Muatan Politis dalam Pencopotan Sekda Tanah Bumbu Kantongi 3 Barang Bukti, Bawaslu Dalami Dugaan Pelanggaran BirinMU BW, Eks Pimpinan KPK Buka-bukaan Alasan Turun Gunung Bantu H2D Gandeng BW, Tim H2D Laporkan Dugaan Pelanggaran Petahana Kalsel ke Bawaslu Duel Juventus vs Barcelona Liga Champions Malam Ini Tanpa Ronaldo vs Lionel Messi, Link Live Streaming SCTV!

Viral Akan Ada Letusan Krakatau dan Gempa 8 SR, Begini Penjelasan BMKG

- Apahabar.com Minggu, 4 Oktober 2020 - 09:59 WIB

Viral Akan Ada Letusan Krakatau dan Gempa 8 SR, Begini Penjelasan BMKG

Iilustrasi. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Kabar akan adanya letusan gunung Krakatau yang mengakibatkan gempa 8 skala richter viral di sejumlah WhatsApp. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pun memberikan keterangan terkait informasi tersebut.

“Informasi mengenai akan terjadinya gempa 8 skala richter (SR) akibat letusan Gunung Krakatau dalam rekaman tersebut dengan menyebutkan bahwa sumber info dari BMKG adalah berita bohong (hoaks) yang tidak layak dipercaya oleh masyarakat,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, dalam keterangannya, Sabtu (3/10).

Rahmat menyebut informasi tersebut awalnya beredar dari rekaman suara yang mengatasnamakan Andre yang menyebut akan terjadi gempa sebesar 8 skala richter (SR) akibat letusan gunung Krakatau. Dia pun memastikan rekaman hoaks serupa sudah kerap beredar sehingga lebih baik diabaikan.

“Rekaman berita bohong ini sebenarnya sudah pernah beredar sebelumnya, sehingga tidak perlu ditanggapi karena sengaja disebarkan ulang oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab dengan tujuan menciptakan kecemasan dan kepanikan masyarakat,” ucapnya.

Rahmat pun meminta agar masyarakat berhenti menyebarkan informasi bohong tersebut ke kontak lainnya. Dia juga menyebut masyarakat bisa mengecek terkait informasi aktivitas gunung api di PVMG, Badan Geologi, atau ESDM.

“Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak meneruskannya rekaman berita bohong tersebut kepada pihak lain agar mata rantai penyebaran berita bohong ini terputus dan berhenti. Untuk mendapatkan informasi terkait aktivitas gunung api masyarakat dapat menghubungi lembaga yang berwenang, yaitu Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian ESDM,” ujarnya.

Dia juga meminta masyarakat tidak percaya terhadap ramalan gempa bumi di Indonesia. Sebab, menurutnya belum ada alat yang dapat memprediksi secara pasti terkait gempa bumi.

“Hingga saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi kapan, di mana, dan berapa besar kekuatan/magnitudo gempa bumi akan terjadi,” imbuhnya.

Sumber: Detik.com

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Banjir Samarinda Meluas, Korban Terdampak Capai 20 Ribu Jiwa
apahabar.com

Nasional

LIVE STREAMING: Presiden Jokowi Umumkan Ibu Kota Baru
apahabar.com

Nasional

Update Covid-19 di Indonesia: Positif 169.195 Orang, 122.802 Sembuh
apahabar.com

Nasional

Megawati Imbau Semua Pihak Sabar Tunggu Pengumuman Resmi Hasil Pemilu
apahabar.com

Nasional

Saudi Stop Umrah, Kemenag Turunkan Petugas di Bandara
apahabar.com

Nasional

Chairul Tanjung: Kontraktor jangan Korupsi Anggaran Sekolah
apahabar.com

Nasional

Wagub Bali: Diharapkan Hipmi Mampu Imbangi Cepatnya Pembangunan Ekonomi
apahabar.com

Nasional

Jumlah Kasus Kematian Covid-19 Spanyol Terus Menurun
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com