Ratusan Rumah Terbakar, Dapur Umum Mulai Dibuka di Patmaraga Kotabaru Alasan Mengapa Api di Patmaraga Kotabaru 5 Jam Baru Padam Usai Beasiswa 1000 Doktor, SHM Bakal Cetak Ribuan Sarjana Baru di Tanah Bumbu Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel

Tuan Rumah Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2020, RSJ Sambang Lihum Siap Jadi Percontohan

- Apahabar.com Sabtu, 3 Oktober 2020 - 16:03 WIB

Tuan Rumah Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2020, RSJ Sambang Lihum Siap Jadi Percontohan

RSJ sambang lihum, Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – RSJ Sambang Lihum Kalimantan Selatan akan menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia atau World Mental Health Day pada 10 Oktober mendatang.

Untuk itu, Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum melakukan sejumlah persiapan agar dapat menjadi percontohan seperti halnya rumah sakit khusus vertikal milik kementerian kesehatan (Kemenkes).

apahabar.com

Direktur Utama RSJ Sambang Lihum, dr H IBG Dharma Putra. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

“Momentum ini dimanfaatkan untuk mengejar ketertinggalan RS ini dari RS lain dengan keunikan-keunikan kita,” kata Direktur Utama RSJ Sambang Lihum, dr H IBG Dharma Putra kepada apahabar.com, Sabtu (3/10).

Sejumlah agenda tengah disusun, di antaranya para tamu undangan akan diperlihatkan ruang-ruang atau sarana yang ada di sana. Selain itu, juga akan dilakukan penanaman pohon secara serentak.

“Tamu bisa melihat ruang visum, penanganan keluhan hingga pusat informasi rumah sakit. Kita siapkan juga secara virtual. Selanjutnya penghijauan dengan melakukan penanaman pohon,” beber dia.

Menteri Kesehatan RI juga dijadwalkan akan mengikuti acara tersebut. Karenanya, Dharma memastikan akan memperketat protokol Covid-19 dalam pelaksanaan kegiatan itu.

“Kita konsisten dengan komitmen melaksanakan kegiatan dengan protokol kesehatan. Mulai dari kapasitas ruangan, jarak antar undangan hingga durasi pertemuan. Jangan sampai ada klaster baru,” sebut Pengamat Epidemiologi ini.

Menurut Dharma, dipilihnya RSJ Sambang Lihum sebab Kemenkes menginginkan rumah sakit daerah juga dapat mengambil bagian dari peringatan yang memasuki tahun ke 28 ini.

“Momentum ini untuk memperlihatkan RS Jiwa tidak hanya dibutuhkan orang-orang dengan gangguan jiwa saja tetapi normal secara keseluruhan yang membutuhkan,” jelasnya

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia juga dimaknai sebagai cara meningkatkan ketersediaan layanan dan meningkatkan aksesibilitas masyarakat untuk datang ke RS Jiwa.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Teka-Teki Pembobolan Bank Perkreditan Rakyat Martapura
apahabar.com

Kalsel

Patroli Sore, Unit Lantas Polsek Banjarbaru Barat Antisipasi Balapan Liar
apahabar.com

Kalsel

Tinjau Proyek Jalan di Pedesaan, Sayed Jafar Rela Jalan Kaki 2 Kilometer
apahabar.com

Kalsel

Antisipasi Karhutla, Polsek Bati Bati Rutin Sosialisasi Karhutla
apahabar.com

Kalsel

Begini Sejarah Masuknya Konghucu di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Kantongi Identitas, Polisi Buru Pelaku Duel Maut Murung Keraton Martapura
apahabar.com

Kalsel

Peringati HUT PGRI, Ada Parade Baca Puisi di SMKPPN Paringin
apahabar.com

Kalsel

Aplikasi Lapor, Layanan Keluh Kesah Masyarakat ke Pemkab HST
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com