Eks Bos Berulah, Kepala Penjual Pentol Rantau Nyaris Terbelah Hendak Benarkan Tas, Pemotor Tabrak Truk di Angsau Tanah Laut Negosiasi Rampung: Bagus Lega, Hasnur Rela, Nitizen Bahagia, Bagaimana FC Utrecht? Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK Longsor Tergerus Banjir, Oprit Jembatan di Tabalong Diperbaiki

Besok, BI Kembali Layanani Penukaran Uang Rusak

- Apahabar.com Rabu, 11 November 2020 - 11:31 WIB

Besok, BI Kembali Layanani Penukaran Uang Rusak

Pegawai Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) melayani nasabah yang menukarkan uang rusaknya untuk diganti uang baru. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) membuka kembali layanan penukaran uang rupiah rusak mulai besok, Kamis (12/11).

Pelayanan itu tak hanya di Kantor Pusat, tapi juga diseluruh Kantor Perwakilan BI di tanah air, termasuk di Kalsel.

Ini dilakukan sebagai upaya BI dalam memastikan ketersediaan uang rupiah yang layak edar di masyarakat, dengan tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19.

“Penukaran uang rusak dibuka setiap Kamis, pukul 08.00-11.30 waktu setempat di loket layanan BI,” kata kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dikutip dari Antara, Rabu (11/11).

Ada sejumlah kriteria uang rupiah kertas dan logam rusak yang diberikan penggantian sesuai dengan nilai nominal berlaku.

Yakni dalam hal fisik uang rupiah kertas lebih besar dari 2/3 ukuran aslinya dan ciri uang rupiah dapat dikenali keasliannya, diberikan penggantian sebesar nilai nominal uang rupiah yang ditukarkan dengan persyaratan uang rupiah kertas masih merupakan satu kesatuan dengan atau tanpa nomor seri yang lengkap, atau uang rupiah kertas tidak merupakan satu kesatuan dan kedua nomor seri pada uang rupiah rusak tersebut lengkap dan sama.

Dalam hal fisik uang rupiah kertas sama dengan atau kurang dari 2/3 ukuran aslinya, tidak diberikan penggantian.

Sementara itu, dalam hal fisik uang rupiah logam lebih besar dari 1/2 ukuran aslinya dan ciri uang rupiah dapat dikenali keasliannya, diberikan penggantian sebesar nilai nominal uang rupiah yang ditukarkan, dan dalam hal fisik uang rupiah logam sama dengan atau kurang dari 1/2 ukuran aslinya, tidak diberikan penggantian.

Untuk menukarkan uang rupiah rusak ke BI, masyarakat cukup membawa uang rupiah rusak yang masih memenuhi persyaratan ke Kantor BI sesuai jadwal layanan.

“BI mengimbau masyarakat yang akan melakukan penukaran di seluruh kantor BI untuk tetap menjalankan protokol Covid-19,” kata Onny.

Editor: Zainal Muttaqin - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Bank Kalsel tak Kesampingkan UMKM
apahabar.com

Ekbis

Kisah Ryan, Pemuda Banjarmasin Jatuh Bangun Pertahankan Bisnis di Tengah Pandemi
apahabar.com

Ekbis

Cadangan Devisa Indonesia September 124,3 Miliar Dolar
apahabar.com

Ekbis

Erick Thohir Sebut Ekonomi Indonesia Masih Lebih Baik dari Negara G20 Lain
apahabar.com

Ekbis

Rupiah Menguat, Imbas Pembukaan Lockdown

Ekbis

Seiring Debat Calon Presiden AS, IHSG Akhir Pekan Bergerak Menguat
apahabar.com

Ekbis

Di Depan Ratusan Pimpinan Ponpes Kalsel, Deputi Gubernur BI Bicara Ekonomi dan Keuangan Syariah
apahabar.com

Ekbis

Semangat Menyatukan, Telkomsel Gelar 17.800 BTS dan Bangun Infrastruktur di Penjuru Kalimantan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com