Update Saham Jerman, Indeks DAX 30 Naik 49,46 poin Lebaran Pertama, Rumah hingga Jalan Provinsi di Satui Tanah Bumbu Terendam BREAKING! Hari Pertama Lebaran, Sejumlah Desa di Haruyan HST Terendam Banjir Banjir di Satui Tanbu, Ratusan Jiwa Mengungsi Banjir di Haruyan HST Berangsur-Angsur Surut, BPBD Imbau Warga Tetap Siaga

Waspada Kanker Payudara Pria, Perokok Berisiko

- Apahabar.com Kamis, 8 Oktober 2020 - 15:26 WIB

Waspada Kanker Payudara Pria, Perokok Berisiko

Sebagian kecil pria juga bisa kena kanker payudara. Foto-Ilustrasi/ Medicalnewstoday

apahabar.com, JAKARTA – Kanker payudara didominasi kaum Hawa, tapi ada sebagian kecil pria yang juga mengalami masalah kesehatan tersebut.

Memang jumlahnya sedikit sekali, tetapi menjadi fakta bahwa kanker payudara tidak hanya dialami perempuan semata.

Diterangkan Dokter Onkologi Dr. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PD-KHOM, FACP, selama praktik, baru ditemukan 3 pasien kanker payudara pria. Angkanya sangat kecil, tapi fakta yang dia temukan adalah sulitnya pasien mencapai kesembuhan.

“Kanker payudara pada pria itu justru sulit sekali disembuhkan, karena dasarnya bukan estrogen. Jadi, sangat sulit disembuhkan,” terangnya dalam Webinar beberapa waktu yang lalu.

Dilansir apahabar.com dari Okezone, Prof Aru melanjutkan, ada beberapa faktor penyebab seorang pria bisa mengidap kanker payudara, misalnya karena lingkungan dan dia tergolong dalam kelompok perokok. Ya, rokok bukan hanya menyebabkan kanker paru, tetapi bisa sampai memberi masalah ke payudara pria.

“Pria perokok punya risiko mengidap kanker payudara. Selain itu, faktor lingkungan juga berpengaruh pada kasus langka ini,” jelasnya.

Mungkin beberapa dari Anda beranggapan bahwa pria yang mengidap kanker payudara melakukan suntik estrogen sehingga terjadi komplikasi pada tubuhnya dan kanker payudara pun muncul. Tapi, anggapan tersebut dibantah Prof Aru.

“Pasien saya itu bukan berarti estrogennya berlebihan, kemudian payudaranya ikutan besar, enggak juga. Mereka jantan-jantan, tapi mereka memang ada benjolan. Kemudian biopsi dan ditemukan sel kanker di payudaranya. Setelah itu mendapatkan kemoterapi,” papar Prof Aru.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kesehatan

Cara Unik Deteksi Penyakit Melalui Suara, dari Depresi Hingga Jantung
apahabar.com

Kesehatan

Kenali Glaukoma pada Anak, Apa Penyebab dan Gejalanya?
apahabar.com

Kesehatan

Mengenal Kanker Tenggorokan yang Diidap Eddie Van Halen
apahabar.com

Gaya

Cegah Covid-19 ke Anak, Khasiat Kayumanis dan Lemon Bisa Jadi Antiseptik Alami
apahabar.com

Kesehatan

Setelah Sembuh, 30 Persen Pasien Covid-19 Masih Rasakan Gejala Ini
apahabar.com

Kesehatan

Ilmuwan Temukan Organ Baru di Kepala Manusia, Apa Itu?
apahabar.com

Kesehatan

Uang Kertas Menyebarkan Covid-19, Benarkah?

Kesehatan

Ini 7 Makanan Sehat yang Efektif Membersihkan Pencernaan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com