Ganti Rugi Lahan HSS, Perusahaan Sawit PT SAM Mangkir Saat Mediasi Aglomerasi Banjar Bakula Ditiadakan, Banjarbaru Mulai Sekat Pemudik! Khotbah Tak Boleh Lewat 10 Menit, Tabalong Resmi Larang Takbir Keliling Dinonaktifkan KPK Saat Tangani Kasus Besar, Novel Siapkan Perlawanan  Tegas, Kapolda Kalteng Minta Anak Buahnya Larang Mudik di Kapuas

Umrah di Masa Pandemi Mahal, Benarkah?

- Apahabar.com Sabtu, 31 Oktober 2020 - 16:49 WIB

Umrah di Masa Pandemi Mahal, Benarkah?

Ilustrasi. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Bagi yang ingin ibadah umrah di masa pandemi Covid-19 mau tak mau harus merogoh kocek lebih dalam. Pasalnya, biaya akomodasi hotel, transportasi, hingga biaya tes kesehatan meningkat.

Dilansir dari irham.id, Anggota Himpunan Penyelenggara Haji dan Umrah (Himpuh), Nana Sujana, mengakui bahwa kenaikan biaya umrah di masa pandemi memang tak dapat dielakkan.

Meningkatnya biaya itu disebabkan adanya kenaikan komponen umroh seperti kenaikan pajak, hotel, transportasi, hingga biaya kesehatan.

“Mungkin untuk sementara waktu, yang bisa umrah itu ya memang mereka yang bisa menjangkau harganya. Untuk sekarang mungkin seperti ini dulu,” kata Nana saat dihubungi Republika, Sabtu (31/10).

Dia menjelaskan, komponen biaya umrah terjadi akibat sejumlah faktor. Misalnya, dia mencontohkan, pajak yang dikenakan oleh Arab Saudi yang semula hanya lima persen meningkat menjadi 20 persen. Bahkan berdasarkan informasi yang belum dapat dipastikan keabsahan yang diterimanya, akan ada kenaikan susulan dari pajak hingga 30 persen oleh Arab Saudi.

Selain itu, komponen harga juga meningkat di hotel yang sebelumnya diperbolehkan satu kamar empat orang, hanya diperbolehkan dua orang. Sedangkan bus yang okupansi awalnya 40 orang hanya diperbolehkan diisi oleh 20 orang penumpang.

“Kalau pesawat, 70 persen saja yang boleh diisi. Itu pun harus menjalankan social distancing meski pesawatnya sudah di-treatment anti-Covid-19,” ungkapnya.

Untuk itu dia menjabarkan bahwa harga umrah yang paling memungkinkan saat ini berkisar Rp 35 juta per orang dari harga sebelumnya berkisar Rp 25 juta. Dia pun berharap bahwa ke depannya umrah dapat diakses oleh semua kalangan tanpa menanggalkan persyaratan-persyaratan yang diterapkan para regulator.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Religi

Perempuan Terlihat Dagu saat Salat, Apa Hukumnya?
apahabar.com

Habar

Prabowo Dikabarkan akan Hadiri Haul Sekumpul, Guru Sa’duddin: Tidak Ada Undangan
apahabar.com

Habar

Malam Ini, Guru Zuhdi Memulai Pengajian di Sungai Andai
apahabar.com

Habar

Berdakwah Jemput Bola Ala Abu Darda
apahabar.com

Hikmah

Langkah Menuju Tobat yang Mengantarkan Pembunuh ke Surga

Habar

Prof Nizar Ali Dilantik Jadi Sekjen Kemenag
apahabar.com

Hikmah

Sedekah Bernilai Besar, Kyai Ma’ruf: Inilah Saatnya
apahabar.com

Habar

Ribuan Jemaah Tetap Peringati Isra Miraj di Masjid Sabilal Muhtadin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com