Ribuan Buruh Kepung DPRD Kalsel, Supian HK Janjikan Pertemuan dengan DPD-DPR RI Hasil Liga Champions, Real Madrid Dipermalukan Shakhtar Donetsk, Skor Akhir 3-2 Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap

Trump Terpapar Covid-19, Menlu AS Mike Pompeo Persingkat Kunjungan ke Asia

- Apahabar.com Minggu, 4 Oktober 2020 - 13:34 WIB

Trump Terpapar Covid-19, Menlu AS Mike Pompeo Persingkat Kunjungan ke Asia

Menlu Amerika Serikat Mike Pompeo. Foto- Reuters/Kevin Lamarque via Antara

apahabar.com, WASHINGTON – Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS), MIke Pompeo mempersingkat lawatannya pekan ini setelah Presiden Donald Trump terpapar Covid-19.

Menlu Mike Pompeo hanya berangkat ke Jepang pada Minggu (4/10) namun membatalkan jadwal lawatannya ke Mongolia dan Korea Selatan.

Dilansir Antara, awalnya, Menlu Mike Pompeo berencana berkunjung ke tiga negara itu selama 4-8 Oktober. Ia akan tetap pergi menuju Tokyo dan kembali ke Washington pada 6 Oktober usai berkonsultasi dengan Pemerintah Jepang serta menghadiri pertemuan bersama menteri luar negeri India dan Australia.

Trump mengumumkan dirinya positif Covid-19 pada Jumat (2/9) waktu setempat dan diterbangkan dari Gedung Putih ke Pusat Kesehatan Militer Nasional Walter Reed dekat ibu kota.

Dalam sebuah video dari rumah sakit yang disiarkan pada Sabtu (3/9), Trump mengatakan telah merasa lebih baik, namun beberapa hari ke depan akan menjadi “ujian sebenarnya” atas perawatan Covid-19 yang ia terima.

Sementara Pompeo, dalam sebuah pidato secara virtual di hadapan Dewan Kebijakan Keluarga Florida, menyebut dirinya berada dalam kondisi yang sehat namun memutuskan untuk tidak hadir di acara dewan sebagai langkah pencegahan.

“Saya nyatakan bahwa saya merasa sehat, saya baik-baik saja. Saya sudah dites sebanyak dua kali dalam dua hari. Saya sehat seperti biasanya. Dan saya masih akan melakukan kunjungan ke Asia esok hari sebagaimana yang telah direncanakan,” kata Pompeo.

Melalui sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri AS menyebut Pompeo direncanakan untuk kembali melakukan lawatan ke Asia pada bulan ini, serta akan mengatur ulang jadwal kunjungannya yang tertunda.

Kunjungan Pompeo ke negara Asia Timur, yang pertama ke kawasan ini setelah satu tahun, dilakukan dalam masa hubungan AS dan China tengah memanas.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Internasional

WHO Akui Bukti Baru Covid-19 Menyebar Lewat Partikel di Udara
apahabar.com

Internasional

Helikopter Taiwan Jatuh, Dua Tentara Gugur
apahabar.com

Internasional

Duh, Kasus Covid-19 di AS Tembus Angka 2 Juta Lebih

Internasional

Sebelum Presiden AS Donald Trump Positif Covid-19, Asistennya Hope Hicks Duluan Terpapar Virus Corona
apahabar.com

Internasional

Jelang Peluncuran Vaksin Covid-19, Unicef Amankan Ratusan Juta Jarum Suntik
apahabar.com

Internasional

Vaksin Covid-19, Siapa Orang Pertama yang Disuntik?
apahabar.com

Internasional

Kota Terpencil Ini Berpenduduk 12 Orang, Punya Klinik Swalayan
apahabar.com

Internasional

Pesawat Tempur AS Jatuh di Inggris, Pencarian Pilot Dimulai
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com