Biang Kebakaran Hebat di Patmaraga Kotabaru Mulai Terungkap Nasib Terkini 505 Warga Korban Kebakaran di Patramarga Kotabaru Hari Ini, 30 Warga Balangan Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Kalsel [FOTO] Penampakan Ratusan Rumah yang Terbakar di Patmaraga Kotabaru Kena PHP, Buruh Tebar Ancaman ke Wakil Rakyat Kalsel di Senayan

Wasiat Terakhir Rasulullah SAW: Jaga Salat!

- Apahabar.com Kamis, 15 Oktober 2020 - 22:11 WIB

Wasiat Terakhir Rasulullah SAW: Jaga Salat!

Ilustrasi salat. Foto-Istimewa via Jatimtimes.co

apahabar.com, JAKARTA – Salat adalah rukun Islam yang paling utama setelah dua kalimat sahadat.

Salat adalah tiang yang membentuk bangunan Islam bersama dengan rukun Islam lainnya. Jika satu pilarnya roboh maka bangunan tersebut juga akan turut hancur.

“Allah mencela orang yang melalaikan dan bermalas-malas dalam melaksanakan salat,” kata Ustaz Abdul Muhith, sebagaimana dilansir dari Republika.co.id

Disampaikan Abdul Muhith, Allah SWT berfirman dalam surat Maryam ayat 59: فَخَلَفَ مِنْ بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا الصَّلَاةَ وَاتَّبَعُوا الشَّهَوَاتِ ۖ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيًّا

“Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan salat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kebinasaan (di neraka).” Dalam ayat yang lain di surat al-Maun ayat 4-5 disebutkan: فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ “Celakalah orang-orang yang salat, yaitu orang-orang yang lalai dalam salatnya.”

Muhith menjelaskan, dan Allah memuji orang yang mengerjakan salat (dengan khusyuk), bahkan Allah membanggakan orang yang menunaikan serta memerintahkan keluarganya agar juga melaksanakannya.

Lebih lanjut, Ustaz Muhith menjelaskan salat juga menjadi wasiat terakhir Nabi Muhammad SAW. Dia menukilkan hadits Ummu Salamah mengatakan salah satu wasiat Nabi Rasulullah SAW sebelum wafat adalah menjaga salat. Perkataan tersebut diulang Rasulullah SAW sebanyak dua kali.

عن أم سلمة ـ رضي الله عنها ـ قالت: كانت عامة وصية رسول الله صلى الله عليه وسلم الصلاة الصلاة

Salat juga perintah Allah yang sangat istimewa karena langsung diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW tanpa perantara Malaikat Jibril. Dalam peristiwa Mikraj tersebut awalnya Allah SWT memerintahkan umat Muhammad SAW untuk mengerjakan salat 50 kali sehari. “Ini artinya Allah sendiri sangat menyukai ibadah salat.”

Ustaz Muhith melanjutkan, salat adalah ibadah yang bisa dikerjakan dalam segala situasi, baik safar maupun tidak, baik dalam situasi aman maupun perang.

Salat adalah perkara terakhir yang hilang dari manusia. Jika salat telah hilang maka hilang pula agama secara keseluruhan.

عن أبي أمامة الباهلي رضي الله عنه عن النبي ﷺ أنه قال: لتنقضن عرى الإسلام عروة عروة، فكلما انتقضت عروة تشبث الناس بالتي تليها، وأولهن نقضا الحكم، وآخرهن الصلاة

Rasulullah SAW bersabda, “Tali ikatan Islam akan putus seutas demi seutas. Setiap kali terputus, manusia bergantung pada tali berikutnya. Yang paling awal terputus adalah hukumnya, dan yang terakhir adalah salat.” (HR Ahmad).

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hikmah

Evliya Celebi Bermimpi Bertemu Rasulullah SAW
apahabar.com

Hikmah

Ustadz Riza Muhammad Akui Keseriusan Stefan William Belajar Islam
apahabar.com

Hikmah

Rasulullah SAW Ungkap Manfaat Wudu Selain Bersuci
apahabar.com

Hikmah

Bermuhasabah di Tahun Baru Hijriyah
apahabar.com

Hikmah

Pakai Obat Hirup, Batalkah Puasa Penderita Asma?
apahabar.com

Hikmah

Mimpi Rasulullah dan Kehebatan Angkatan Laut Muslim
apahabar.com

Hikmah

Berikut Amalan Sederhana Agar Bisa Ikhlas Lapang Dada Hadapi Cobaan
apahabar.com

Hikmah

Pemuda Nias Masuk Islam, Ini Pesan Syekh Palestina Padanya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com