Alasan Mencengangkan Disdik Mengapa Anak SMP di Banjarmasin Harus Sekolah Tatap Muka Resmi, Banjarmasin Hanya Izinkan SMP Sekolah Tatap Muka Januari 2021 Sekolah Tatap Muka di Kalsel, Banyak Laporan Kekhawatiran Ortu Rontok Lagi! Bawaslu RI Tolak Laporan Keberatan Denny Indrayana Kronologi Lengkap 2 Bocah asal Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi

Tak Terbukti Bersalah, Darmawan Jaya Ingin Pilkada Banjarbaru Kondusif

- Apahabar.com Selasa, 27 Oktober 2020 - 19:23 WIB

Tak Terbukti Bersalah, Darmawan Jaya Ingin Pilkada Banjarbaru Kondusif

Calon Wakil Wali Kota Banjarbaru, Darmawan Jaya Setiawan. Foto-Dok/apahabar.com

apahabar.com, BANJARBARU – Calon Wakil Wali Kota Banjarbaru, Darmawan Jaya Setiawan dinyatakan tidak bersalah oleh Gakkumdu Kota Banjarbaru atas laporan tindak pidana Pemilu yang dilayangkan ke Bawaslu Banjarbaru.

Hal ini sesuai dengan press rilis yang dikeluarkan Gakkumdu Kota Banjarbaru Selasa (27/10/2020).

Dijelaskan, bahwa telah dilakukan pembahasan kedua adanya dugaan tindak pidana pemilihan Pasal 188 jo. Pasal 71 ayat (3) dan (5) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2014

Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Menjadi Undang-Undang terhadap Terlapor Darmawan Jaya Setiawan oleh pelapor atas nama Muhammad Auliansyah dengan nomor register Laporan Nomor : 04/Reg/LP/PW/Kota/22.02/X/2020 tertanggal 22 Oktober 2020.

Di mana, selama lima hari kalender Sentra Gakkumdu Kota Banjarbaru sudah melakukan penanganan dan pemeriksaan, dengan prosesnya berupa klarifikasi dan pemanggilan-pemanggilan ke beberapa pihak.

Sebanyak 12 orang saksi, juga telah dilakukan pemeriksaan dan permintaan keterangan kepada ahli bahasa dan ahli hukum pidana.

Bahwa berdasarkan hasil klarifikasi dan pemeriksaan, diperoleh kesimpulan bahwa Pasal 188 jo. Pasal 71 Ayat (3) UU No.10 Tahun 2016 yang disangkakan kepada terlapor, baik unsur subjektif maupun unsur objektif tidak terpenuhi. Sehingga terhadap laporan dimaksud tidak dapat dinaikkan ke tahap penyidikan atau dihentikan penyelidikannya.

Dilihat dari pasal dan ayat yang disangkakan, maka pelanggaran yang diduga telah dilakukan pasangan Haji Martinus itu menyangkut penyalah gunaan wewenang.
Seperti diketahui, sebelum Darmawan Jaya Setiawan sebelum cuti, berstatus aktif sebagai Wakil Wali Kota Banjarbaru 2016-2020.

“Alhamdulillah proses klarifikasi yang telah berlangsung beberapa hari ini telah tuntas dengan dikeluarkannya press release dari Sentra Gakkumdu Kota Banjarbaru,” ujar Darmawan Jaya kepada apahabar.com, Selasa (27/10/2020) petang.

Kami, lanjutnya, berkomitmen mengikuti kententuan dan peraturan – peraturan yang berlaku mulai proses awal sampai tahap akhir dari Pilkada Kota Banjarbaru.

“Sehingga ketika ada proses klarifikasi yang diperlukan, kami selalu bersikap kooperatif dan berharap suasana Kota Banjarbaru tetap kondusif seperti pada saat Pilkada-pilkada yang lalu,” ungkapnya.

Jaya berharap agar perhelatan Pilkada tahun ini sebagai sarana untuk semakin menumbuhkan kecintaan akan Kota Banjarbaru dan meningkatkan kualitas berdemokrasi.

“Secara khusus kami mengapreasi para penyelenggara Pemilu (Bawaslu dan KPU)  serta pihak-pihak lainnya yang sudah bekerja keras untuk memastikan semua tahapan dan proses Pilkada ke depannya berjalan dengan baik dan aman,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Banjarbaru

Gebrak Masker, Pjs Wali Kota Banjarbaru: 98 Persen Masyarakat Sadar Prokes
apahabar.com

Banjarbaru

Banjarbaru Raih Juara Satu Pengelolaan Sampah, Darmawan Jaya: Visi Misi Berkarakter Tercapai
apahabar.com

Banjarbaru

Pjs Wali Kota Banjarbaru Kembali Gelar Sidak, Ini Targetnya

Banjarbaru

Libur Panjang, Ini Imbauan Pjs Wali Kota Banjarbaru Untuk Hindari Klaster Covid-19
apahabar.com

Banjarbaru

Hadiri Kegiatan Bermain dan Makan Bersama Anak Usia Dini, Istri Pjs Wali Kota Banjarbaru Sampaikan Ini

Banjarbaru

Tetap Bertugas Meski Libur Panjang, Pjs Wali Kota Banjarbaru Apresiasi Satpol PP Banjarbaru
apahabar.com

Banjarbaru

DPRD dan Pemkot Banjarbaru Bahas APBD Perubahan 2020, Dana Rp 1,24 Triliun Disepakati
apahabar.com

Banjarbaru

Per Hari Ini, Bandara Syamsudin Noor Layani Rapid Test
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com