Kronologi Lengkap 2 Bocah asal Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi Belum Tentu Dibekap Sang Ibu, Biang Kematian 2 Bocah Benawa HST Jadi Misteri 16 Hari Anti-Kekerasan, Aktivis Perempuan Kampanyekan Kesetaraan Gender di Banjarmasin Suhu Tubuh Tinggi, Wali Kota Samarinda Positif Covid-19 Inalillahi, 2 Bocah di Batu Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi

3 Jemaah Umrah Indonesia Positif Covid-19, Travel Diminta Lebih Ketat Terima PCR

- Apahabar.com Senin, 9 November 2020 - 16:49 WIB

3 Jemaah Umrah Indonesia Positif Covid-19, Travel Diminta Lebih Ketat Terima PCR

Ilustrasi Sumber: net

apahabar.com, JAKARTA – Ditemukannya 3 jemaah umrah asal Indonesia yang positif Covid-19 di Arab Saudi, mendapat tanggapan dari anggota DPR RI. Travel diminta untuk lebih teliti dalam hal ini.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily menduga adanya tiga jemaah umrah yang positif tersebut lantaran menggunakan tes PCR yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Untuk itu, PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah) atau travel agar lebih ketat dalam menerima hasil tes swab PCR para jemaah umrah itu,” kata Ace seperti diberitakan Republika, Senin (9/11).

Ia menyarankan agar sebaiknya para calon jemaah umrah Indonesia melakukan uji swab di Rumah Sakit (RS) atau laboratorium yang memang sudah memiliki kreadibilitas dan terpercaya.

elain itu, ia juga berharap para jemaah dapat berkoordinasi dengan PPIU atau travel terkait lokasi PCR yang disarankan.

“RS, klinik atau laboratorium ini harus terdaftar berdasarkan atas assesment dari Kementerian Kesehatan RI. Dengan demikian, hasil swab Covid-19 betul-betul terpercaya. Hal ini dilakukan agar para calon jamaah ini betul-betul negatif Covid-19,” ujarnya.

Politikus Partai Golkar itu akan mengusulkan untuk membahas penyelenggaraan ibadah umrah di era pandemi ini dalam Rapat Komisi VIII di masa sidang ini.

Kementerian Agama sendiri telah mengeluarkan KMA (Keputusan Menteri Agama) dan kami akan membahas bagaimana pelaksanaannya saat ini,” ucapnya.

Sebelumnya Komisi Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali membenarkan kabar jamaah umrah Indonesia yang dinyatakan positif covid-19. Menurut Endang, ada tiga orang jemaah yang memiliki hasil tes positif setelah dilakukan swab ulang di Arab Saudi.

“Iya memang betul ada terdeteksi tiga jamaah, kemungkinan pada saat di Indonesia symptoms belum muncul,” kata Endang saat dikonfirmasi dalam pesan tertulis, Kamis (5/11).

Terhadap tiga jamaah Indonesia yang positif ini, telah dilakukan isolasi terpisah dari jemaah lainnya sebagaimana ketentuan edaran Kemenhaj Arab Saudi. Mereka akan diizinkan melakukan umrah apabila hasil swab selanjutnya menunjukkan negatif virus corona.

“Yang bersangkutan akan dilakukan test ulang setelah tiga hari mendatang kemudian melakukan umrah jika sudah negatif,” ujarnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Berjalan ke Haulan Guru Sekumpul, Ternyata Tidak Hanya Dilakukan Riduan dari Palangkaraya
apahabar.com

Habar

Berkah Jumat, Nasi Gratis Seminggu Sekali, Catat Tempatnya!
apahabar.com

Religi

Panitia Masak 250 Belek Beras dan 11 Ekor Sapi
apahabar.com

Religi

Umar bin Abdul Aziz Tolak Warisan Kebun Luas di Khaibar
apahabar.com

Habar

Masjid Ini Patok Biaya Membukakan Puasa Sebanyak 6 Juta Rupiah
apahabar.com

Habar

Manuskrip Fatwa Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari Ditemukan
apahabar.com

Habar

Pendaftaran Haji Dibuka Online, Syaratnya Diperketat
apahabar.com

Hikmah

Nasehat Ibnu Abbas RA yang Membuat Orang Terdiam
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com