Kecewa, Pengembang Pelaihari City Mall Ngadu ke Menkopolhukam Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Nyawa Pemuda HST Ortu Oke, Belajar Tatap Muka di SMP Banjarmasin Dimulai November Menhub Datang, Pengembangan Runaway Bandara Teweh Dibahas Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST

Tidak Hanya Perang, Begini Cara Elegan Ottoman Taklukkan Eropa

- Apahabar.com Jumat, 9 Oktober 2020 - 09:53 WIB

Tidak Hanya Perang, Begini Cara Elegan Ottoman Taklukkan Eropa

Ilustrasi Sumber: net

apahabar.com, BANJARMASIN – Kesultanan Utsmaniyah tidak hanya mengandalkan pasukan perang dalam menaklukkan Eropa, namun juga menempuh cara-cara yang elegan.

Menurut cendikiawan Muslim asal Turki, Muhammad Fethullah Gulen dalam bukunya Cahaya Abadi Muhammad SAW Kebanggaan Umat Manusia, setiap kali pasukan Ottoman melintas di dekat taman dalam perjalanan mereka menuju suatu medan pertempuran, para pasukan Ottoman selalu menggantungkan berbagai macam buah-buahan yang mereka bawa di dahan-dahan pohon yang mereka lewati. Dengan cara itu, pasukan Ottoman berhasil menaklukkan hati penduduk wilayah yang akan mereka kuasai alih-alih menguasai mereka dengan kekuatan senjata.

Menurut Gulen bila bukan dengan cara yang elegan seperti itu, tidak mungkin pasukan Ottoman dapat menaklukkan banyak negara di Eropa dan berkuasa hingga ratusan tahun. Terlebih eropa saat itu masih berkobar dendam perang Salib.

Sejarah membuktikan bahwa kekhalifahan Ottoman dapat menguasai semenanjung Balkan dan sebagian besar Eropa hingga empat abad lamanya.

“Di sepanjang masa kekuasaan Ottoman di Eropa, mereka selalu menjadi contoh teladan penerapan sifat-sifat amanah dan terpercaya bagi penduduk Eropa,” terang Fethullah Gulen.

“Jadi, jika ada pendapat yang menyatakan bahwa kekhalifahan Ottoman hanya menggunakan kekerasan untuk menguasai eropa, maka jelaslah bahwa pendapat itu salah. Apalagi jika mengetahui kualitas alat transportasi pada masa Ottoman yang sangat sederhana, pasti kita akan tahu bahwa di masa itu penguasaan atas suatu wilayah yang sangat luas tidak mungkin dapat dilakukan hanya dengan kekuatan senjata,” tambahnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Religi

Umar bin Abdul Aziz Tolak Warisan Kebun Luas di Khaibar
apahabar.com

Sirah

Kisah Penghulu Rasyid, Pejuang yang Makamnya Menjadi Destinasi Wisata
apahabar.com

Religi

Rendah Hatinya Umar bin Khattab RA, Bergantian Naik Unta dengan Pelayan
apahabar.com

Sirah

Ketika Mengetahui Pembunuh Sang Ayah, Ini yang Dilakukan Habib Umar
apahabar.com

Sirah

Mengingat 1976; Gemparnya Berita Guru Ibad Masuk Partai Penguasa, Seizin Ketua PBNU?
apahabar.com

Religi

Khawarij Berencana Bunuh 3 Sahabat Nabi, Hanya Ali yang Terpenuhi
apahabar.com

Religi

Beruntungnya Berteman Orang Baik, Abu Darda Mengalaminya
apahabar.com

Religi

Cara Rasulullah Mengokohkan Barisan Umat Saat Hijrah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com