Fix, Pengeboran Migas di Mahakam Ulu Kaltim Lanjut 2021 Seruan Jokowi: Buru Pelaku Pembantaian Satu Keluarga di Sigi! Malu-maluin! Pemuda di Kotabaru Jambret Wanita demi Komix Terungkap, Korban Tewas Kecelakaan di Tapin Warga Wildan Banjarmasin INALILAHI Hujan Lebat, Pengendara Vario di Tapin Tewas

Anggota DPRD Kalsel Athaillah Hasbi Tampung Beragam Aspirasi Masyarakat, di Antaranya Terkait Lemahnya Internet

- Apahabar.com Senin, 2 November 2020 - 10:55 WIB

Anggota DPRD Kalsel Athaillah Hasbi Tampung Beragam Aspirasi Masyarakat, di Antaranya Terkait Lemahnya Internet

Reses Anggota DPRD Kalsel Fraksi Golkar, Athaillah Hasbi. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Athaillah Hasbi, anggota DPRD Kalsel baru saja menggelar reses atau menjaring aspirasi masyarakat HST, HSS dan Tapin. Politisi Partai Golkar ini menerima beragam aspirasi, dari lemahnya jaringan internet hingga sulitnya mengurus BPJS Kesehatan.

Saat di Desa Batu Panggung dan Sungai Harang, Kecamatan Haruyan, Kabupaten HST, ada beberapa keluhan terkait sarana prasarana masyarakat yang rusak, seperti jalan dan jembatan yang belum ada perhatian dari pemerintah daerah.

Padahal fasilitas umum itu merupakan lalu lintas utama membawa hasil pertanian menuju perkotaan.

“Selain itu, juga dikeluhkan belum adanya bidan desa. Sehingga dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan, khususnya pelayanan terhadap ibu-ibu hamil, kita berharap bisa dibangunkan poliklinik desa nantinya,” jelas Athaillah.

Dari reses ini, ia juga menemukan banyaknya pemuda berusia produktif yang belum bekerja, karena tidak adanya bekal pendidikan dan keterampilan yang memadai. Untuk itu, ia memberikan solusi, agar pemerintah kabupaten dan propinsi bisa aktif menyosialisasikan Balai Latihan Kerja yang telah didirikan.

Keluhan masyarakat lainnya, adalah tidak tepat sasarannya program bantuan beras sejahtera, karena prosedur dan data yang kurang valid, serta lemahnya koordinasi antara pihak desa, dinas sosial, dan Badan Pusat Statistik dalam pendataan.

Permasalahan akses internet juga menjadi kendala bagi masyarakat Batu Panggung dan Sungai Harang. Sehingga menyulitkan para generasi muda belajar daring di masa pandemic Covid-19.

Di rangkaian resesnya, Athaillah juga bersilaturahmi ke Desa Pengambau Hulu atau Muui, Kecamatan Haruyan. Di sini, masyarakat mengeluhkan belum terealisasinya usulan bedah rumah untuk rumah tidak layak huni, baik dari pemerintah kabupaten, provinsi, maupun pusat.

“Masyarakat juga mempertanyakan lambatnya respon Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kalsel, atas proposal permintaan perbaikan masjid di Desa Haruyan Seberang. Selain itu, mereka juga mempertanyakan bantuan untuk UKM peternakan di Dinas Peternakan Provinsi Kalsel,” urai Athaillah.

Untuk Desa Banua Kupang dan Rantau Kaminting, Kecamatan Labuan Amas Utara, masyarakat mengeluhkan tidak validnya pendataan penerima manfaat yang terdampak Covid-19.

“Ditambah lagi dengan persyaratan BPJS Kesehatan yang berbelit, dan kenaikan iurannya yang dianggap masyarakat memberatkan mereka, karena perekonomian atau pendapatan semakin sulit di masa pandemi,” urai Athaillah menceritakan hasil resesnya.

Ada lagi tambahnya, keluhan masyarakat terkait pendistribusian elpiji bersubsidi yang belum merata, dan masyarakat yang berhak, kesulitan mendapatkannya.

“Karena diduga oleh warga, telah dijual agen ke warung-warung, serta kurangnya perhatian instansi terkait dalam pengawasan distribusi,” urai Athaillah.

Dengan banyaknya usulan warga ini, Athaillah berharap, bisa menjadi bahan penyusunan perencanaan pembangunan, baik mulai tingkat desa, kecamatan, kabupaten, dan provinsi, dengan memperhatikan kepentingan masyarakat banyak, bukan kepentingan pihak pengusaha dan penguasa

“Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kalsel, hendaknya dapat mengakomodir hasil reses ini,” pintanya

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

DPRD Kalsel

Komentar Wakil Rakyat Kalsel Setelah Ikut Swab Test
apahabar.com

DPRD Kalsel

Penghujung Massa Jabatan, DPRD Kalsel Incar Kunjungan Kerja ke Luar Negeri
apahabar.com

DPRD Kalsel

Gembong Narkoba Rp 6 M Dibekuk, Ketua DPRD Kalsel Acungkan Dua Jempol
APBD

DPRD Kalsel

Tok! Perda APBD Kalsel 2021 Disepakati
apahabar.com

DPRD Kalsel

Internet Gratis untuk Siswa, Legislator Kalsel Minta Anggaran Dikembalikan!
apahabar.com

DPRD Kalsel

DPRD Gelar Rapat Banggar dengan Tiga Dinas
apahabar.com

DPRD Kalsel

Massa Anti-Omnibus Law Duduki Kantor DPRD Kalsel, Paripurna Tetap Digelar?
apahabar.com

DPRD Kalsel

Demo Mahasiswa Kalsel, Dewan Sepakat Tolak Revisi UU KPK dan KUHP
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com