Eks Bos Berulah, Kepala Penjual Pentol Rantau Nyaris Terbelah Hendak Benarkan Tas, Pemotor Tabrak Truk di Angsau Tanah Laut Negosiasi Rampung: Bagus Lega, Hasnur Rela, Nitizen Bahagia, Bagaimana FC Utrecht? Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK Longsor Tergerus Banjir, Oprit Jembatan di Tabalong Diperbaiki

Begini Cara Ibnu Sina Tanggulangi Sampah hingga Jadi Kota Percontohan di Indonesia

- Apahabar.com Minggu, 1 November 2020 - 22:13 WIB

Begini Cara Ibnu Sina Tanggulangi Sampah hingga Jadi Kota Percontohan di Indonesia

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina. Foto-Ist

apahabar.com, BANJARMASIN – Kemampuan Ibnu Sina dalam melakukan pengelolaan sampah memang tidak perlu diragukan lagi. Berbagai penghargaan di sektor lingkungan pun pernah ia terima.

Dalam debat perdana Wali Kota Banjarmasin 2020, Ibnu juga memaparkan terkait penanggulangan sampah di kota Banjarmasin. Salah satunya dengan mengoptimalkan Bank Sampah yang diharapkan dapat mengurangi volume sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir.

Selain itu, juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi bagi warga, karena sampah yang diterima dapat didaur ulang dapat bernilai ekonomis.

“Ke depan memang ada upaya mengurangi TPS-TPS di pinggir jalan dengan adanya Bank Sampah. Saat ini kita sudah memiliki 294 bank sampah yang tersebar di 52 kelurahan,”ujar Ibnu Sina, Jumat (30/10).

Usaha keras Ibnu Sina menanggulangi sampah itu sudah diganjar berbagai penghargaan. Pada 2019 misalnya, Pemkot Banjarmasin termasuk satu dari 11 kota di Indonesia dengan kinerja pengurangan sampah terbaik di Indonesia.

“Karena itu kita mendapatkan kucuran dana sebesar Rp9,4 miliar dari Kementerian Keuangan. Artinya upaya yang kita lakukan sudah sangat luar biasa,”ucapnya.

Lebih jauh, dia mengungkapkan kota Banjarmasin tidak bisa mendapat Piala Adipura sebelum dia menjabat sebagai wali kota. Tapi setelah dia memimpin kota Seribu Sungai, Banjarmasin berhasil meraih 4 kali Adipura secara beruntun.

Hal lain yang menjadi perhatian Ibnu Sina adalah peningkatan kesejahteraan para petugas kebersihan. Kemudian peningkatan sarana prasarana alat peralatan yang perlu ditunjang pemerintah kota.

Salah satu kebijakan yang menjadi apresiasi yakni terkait dengan kebijakan perwali nomor 18 tahun 2016 yang berlaku 1 Juni 2016, yaitu larangan penggunaan kantong plastik di minimarket dan retail-retail modern. Ini pertama kali di Indonesia, bahkan inovasi ini mendapatkan apresiasi juga dari banyak kota.

“Hari ini Banjarmasin tidak sendiri melarang penggunaan kantong plastik. Ada 11 kota di Indonesia yang kemudian mengikuti langkah kota Banjarmasin yaitu mengurangi sampah dan sumber plastik,”terangnya.

Tetapi sekali lagi, tambahnya, persoalan sampah adalah persoalan perilaku. Oleh karena itu, perlu adanya edukasi yang terus-menerus untuk mengurangi timbunan sampah.

Kota Banjarmasin, kata Ibnu, menjadi referensi bagi Indonesia untuk kebijakan strategis pembuangan sampah di Indonesia. Hal itu mendapat apresiasi dari kementerian LHK.

“Jadi sebetulnya Banjarmasin Ini harus kita sadari sebagai sebuah kota yang banyak memberikan inovasi terkait dengan pengurangan sampah kota-kota kota-kota lain di Indonesia,”urainya.

Polling Pilkada 2020
Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Link Live Streaming Debat Terakhir Capres-Cawapres di TV One
apahabar.com

Politik

Pilwali Banjarmasin 2020, Haris Makkie: Seluruh Paslon Wajib Ditaati Prokes
apahabar.com

Kalsel

Pilwali Banjarmasin 2020: Wow, Hj Ananda–H Mushaffa Zakir Perjuangkan Parkir untuk Ojek Online
apahabar.com

Politik

Bawaslu Kalsel Selesaikan 10 Sengketa
apahabar.com

Politik

Selisih Elektabilitas Jokowi dan Prabowo Semakin Rapat
apahabar.com

Politik

Breaking News: Gerindra Resmi Usung Denny-Difri di Pilgub Kalsel
apahabar.com

Politik

Pilkada Serentak 2020, PDIP Jatim Bertekad Menang di 15 Daerah
apahabar.com

Politik

Guru Khalil Mundur di Pilkada Banjar, Pengamat: Tak Sekadar ‘Sami’na Wa Atho’na’ ke Tuanguruan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com