Cuaca Kalsel Hari Ini: Pagi Cerah Berawan, Siang Berpotensi Hujan di Seluruh Wilayah Kapolres Angkat Bicara, Kapolsek Bungkam Soal Penembakan Maut Martapura Dugaan Skimming Bank Kalsel, Bank Sentral Angkat Bicara Pemerintah Canangkan Subtitusi Komoditas Impor Beralih ke Produk Dalam Negeri Kementerian Investasi Kantongi 700 Pengaduan Keberatan IUP yang Dicabut  
agustus

Waspada Fenomena La Nina, BMKG Imbau Masyarakat Sering Cek Info Cuaca

- Apahabar.com     Jumat, 23 Oktober 2020 - 10:56 WITA

Waspada Fenomena La Nina, BMKG Imbau Masyarakat Sering Cek Info Cuaca

Fenomena La Nina patut diwaspadai masyarakat. Foto-Ilustrasi/Shutterstock

apahabar.com, JAKARTA – Fenomena La Nina patut diwaspadai masyarakat. Makanya BMKG meminta masyarakat sering cek info cuaca.

Kabid Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Hary Tirto Djatmiko meminta pemerintah daerah dan masyarakat meningkatkan kewaspadaan menghadapi fenomena La Nina.

“BMKG mengimbau seluruh pemerintah daerah dan stakeholder serta masyarakat untuk tetap mewaspadai,” kata Hary saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (22/10).

Hary melanjutkan, imbauan tersebut ditujukan terutama kepada daerah yang akan mengalami musim hujan lebih awal imbas La Nina, yakni sebagian wilayah Sumatera dan Sulawesi serta sebagian kecil Jawa (termasuk Jabodetabek), Kalimantan, NTB dan NTT.

“Perlunya peningkatan kewaspadaan dan antisipasi dini pada wilayah yang diprediksi akan mengalami musim hujan atas normal (lebih basah dari normalnya),” bebernya.

Sebagai langkah mitigasi, perlu dilakukan optimalisasi tata kelola air secara terintegrasi dari hulu hingga hilir. “Kemudian danau embung sungai dan kanal untuk antisipasi debit air berlebih,” kata dia, dikutip dari Okezone.

Selain itu, masyarakat diimbau dapat memonitor perkembangan cuaca sebagai antisipasi menghadapi fenomena La Nina.

“Agar tetap memonitor perkembangan cuaca untuk setiap 7 hari ke depan, setiap 3-6 jam per hari di seluruh kecamatan di Indonesia, melalui aplikasi mobile phone Info BMKG,” ucapnya.

Tak hanya itu, selain mewaspadai dampak dari La Nina, BMKG turut mengingatkan agar semua pihak juga mewaspadai puncak musim hujan tahun 2020-2021 di bulan Januari hingga Februari.

“Perlu diwaspadai wilayah yang rentan bencana hidrometeorologi seperti genangan, banjir, longsor dan banjir bandang,” ucapnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Jokowi Instruksikan Rapid Tes Massal, Intip Langkah-langkahnya

Nasional

Jokowi Instruksikan Rapid Tes Massal, Intip Langkah-langkahnya
Yusril Balas Andi Arief

Nasional

Yusril Balas Andi Arief: Kalau Tak Dicalonkan PBB, SBY Tak Pernah Jadi Presiden!
apahabar.com

Nasional

Update Covid-19 di Indonesia: Bertambah 2.858, Positif Jadi 172.053 kasus
apahabar.com

Nasional

Pendaftaran Online CPNS Resmi Dibuka Mulai Hari Ini, Berikut Tahapannya

Nasional

Vanessa Angel Kecelakaan, Sopir Ngantuk Jadi Dugaan Awal Penyebabnya

Nasional

193 Siswa Positif Saat PTM Disorot WHO

Nasional

Tak Bergeming Perlawanan Maming Dikriminalisasi
apahabar.com

Nasional

Kapolda Sultra, Riau dan Papua Dicopot
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com