Peserta KLB Demokrat Dijanjikan Rp 100 Juta, Ternyata Hanya Terima Rp 5 Juta Polisi Bakal Tindak Parkir Sembarangan di Kawasan Taman Kota-Masjid Raya Kotabaru Kemenkes Sebut 4 Pasien yang Terserang Corona B117 Tak Bergejala Berat Menkes Ungkap Tambahan Kasus Mutasi Corona Baru, 1 dari Kalsel Amuntai Heboh! Belasan Balita Diduga Keracunan Usai Konsumsi Soto

Anggota DPRD Kalsel Karlie Hanafi Gali Aspirasi Petani Jeruk Batola

- Apahabar.com Rabu, 4 November 2020 - 17:39 WIB

Anggota DPRD Kalsel Karlie Hanafi Gali Aspirasi Petani Jeruk Batola

Anggota DPRD Kalsel Karlie Hanafi Kalianda melihat sendiri kalau prospek kebun jeruk di Batola menjanjikan. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Anggota DPRD Kalsel Karlie Hanafi Kalianda menggali aspirasi petani jeruk di Desa Karang Indah, Puntik Dalam dan Desa Karang Bunga, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Batola.

Kepada wakil rakyat daerah pemilihan Kabupaten Batola itu, petani mengaku hasil panen jeruk sedang berlimpah, mencapai 5.000 ton per petani. Bahkan harga pun lumayan bagus, mencapai Rp5.000 per kilogram.

Namun demikian, para petani jeruk Kabupaten Batola masih berharap hasil panen mereka bisa memberikan nilai tambah secara ekonomi.

“Hasil pertanian jeruk saat ini memang sudah cukup bagus, tapi kami mengharapkan ada nilai tambah, seperti di Pulau Jawa, banyak makanan atau minuman ringan yang dibuat dari bulah apel,” ujar M Zaini Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Karang Indah kepada Karlie Hanafi.

Dikemukakannya, produksi jeruk dari Desa Karang Indah ini bisa dibuat minuman kemasan, serbuk jeruk, keripik jeruk, dan sebagainya.

Menanggapi aspirasi yang dilontarkan dalam kegiatan reses yang digelar dengan menerapkan protokol kesehatan itu, Karlie Hanafi mengatakan, untuk meningkatkan nilai tambah dari hasil jual produksi jeruk, bisa dengan mencontoh yang dilakukan di Pulau Jawa.

“Masalah ini akan saya sampaikan kepada pihak yang berkompeten di tingkat provinsi maupun kabupaten untuk ditindaklanjuti, sehingga harapan masyarakat itu benar-benar bisa direalisasikan yaitu memberikan nilai tambah pada produksi jeruk yang saat in I pemasarannya sudah mencapai pulau Jawa,” ujar politisi Partai Golkar ini.

“Dengan memberikan nilai tambah pada hasil pertanian jeruk, pada gilirannya akan meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan masyarakat petani di daerah itu,” ujarnya.
Selain jeruk, lima desa yang dikunjungi Karlie, dalam kegiatan resesnya, warga desa mengandalkan pertanian padi sebagai mata pencarian utama.

“Masyarakat di lima desa yang saya kunjungi mengandalkan pertanian padi lokal dan padi unggul sebagai mata pencaharian,” ungkap Karlie, Rabu (4/11).
Hasil pertanian padi, mencukupi untuk kebutuhan pangan sehari-hari dan selebihnya untuk dijual.

Untuk pertanian padi ini, masyarakat mengharapkan distribusi pupuk tepat waktu. Sebab petani mengeluhkan distribusi sering tidak tetap waktu. “Artinya saat diperlukan yaitu saat musim tanam pupuk bersubsidi tidak tersedia. Justru saat tidak diperlukan, yaitu saat panen justru pupuk tersedia,” ujarnya.

Soal pupuk ini, Karlie juga akan mencarikan solusi dengan mempertanyakan proses distribusi ke instansi yang berwenang baik di tingkat provinsi maupun kecamatan.

Berbagai permasalahan lain juga terungkap dalam kegiatan reses tersebut seperti permohonan perbaikan jalan dan jembatan, masalah kamtibmas, kesenian, olahraga, dan lain-lain.

Kegiatan reses DR H Karlie Hanafi Kalianda ini mendapat sambutan antusias dari warga di desa yang didatangi. Namun mengingat masih pandemic Covid-19, maka warga yang datang dibatasi sehingga tidak menimbulkan kerumunan. Mereka yang hadir tetap menggunakan masker dan menjaga jarak.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

DPRD Kalsel

Reses di Kotabaru, Paman Yani Dengarkan Keluhan Soal Jalan Desa
apahabar.com

DPRD Kalsel

Demo di DPRD Kalsel, Anggota Dewan Turun Temui Mahasiswa
apahabar.com

DPRD Kalsel

Permentan Cabut Subsidi, Imam Berat Ketemu Petani di Kalsel
apahabar.com

DPRD Kalsel

Raperda Perkebunan Berkelanjutan Masuk Tahapan Kementan
bapok

DPRD Kalsel

Dewan Kalsel Desak Jalur Distribusi Bapok di Wilayah Banjir Diamankan
apahabar.com

DPRD Kalsel

55 Anggota DPRD Kalsel Resmi Dilantik, Simak Pesan Supian HK
apahabar.com

DPRD Kalsel

Lahan Pertanian Kalsel Terus Menyusut, DPRD Siapkan Siasat
apahabar.com

DPRD Kalsel

Tak Lama Lagi DPRD Kalsel Rampungkan Raperda Pemberdayaan Desa Wisata
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com