah PKL Terminal Handil Bakti.

Namun dinilai sudah menjadi win-win solution, mengingat relokasi PKL di terminal direncanakan dilakukan pasca pemindahan semua PKL di Jalan Trans Kalimantan.

Hanya kemudian rencana itu menjadi dilema, karena PKL di Jalan Trans Kalimantan menginginkan semua warung di terminal dibongkar berbarengan, sebelum mereka pindah ke Pasar Induk Handil Bakti.

Di sisi lain, PKL terminal juga menginginkan diberi waktu selama satu hingga tiga bulan, atau sampai lokasi tersebut dimanfaatkan Pemkab Batola.

Alasannya mereka mengklaim tak pernah diundang Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Batola, terkait rencana pembongkaran warung.

Mereka baru mengetahui tentang pembongkaran, ketika diundang menghadiri pertemuan yang dilangsungkan 8 Oktober 2020 di Kantor Camat Alalak.

“Kami sudah menempati kios-kios itu sejak 2001. Sampai sehari sebelum 8 Oktober 2020, kami tak pernah diberitahu apapun soal pembongkaran,” papar Asqolani, salah seorang perwakilan PKL Terminal Handil Bakti.

“Tentu saja kami kaget, karena tiba-tiba diminta membongkar kios. Seharusnya kami dikabari dulu jauh-jauh hari, termasuk kemungkinan bantuan biaya pembongkaran atau pengangkutan,” tandasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Warning Bagi Badan Usaha yang Tak Patuhi Regulasi BPJS Kesehatan
apahabar.com

Kalsel

Hadir di Keramaian, Polres HSU Antisipasi Covid-19 di Hari Libur
apahabar.com

Kalsel

Sukamta Lantik Dua ASN ODP Lewat Video Conference
apahabar.com

Kalsel

Manasik Massal Calon Haji Banjarmasin Berubah, Berikut Penjelesan Penyelenggara
apahabar.com

Kalsel

Berlangsung Khidmat, Ratusan Peserta Ikuti 4 Lomba MTQ Tingkat HST

Kalsel

Di ULM Banjarmasin, Anggota DKPP RI Puji Indeks Demokrasi Kalsel
apahabar.com

Kalsel

97 Pengendara di Banjarmasin Kena Tilang
apahabar.com

Kalsel

Bekraf Ajak Kembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Syariah di Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com