Somasi Tim BirinMu ke Uhaib, Komnas HAM hingga H2D Pasang Badan Hujan Lebat, Desa Hawang HST Banjir Lagi POPULER SEPEKAN: Kasus Pembunuhan Istri di Kapuas hingga ABK Tenggelam di Tanah Laut Warga Banjarmasin Terpesona Menikmati Pantai Teluk Tamiang Kotabaru Duh! Anggaran Pembinaan Atlet Banjarmasin Tertunggak 6 Bulan

BLT UKM Lewat, Senangnya Salasiah Terima Tambahan Modal Usaha dari Pemkab Batola

- Apahabar.com Selasa, 17 November 2020 - 20:37 WIB

BLT UKM Lewat, Senangnya Salasiah Terima Tambahan Modal Usaha dari Pemkab Batola

Bupati Batola, Hj Noormiliyani AS, menyerahkan bantuan modal usaha UMKM kepada Salasiah. Foto: Humpro Setda Batola

apahabar.com, MARABAHAN – Gagal menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Usaha Kecil Mikro (UMK), Salasiah akhirnya bisa tersenyum berkat tambahan modal usaha yang diberikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Kuala (Batola).

Salasiah merupakan salah seorang pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kecamatan Marabahan. Warga Kelurahan Ulu Benteng Gang Rajawali RT 06 ini biasanya memproduksi kerupuk gandum.

Lantas untuk menambah modal usaha, Salasiah sempat mendaftarkan diri sebagai penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM yang disediakan Kementerian Koperasi dan UKM.

Namun harapan memperoleh bantuan belum kesampaian. Kemungkinan besar berkas yang dikirimkan tidak lolos verifikasi di level atas.

Beruntung nasib Salasiah dan sejumlah pelaku UMKM lain yang belum dapat menerima BLT UKM, mendapat perhatian dari Pemkab Batola.

Mereka diberikan bantuan modal usaha senilai Rp1 juta yang resmi diserahkan Bupati Batola, Hj Noormiliyani AS, Selasa (17/11).

“Tentu senang sekali bisa mendapatkan bantuan, karena bisa menambah modal usaha kerupuk gandum saya,” ungkap Salasiah.

Salasiah sudah hampir empat tahun menggeluti usaha tersebut. Selain menjual kerupuk yang sudah digoreng, ibu tiga anak ini juga menyediakan kerupuk mentah.

“Modal awal dikumpulkan sedikit demi sedikit dari hasil berjualan kue setiap bulan puasa. Alhamdulillah sekarang produksi kerupuk bisa terus bertambah,” jelas Salasiah.

Total terdapat 1.000 pelaku UMKM di Batola yang memperoleh bantuan serupa. Sementara pendanaan melalui APBD yang bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) tahap kedua.

“1.000 pelaku UMKM itu sebagian besar belum tertampung sebagai penerima BLT UKM,” jelas Irwan Noor, Kabid Koperasi dan UMKM di Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Batola.

“Syarat penerima bantuan ini kurang lebih sama dengan BLT UKM. Salah satunya pelaku usaha mikro dengan modal dibawah Rp50 juta,” imbuhnya.

Selain pelaku UMKM, sepuluh koperasi di Batola juga mendapatkan penguatan modal dengan besaran bervariasi. Bantuan ini sekaligus solusi modal akibat pandemi Covid-19.

Empat koperasi mendapatkan modal sebesar Rp100 juta, yakni KSU Wira Bakti Marabahan, Koppontren Al Hasanah Alalak, KSU Mitra Usaha Agro Mandiri Alalak dan KUD Sepakat Tabunganen.

Sedangkan enam koperasi lain memperoleh modal senilai Rp50 juta, di antaranya KSP Harapan Maju Marabahan, KUD Daya Guna Tamban, KSU Harapan Sejahtera Wanaraya dan KSU Kencana Makmur Jejangkit.

“Bantuan ini berarti penting dalam memperkuat permodalan minimarket yang kami kelola. Keuntungan dari minimarket itu sendiri banyak dipergunakan untuk kebutuhan santri Pondok Pesantren Hasanul Ilmi,” sahut H Marli, Ketua KUD Sepakat.

“Alhamdulillah minimarket tersebut sudah mampu melayani kebutuhan warga dari 14 desa di Tabunganen,” tandasnya.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Batola

Meski Lepas Target, Reforma Agraria Batola Paling Aktif
apahabar.com

Pemkab Batola

Tinjau Korban Puting Beliung, Noormiliyani Tekankan Reaksi Cepat
apahabar.com

Pemkab Batola

Resmi, Batola Laksanakan PSBB Jilid Kedua

Pemkab Batola

Bantu Perbaikan Rumah Korban Banjir, Batola Terima Kucuran Dana BNPB
apahabar.com

Pemkab Batola

Puluhan Warga Batola Sudah Dijamah Bedah Rumah
apahabar.com

Pemkab Batola

Jaga Semangat Kerja, Kantor Bappelitbang Batola Disulap Ala Kafe

Pemkab Batola

Resmi Jadi Sekda Batola, Alumnus IHE Institute di Belanda Ini Dituntut Lebih Inovatif
apahabar.com

Pemkab Batola

Meski Prioritas, Pelebaran Jalan Gampa Asahi Belum Jelas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com