Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap Live Streaming Man City vs Porto, Link Siaran Langsung Liga Champions di SCTV-Vidio.com Malam Ini Jembatan Terpanjang Kedua Indonesia di Kaltim Sudah 90 Persen Beres

Waspada Curah Hujan Tinggi Oktober-November, Termasuk Kalsel

- Apahabar.com Sabtu, 17 Oktober 2020 - 10:39 WIB

Waspada Curah Hujan Tinggi Oktober-November, Termasuk Kalsel

Ilustrasi curah hujan tinggi. Foto-Okezone

apahabar.com, JAKARTA – Curah hujan tinggi diperkirakan bakal turun pada sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Kalimantan Selatan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan bahwa 17 persen daerah di Indonesia sudah mulai memasuki musim penghujan. Sementara, 83 persen lainnya masih mengalami musim kemarau.

“Analisis perkembangan musim hujan dasarian I Oktober 2020, berdasarkan jumlah Zona Musim (ZOM), 17 persen wilayah Indonesia telah masuk musim hujan dan 83 persen wilayah masih mengalami musim kemarau,” kata Kabid Deseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Hary Tirto Djatmiko kutip apahabar.com dari Okezone, Sabtu (17/10).

Prakiraan curah hujan tertinggi, beber Hary, bakal terjadi pada akhir Oktober hingga November 2020. Adapun, prakiraan hujan kategori tinggi lebih dari 150 mm atau dasarian.

Diprediksi, curah hujan tinggi bakal mengguyur daerah di Kalimantan Utara bagian utara; Sulawesi Barat bagian utara; Papua Barat bagian tengah, dan Papua bagian tengah, pada Oktober minggu kedua.

Sementara pada Oktober minggu ketiga, berada di Aceh bagian selatan, Sumatera Barat bagian selatan, sebagian Bengkulu, Papua Barat bagian tengah, dan Papua bagian tengah. Sedangkan pada November minggu pertama, berada di Aceh bagian selatan, Sumatera Barat bagian selatan, Sebagian Bengkulu dan Papua bagian tengah.

Sampai dengan dasarian I Oktober 2020 yang didasarkan pada jumlah ZOM, kata Hary, ada beberapa wilayah yang telah memasuki musin penghujan. Diantaranya, Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat bagian timur, sebagian besar Jambi, sebagian besar Sumatera Selatan, Lampung bagian utara.

Kemudian, sebagian Pulau Bangka, sekitar Jakarta Selatan, sekitar Sukabumi, Kalimantan Barat bagian selatan, sebagian Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan bagian timur, sebagian besar Kalimantan Timur.
Lantas, Kalimantan Utara, sebagian Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, sebagian Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan bagian utara, Maluku Utara, sebagian Maluku dan Papua bagian utara.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Warga Nduga Pingsan karena Cuma Makan Satu Kali
apahabar.com

Nasional

Jokowi: Tidak Semua Grasi Dikabulkan

Nasional

Skandal Seks Mahasiswi Banjarmasin, Polisi Panggil Saksi dan Pemeran Perempuan
apahabar.com

Nasional

Berkeliaran di Pemukiman, Kini Macan Tutul Lereng Lawu
apahabar.com

Nasional

Debat Capres Angkat Tema Kebijakan Luar Negeri, Ini Usulan PCINU Tiongkok
apahabar.com

Nasional

Debat Capres, Tetap Akur Meski Beda
apahabar.com

Nasional

Hilang 30 Tahun, Pendaki Asal Spanyol Ditemukan Wafat
Jokowi Instruksikan Rapid Tes Massal, Intip Langkah-langkahnya

Nasional

Jokowi Instruksikan Rapid Tes Massal, Intip Langkah-langkahnya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com