Belasan Terduga Pelaku Prostitusi Online Diamankan Polres Banjarbaru, 6 Masih di Bawah Umur Jelang Iduladha, Kalsel Siapkan Belasan Ribu Hewan Kurban MK Tunda Sidang, H2D Tetap Pede Diskualifikasi BirinMU Prostitusi Online di Banjarmasin Seret Anak-Anak, Sudah Puluhan Remaja Terjaring! 8 Tuntutan Mahasiswa Kalsel Saat Aksi #SaveKPK Sampai ke Sekretariat Presiden

3 Jemaah Umrah Indonesia Positif Covid-19, Travel Diminta Lebih Ketat Terima PCR

- Apahabar.com Senin, 9 November 2020 - 16:49 WIB

3 Jemaah Umrah Indonesia Positif Covid-19, Travel Diminta Lebih Ketat Terima PCR

Ilustrasi Sumber: net

apahabar.com, JAKARTA – Ditemukannya 3 jemaah umrah asal Indonesia yang positif Covid-19 di Arab Saudi, mendapat tanggapan dari anggota DPR RI. Travel diminta untuk lebih teliti dalam hal ini.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily menduga adanya tiga jemaah umrah yang positif tersebut lantaran menggunakan tes PCR yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Untuk itu, PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah) atau travel agar lebih ketat dalam menerima hasil tes swab PCR para jemaah umrah itu,” kata Ace seperti diberitakan Republika, Senin (9/11).

Ia menyarankan agar sebaiknya para calon jemaah umrah Indonesia melakukan uji swab di Rumah Sakit (RS) atau laboratorium yang memang sudah memiliki kreadibilitas dan terpercaya.

elain itu, ia juga berharap para jemaah dapat berkoordinasi dengan PPIU atau travel terkait lokasi PCR yang disarankan.

“RS, klinik atau laboratorium ini harus terdaftar berdasarkan atas assesment dari Kementerian Kesehatan RI. Dengan demikian, hasil swab Covid-19 betul-betul terpercaya. Hal ini dilakukan agar para calon jamaah ini betul-betul negatif Covid-19,” ujarnya.

Politikus Partai Golkar itu akan mengusulkan untuk membahas penyelenggaraan ibadah umrah di era pandemi ini dalam Rapat Komisi VIII di masa sidang ini.

Kementerian Agama sendiri telah mengeluarkan KMA (Keputusan Menteri Agama) dan kami akan membahas bagaimana pelaksanaannya saat ini,” ucapnya.

Sebelumnya Komisi Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali membenarkan kabar jamaah umrah Indonesia yang dinyatakan positif covid-19. Menurut Endang, ada tiga orang jemaah yang memiliki hasil tes positif setelah dilakukan swab ulang di Arab Saudi.

“Iya memang betul ada terdeteksi tiga jamaah, kemungkinan pada saat di Indonesia symptoms belum muncul,” kata Endang saat dikonfirmasi dalam pesan tertulis, Kamis (5/11).

Terhadap tiga jamaah Indonesia yang positif ini, telah dilakukan isolasi terpisah dari jemaah lainnya sebagaimana ketentuan edaran Kemenhaj Arab Saudi. Mereka akan diizinkan melakukan umrah apabila hasil swab selanjutnya menunjukkan negatif virus corona.

“Yang bersangkutan akan dilakukan test ulang setelah tiga hari mendatang kemudian melakukan umrah jika sudah negatif,” ujarnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Ketua IDI Banjarmasin: Hindari Makanan dan Minuman Ini Ketika Sahur
apahabar.com

Religi

5 Cara Mengendalikan Hawa Nafsu
apahabar.com

Religi

Dahsyatnya Hikmah Salat Dhuha, Dilancarkan Rezeki hingga…
Vaksinasi Covid-19

Habar

Perlu Kecepatan, Wapres Dukung Vaksinasi Covid-19 di Ramadhan
Masjid di Belanda

Habar

Masjid di Belanda Dilaporkan Dibakar Orang Tak Dikenal
apahabar.com

Habar

Peringati Maulid Nabi, Menag: Perbanyak Sholawat
apahabar.com

Habar

Mogok di Jalan Margasari-Sungai Puting, Hubungi Bengkel Berjalan Gratis
apahabar.com

Religi

Siapa Dilembu Mangku Rat yang Disebut Penyebar Islam di Banjarmasin?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com