Mahasiswanya Positif Covid-19, Kampus FISIP ULM Banjarmasin Lockdown Selama Sepekan Larang Anggota Fraksi ke Luar Daerah, Golkar Targetkan Kemenangan BirinMu 70 Persen Sembuh dari Covid-19, Sugianto Hadir di Kampanye Penutup Jelang Pencoblosan, Ratusan Anggota Fraksi Golkar Se-Kalsel Siap Awasi Money Politics Aduuuuuuuuuh ai, Viral Bocah di Tapin Ngamuk-Buang Motor Saat Ditilang Polisi

Awal Desember, Logistik Pilkada HST Disalurkan ke TPS

- Apahabar.com Kamis, 19 November 2020 - 09:37 WIB

Awal Desember, Logistik Pilkada HST Disalurkan ke TPS

Proses penurunan surat suara dari truk ke gudang logistik KPU HST di GOR 24 Desember Barabai, Rabu (18/11). Foto-apahabarcom/Lazuardi

apahabar.com, BARABAI – KPU Hulu Sungai Tengah (HST) menargetkan pertengahan November ini seluruh logistik Pilkada 2020 sudah tersedia.

Khususnya untuk kelengkapan di tempat pemungutan suara agar bisa segera didistribusikan sebelum pemilihan pada 9 Desember nanti.

Terbaru, surat suara untuk Pilgub Kalsel serta bilik suara yang didatangkan menggunakan truk dengan pengawalan ketat anggota kepolisan. Penurunan surat suara dari truk itu juga diawasi pihak Bawaslu HST, Rabu (18/11) petang.

Surat suara yang datang sebanyak 95 koli. Perkoli berisi 2.000 lembar surat suara.

Untuk bilik suara yang rencananya didatangkan pada malam hari itu juga, berjumlah 1.825. Dari 365 TPS, masing-masing mendapatkan 5 bilik suara.

“Jadi dari 5 bilik suara, satu bilik dikhususkan untuk orang yang bersuhu tubuh tinggi, 37,5 derajat celcius,” kata Komisioner Bidang Perencanaan Data dan Informasi KPU HST, Abdul Hadi penurunan surat suara dari truk di GOR 24 Desember Barabai.

Sementara untuk surat suara Pilbup HST terlambat datang. Ditargetkan KPU, surat suara tersebut akan datang hari ini, Kamis (19/11).

Keterlambatan kedatangan surat suara untuk Pilbup HST ini, kata Hadi terkendal dokumen pengiriman barang atau manifes. Sehingga bongkar muat di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, dari kontainer ke trasnportasi atau truk pendistribusian menuju HST tidak bisa dilakukan.

“Manifes terlambat karena beda jalur pengiriman. Dikirim lewat jalur udara. Sebenarnya kontainer sudah di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Jika manifes sudah datang, surat suara langsung dibongkar dari kontainer dan diangkut menggunakan truk. Terget memang hari ini surat suara datang. Kalau pagi bisa dibongkar langsung kita kirim,” terang Hadi.

Selain logistik utama itu, ada lagi sejumlah logistik untuk kelengkapan Pilkada pada 9 Desmeber nanti. Salah satunya formulir salinan C hingga formulir salinan daftar hadir pemilih dan buku panduan PPK serta KPPS.

“Kendalanya samapai saat ini belum ada desain resmi dari KPU RI. Hari ini sebenarnya sudah turun suratnya (penetapan desainnya) tapi dasarnya dari percetakan. Jadi kita menunggu itu dulu,” kata Hadi.

Hadi menargetkan per 25 November ini, percetakan selesai, sehingga bisa segera dikirim ke HST. Diperkirakan awal Desember semua logistik semuanya sudah tiba di HST.

Termasuk logistik yang saat ini masih ditunggu KPU HST, yakni sebagian perlengkapan protokol kesehatan yang belum datang. Seperti APD, alat cuci tangan dan pelindung wajah.

“Jadi H-3, H-2 atau H-1 baru kita distribusikan ke TPS-TPS. Khusus untuk daerah sangat terpencil seperti di beberapa desa di Kecamatan Batang Alai Timur, seminggu sebelum pemilhan sudah didistribusikan,” tutup Hadi.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Diduga Tenggelam, Lansia Pengidap Epilepsi di Kandangan Belum Ditemukan
apahabar.com

Kalsel

Guru Khalil Jadi Khatib Salat Iduladha di Masjid Al Karomah
apahabar.com

Kalsel

8 Bapaslon Kepala Daerah di Pilkada Kalsel 2020 Positif Covid-19, Sahbirin-Muhidin dan Denny-Difriadi Aman
apahabar.com

Kalsel

Biddokkes Polda Kalsel Blusukan ke Lokasi Kebakaran
apahabar.com

Kalsel

Strategi Baru BPBD Tangani Asap Yang Mulai Menebal
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 Kalsel 9 April: Tambah 3 Positif, 1 di Antaranya Wafat
apahabar.com

Kalsel

Seorang Pesepeda Ditemukan Tewas di Jalan Trans Kalimantan Batola
apahabar.com

Kalsel

Malam Minggu, Siring Laut di Kotabaru Kembali Bernadi walau Pandemi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com