Keren, RSD Idaman Banjarbaru Ditetapkan Sebagai RS Unggulan Pelayanan KB Simakalama Pembelajaran Tatap Muka OTT Amuntai, Giliran Orang Dekat Bupati HSU Diperiksa KPK KPK Tangkap Tangan Maliki, Bupati HSU Tunjuk Plt Kadis PUPRP Baru PLN Suplai Listrik untuk Kawasan Food Estate Kalteng

Terindikasi Parpol, Ratusan Calon Anggota KPPS Tabalong Terancam Gugur

- Apahabar.com     Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:23 WITA

Terindikasi Parpol, Ratusan Calon Anggota KPPS Tabalong Terancam Gugur

Komisioner KPU Tabalong Bidang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, M Husain. Foto - apahabar.com/Amin

apahabar.com, TANJUNG – Tahapan perekrutan calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) oleh KPU Tabalong memasuki tahapan seleksi administrasi.

Namun, ratusan calon anggota KPPS itu terancam gugur. Pasalnya, berdasarkan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol), disinyalir ratusan pendaftar merupakan anggota sejumlah partai politik (Parpol).

Koordinator Pengawasan Bawaslu Tabalong, M Fahmi Failasopa, saat dikonfirmasi tidak menampik adanya ratusan calon anggota KPPS pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel terindikasi parpol.

“Saat kami melakukan pengawasan langsung menemukan calon anggota KPPS yang diduga berasal dari unsur anggota parpol,” katanya, Rabu (21/10).

Dijelaskannya, temuan pihaknya dari data Sipol sebanyak 83 orang dan 130 orang berdasarkan kartu anggota parpol, totalnya 213 orang.

Terkait itu, Bawaslu Tabalong sudah menindaklanjuti dengan mengirimkan surat ke KPU Tabalong berisi saran perbaikan.

Di mana kepada KPU Tabalong diminta untuk melakukan klarifikasi dan penelitian terhadap jejak rekam calon anggota KPPS tersebut.

Terpisah Komisioner KPU Tabalong Bidang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, M Husain mengaku sudah menerima surat dari Bawaslu Tabalong terkait adanya calon KPPS terindikasi merupakan anggota parpol.

“Saat ini kami sedang melakukan verifikasi terkait temuan tersebut. Bila nantinya dalam penelusuran ternyata benar anggota parpol tentu akan digugurkan,” katanya.

Pihaknya juga melakukan pengecekan dan pemeriksaan terhadap calon anggota KPPS ini dilakukan berdasarkan data sipol yang ada di KPU.

“Dalam penelusuran memang ditemukan tiap kecamatan ada anggota parpol yang mendaftar sebagai calon KPPS,” jelasnya.

Diketahui, anggota KPPS yang diperlukan KPU Tabalong sebanyak 4.347 orang bertugas di 621 TPS, ditambah ditiap TPS 2 orang keamanan.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Gelar Sekolah Partai, PDIP Dinilai Suguhkan Kandidat Layak untuk Rakyat

Politik

Terima Rp 150 Ribu dan Diminta Dukung Paslon Lain, Anang Tetap Coblos SHM-MAR

Politik

Makin Panas, Kubu AHY dan Moeldoko Saling Klaim AD/ART Demokrat
apahabar.com

Politik

Respon Kadis Perkebunan Masuk Bursa Dampingi Sugianto di Pilkada Kalteng
apahabar.com

Politik

Ratusan Warga di Kalsel Masuk Daftar Pemilih Khusus
apahabar.com

Politik

Pilbup Balangan: Wabup Syaifullah Ngelamar ke Nasdem
apahabar.com

Politik

Akbar Tandjung Optimis Golkar Akan Bangkit di Pemilu Nanti
apahabar.com

Politik

Apa Kata M Nur Peluangnya Lolos ke Senayan? 
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com