3 Kali Diskor, Sidang Perdana Netralitas ASN Camat Aluh Aluh Berlangsung hingga Malam Sisa 85 Hari Jadi Bupati, Sudian Noor Doyan Bikin Kebijakan Kontroversial Diam-Diam, Adaro Kepincut Proyek Coal to Methanol di Kotabaru, Apa Kata Dewan? Kubah Datu Kelampaian Kembali Ditutup, Simak Penjelasan Zuriyat Gelapkan Penjualan Motor, Supervisor Marketing PT NSS Tabalong Diamankan Polisi

BLT Gaji Guru Honorer Rp 1,8 Juta Cair, Anda Sudah Menerima?

- Apahabar.com Minggu, 22 November 2020 - 15:21 WIB

BLT Gaji Guru Honorer Rp 1,8 Juta Cair, Anda Sudah Menerima?

Ilustrasi penerima BLT gaji guru honorer sebesar Rp 1,8 juta. Anda sudah menerima?. Foto- Antara.

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada guru honorer di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag) sebesar Rp 1,8 juta.

Bantuan diberikan untuk meringankan beban guru honorer di tengah pandemi covid-19.

Kini, BLT gaji guru honorer itu telah disalurkan kepada 975 ribu penerima, dari target 2.034.732 orang.

“Sejak diluncurkan Mas Menteri (Nadiem Makarim) sudah ada penerimanya. Sampai Jumat kemarin yang sudah cair 975 ribu (orang),” kata Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), Abdul Kahar dikutip dari detikcom, Minggu (22/11/2020).

Kahar mengatakan bantuan yang langsung satu kali pencairan ini akan diselesaikan pada akhir November. Data calon penerima sudah dipegang semua, tinggal disalurkan secara bertahap.

“(Data penerima) sudah ada semua tinggal menunggu waktu saja secara bertahap per hari karena ada kapasitas kemampuan menyalurkan perharinya. Makanya kami optimis akhir November habis karena kami sudah diperhitungkan,” ucapnya.

Sebelumnya, Kemendikbud resmi menyalurkan BLT subsidi gaji guru honorer sejak Selasa, 17 November 2020.

“Bantuan itu disalurkan secara bertahap sampai dengan akhir November 2020 ya, dan bagi para guru dan dosen di akses infonya di info.gtk.kemdikbud.go.id, yang bisa mengakses di mana rekening mereka, apa persyaratan yang belum dipenuhi atau untuk yang perguruan tinggi di pangkalan data Dikti untuk menemukan informasi terkait status pencairan, rekening bank masing-masing dan lokasi Bank cabang ya,” ujar Sekretaris Jendral Kemendikbud, Prof Ainun Na’im seperti dilansir Antara.

Mengutip dari situs Kemendikbud, adapun syarat untuk mendapatkan BLT subsidi gaji guru honorer yakni warga negara Indonesia (WNI), berstatus bukan sebagai PNS, dan memiliki penghasilan di bawah Rp 5 juta per bulan.

Tak hanya itu, guru dan tenaga pendidik honorer non PNS juga harus terdaftar dan berstatus aktif dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) atau Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) per 30 Juni 2020.

Kemudian tidak menerima bantuan program BLT subsidi gaji dari Kemnaker dan Kartu Prakerja sampai 1 Oktober 2020.

Untuk mengecek nama penerima BLT subsidi gaji guru honorer, bisa langsung mengaksesnya di info.gtk.kemdikbud.go.id atau Pangkalan Data Dikti (pddikti.kemdikbud.go.id) untuk menemukan informasi terkait status pencairan bantuan, rekening bank masing-masing, dan lokasi cabang bank penyalur.

Setelah masuk di laman info.gtk.kemdikbud.go.id akan terdapat tampilan tabulasi di bagian paling bawah yang tertulis ‘Pembayaran insentif guru bukan PNS’.

Jika dalam tampilan tabulasi tersebut sudah ada nama bank penyalur dan nominalnya, maka dipastikan menjadi penerima BLT subsidi gaji guru honorer.

Kemudian, menyiapakan berkas dokumen pencairan BLT subsidi gaji guru honorer yang telah ditentukan:

1. Kartu Tanda Penduduk (KTP).
2. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) jika ada.
3. Surat Keputusan Penerima BSU yang dapat diunduh dari Info GTK dan PDDikti.
4. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang dapat diunduh dari Info GTK dan PDDikti, diberi materai, dan ditandatangani.

Guru honorer dan tenaga kependidikan diimbau segera membawa dokumen yang dipersyaratkan dan menunjukkan ke petugas bank penyalur untuk diperiksa sebagai proses pencairan.

Editor: Zainal Muttaqin - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Pemerintah Lagi Siapkan Subsidi Pulsa, Siapa Sasarannya?
apahabar.com

Nasional

Apkasi Bantu Air Bersih untuk Korban Gempa Palu
apahabar.com

Nasional

Ketua Umum Apkasi Bangga Nasionalisme Warga Banyuwangi
Corona Effect, Yen Melonjak, Yuan Merosot

Nasional

Corona Effect, Yen Melonjak, Yuan Merosot
apahabar.com

Nasional

WHO Sebut 81 Negara Belum Terinfeksi Covid-19
apahabar.com

Nasional

Kondisi 2 Pasien Positif Virus Corona di RSPI Membaik
apahabar.com

Nasional

Demokrat Komentari Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan
apahabar.com

Nasional

Jokowi: 62 Kasus Terduga Corona di Indonesia Negatif
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com