Misteri 2 Bocah Dibunuh Ibu Depresi di Benawa HST, Saksi Kunci Buka Suara! Oknum Simpatisan Terjerat Sabu di Kotabaru, FPI Bantah Anggotanya Cabuli Murid, Oknum Guru Olahraga di SD Banjarbaru Langsung Dipecat! Ketuanya Buron, Joko Pitoyo Ambil Alih Nasdem Tanah Laut Laporan Denny Rontok di Bawaslu Pusat, Tim BirinMu Endus Motif Lain

BPBD Balangan Imbau Masyarakat Waspada Banjir dan Longsor

- Apahabar.com Senin, 9 November 2020 - 14:35 WIB

BPBD Balangan Imbau Masyarakat Waspada Banjir dan Longsor

Kepala BPBD Balangan Alive Yoesfah Love. Sumber: Istimewa

apahabar.com, PARINGIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan meminta masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana alam tetap waspada. Mengingat, saat ini musim penghujan.

“Bulan ini kan sudah mulai turun hujan. Untuk itu masyarakat yang berada di lokasi-lokasi yang biasa terjadi bencana seperti banjir dan longsor, untuk berhati-hati. Tapi mudah-mudahan saja kita berharap tidak ada bencana,” ujar Kepala BPBD Balangan Alive Yoesfah Love, Senin (09/11).

Ia mengatakan, daerah yang rawan bencana di Balangan saat musim hujan, setidaknya ada 5 kecamatan yang masih terendam banjir dan rawan banjir. Salah satunya kawasan yang masih rawan banjir di Kecamatan Halong.

Terdiri dari beberapa desa yang rawan banjir antara lain Baruh Panyambaran, Tabuan, Mantuyan, Buntu Pilanduk, Binju, Bangkal, Binjai Punggal, Puyun, Mantuyan dan Kapul serta Desa Hauwai.

Kedua di Kecamatan Juai terdiri dari beberapa desa yang rawan banjir antara lain Juai, Lalayau, Mihu, Bata, Galumbang, Mungkur uyam, Sirap, dan Desa Bata.

Ketiga di Kecamatan Lampihong terdiri dari beberapa desa yang rawan banjir antara lain Trans papuyuan, Matang Lurus, Tanah Habang, Teluk Karya, Pimping dan Matang Hanau.

Empat, Kecamatan Awayan terdiri dari beberapa desa yang rawan banjir antara lain Desa Putat Basiu, Desa Badalungga, dan Desa Awayan Pasar.

Kelima di Kecamatan Tebing Tinggi terdiri dari beberapa desa yang rawan banjir antara lain Desa Ju’uh, Desa Sungsum, dan Desa Mayanau.

Namun di samping kelima kecamatan itu, di tiga kecamatan lainnya seperti kecamatan Paringin Selatan, Paringin dan kecamatan Batumandi juga masuk kategori rawan banjir.

“Bila banjirnya cukup dalam maka ketiga kecamatan itu akan terdampak kena banjir juga, tapi di wilayah pinggiran sungai,” jelas Alive.

Diakuinya, banjir di wilayah Balangan berbeda dengan diwilayah lain. Banjir di Balangan ini genangan air tidak lama.

“Kalau kita di Balangan ini banjirnya tidak pernah lama, paling lama 1-2 hari, apalagi di daerah atas seperti kecamatan Halong dan Tebing Tinggi paling lama 1 hari, karena airnya cepat turun,” imbuhnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Balangan

Pemkab Balangan Gelontorkan Miliaran Rupiah untuk Bangun Tempat Ibadah

Balangan

BPBD Balangan Pantau Wilayah Rawan Banjir
apahabar.com

Balangan

Silaturahmi ke Pekalongan, Paslon ANIS Dapat Bekal dari Habib Luthfi bin Yahya
apahabar.com

Balangan

Didaulat Jadi Khatib di Masjid Darul Muhajirin, Ansharuddin Sampaikan Keteladanan Rasulullah SAW
apahabar.com

Balangan

Pilkada Balangan: Ansharuddin-Iswan (ANIS) Paslon Nomor Urut 2 Tampung Aspirasi Warga
apahabar.com

Balangan

Capai Kesepakatan, Perubahan APBD TA 2020 Dapat Segera Dilaksanakan
apahabar.com

Balangan

Sempat Dirawat, Wakil Ketua II DPRD Balangan Tutup Usia
apahabar.com

Balangan

Salat Hajat Sambut Tahun Baru Islam, Bupati Balangan Sampaikan Pesan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com