Ibadah Ramadan di Banjarbaru Diperbolehkan dengan Prokes, Petasan Jangan! Bawaslu Kalsel Tanggapi Santai Aduan Denny Indrayana ke Pusat Kronologi Lengkap Penemuan Jasad Tak Utuh di Gang Jemaah II Banjarmasin Mudik Dilarang, Terminal Pal 6 Banjarmasin Tutup Rute Antarkabupaten-kota Mudik Ramadan Dilarang, Pertamina Kalimantan Tambah 3 Persen Pasokan Gas

Tren Kasus Kematian dan Kesembuhan Covid-19 di Indonesia Membaik

- Apahabar.com Senin, 12 Oktober 2020 - 16:43 WIB

Tren Kasus Kematian dan Kesembuhan Covid-19 di Indonesia Membaik

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Seluruh provinsi dengan kasus tertinggi Covid-19 di Indonesia mengalami tren kasus kematian dan kesembuhan yang terus membaik.

“Dari seluruh provinsi, semua mengalami tren perbaikan. Angka kematian menurun di sembilan provinsi, hanya satu yang masih belum mengalami penurunan yang cukup yaitu Bali. Provinsi Jawa Timur dan Papua sempat naik, tapi turun lagi dalam seminggu terakhir,” kata Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo, Senin (12/10).

Selain angka kematian yang mulai melandai, tren kasus pasien yang sembuh dari Covid-19 mengalami kenaikan hampir di seluruh provinsi dengan kasus tertinggi. Doni menerangkan hanya provinsi Papua yang angka kesembuhan pasiennya belum meningkat.

Untuk itu, pemerintah pusat melalui kerja sama kementerian-lembaga terkait tengah membangun rumah sakit khusus Covid-19 di Biak Numfor.

“Diharapkan seluruh masyarakat yang positif Covid-19 yang ada di Biak Numfor dan Yapen Moropen tidak perlu dirawat lagi di Jayapura tapi sudah bisa di Biak,” kata Doni.

Doni yang juga merupakan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan penanganan kasus Covid-19 di Provinsi Jawa Timur juga membaik dengan tidak adanya lagi zona merah di wilayah timur Pulau Jawa tersebut.

“Alhamdulillah sampai hari ini Provinsi Jawa Timur dalam tiga minggu terakhir sudah tidak ada lagi zona merah. Ini artinya ada kesungguhan baik dari seluruh pimpinan kepala daerah di Jawa Timur dan didukung tokoh masyarakat khususnya tokoh agama dalam penanganan Covid-19,” jelas Doni.

Dia mengatakan upaya pemerintah provinsi Jawa Timur dalam mengajak masyarakat untuk lebih patuh pada protokol kesehatan pencegahan Covid-19 membuahkan hasil melalui kerja sama dengan tokoh masyarakat serta tokoh agama.

Doni mengajak seluruh daerah juga menerapkan upaya pencegahan penularan Covid-19 dengan menggandeng tokoh masyarakat.

“Pada semua pimpinan daerah untuk melibatkan lebih banyak lagi tokoh daerah, termasuk mereka yang memiliki pengaruh sehingga kesadaran masyarakat meningkat terhadap protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” kata dia.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Jejak Pejuang Banjar Ratu Zaleha Melawan Belanda, Sempat Terasing di Bogor
apahabar.com

Nasional

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Dinyatakan Negatif Covid-19
apahabar.com

Nasional

Curah Hujan Tinggi, Kalsel Waspada DBD 
apahabar.com

Nasional

Jelang Debat Keempat, Pengamanan Diperketat
apahabar.com

Nasional

Presiden Jokowi dan Iriana Negatif Corona
apahabar.com

Nasional

Jokowi Tetapkan 5 Deputi Kepala Staf Presiden, Berikut Nama-namanya
apahabar.com

Nasional

143 Ribu Paspor Calon Jamaah Haji Siap Diproses Visa
apahabar.com

Nasional

Ini Cerita Lengkap Hasil Rekonstruksi Penembakan Laskar FPI
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com