Mahasiswanya Positif Covid-19, Kampus FISIP ULM Banjarmasin Lockdown Selama Sepekan Larang Anggota Fraksi ke Luar Daerah, Golkar Targetkan Kemenangan BirinMu 70 Persen Sembuh dari Covid-19, Sugianto Hadir di Kampanye Penutup Jelang Pencoblosan, Ratusan Anggota Fraksi Golkar Se-Kalsel Siap Awasi Money Politics Aduuuuuuuuuh ai, Viral Bocah di Tapin Ngamuk-Buang Motor Saat Ditilang Polisi

ASKS XVII di Tabalong Pembuktian Sastrawan Kalsel Sosok Tangguh Hadapi Covid-19

- Apahabar.com Jumat, 20 November 2020 - 13:28 WIB

ASKS XVII di Tabalong Pembuktian Sastrawan Kalsel Sosok Tangguh Hadapi Covid-19

Kepala Dinas Pendidikan, H Mahdi Noor, saat memberikan sambutan pada acara pembukaan ASKS XVII. Foto - apahabar.com/Amin.

apahabar.com, TANJUNG – Pelaksanaan Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) XVII yang digelar di Kabupaten Tabalong menjadi bukti bahwa para sastrawan dan budayawan di Kalsel adalah sosok yang tangguh dan kuat menghadapi segala kemungkinan, termasuk wabah Covid-19.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong, H Mahdi Noor, di tengah pergelaran ASKS ke XVII di Pendopo Bersinar, Tanjung, Kamis (19/11) kemarin.

Hal itu juga sesuai dengan tema ASKS XVII “Bagalumukan Kita Menyamaratakan Sastra Melawan Korona”.

ASKS yang diselenggarakan setiap tahun merupakan salah satu upaya membumimikan sastra, melestarikan budaya dan melestarikan kearifan lokal.

Pemkab Tabalong melalui Disdik sangat bersyukur dapat menjadi penyelenggara sebagai tuan rumah dalam perhelatan Akbar ASKS XVII yang digelar dari tanggal 19 sampai 21 November 2020.

Meskipun dilaksanakan di tengah wabah Covid-19, dengan segala kesedarhanaan dan keterbatasan, tapi semangat dibidang sastra tak pernah meredup.

“Kita semua berharap ASKS tidak kehilangan makna dan kesakralannya,” kata Mahdi Noor.

Dia mengatakan penyelenggaraan ASKS menjadi ajang silaturahmi sekaligus membawa misi ketahanan sastra. Event tersebut diharapkan dapat menjaga kualitasi karya sastra dan pemantik semangat berbudaya bagi daerah

“Kegiatan ASKS menyajikan berbagai karya sastra. Semoga membawa manfaat dan kebajikan khususnya pelestarian sastra daerah Kalimantan Selatan,” pungkas Mahdi.

Sebelumnya, Wakil Bupati Tabalong H Mawardi secara resmi membuka Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) Ke-17 tahun 2020 di Kabupaten Tabalong di Pendopo Bersinar Tanjung, Kamis (19/11).

Dalam sambutannya, Mawardi mengatakan ASKS kali ini akan lebih banyak dilaksanakan secara virtual dengan mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

Sejumlah acara yang digelar secara virtual antara lain, puisi berbahasa Banjar, lomba membuat puisi berbahasa Banjar, gelar sastra Banjar, rembug, dan Iomba membuat cerita rakyat Kalsel.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Tabalong

Tabalong

Belasan Pejabat Dilantik, Simak Pesan Wakil Bupati Tabalong
apahabar.com

Tabalong

Stok Kosong, Ayo Segera Donorkan Darah di PMI Tabalong!
apahabar.com

Tabalong

Selesaikan SKK, Kejari Tabalong Dapat Apresiasi dari BPJS

Tabalong

Puluhan Tanduk dan Tengkorak Rusa Dimusnahkan Kajari Tabalong

Tabalong

10 Desa di Tabalong Dapat Dana Hingga Ratusan Juta Rupiah
apahabar.com

Tabalong

BPBD Tabalong Bantu Korban Kebakaran di Seberang Stadion Tabalong
apahabar.com

Tabalong

Kuliah Perdana di STIT Tabalong Hadirkan Guru Besar UIN Antasari Banjarmasin

Tabalong

Tindak Lanjuti Arahan BPK, Pemkab Tabalong Hibahkan 4 Kantor Desa di Pugaan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com