Hujan Lebat, Desa Hawang HST Banjir Lagi POPULER SEPEKAN: Kasus Pembunuhan Istri di Kapuas hingga ABK Tenggelam di Tanah Laut Warga Banjarmasin Terpesona Menikmati Pantai Teluk Tamiang Kotabaru Duh! Anggaran Pembinaan Atlet Banjarmasin Tertunggak 6 Bulan Isu Lemahnya KPK Digaungkan, Mahasiswa Siap Geruduk DPRD Kalsel

BPBD Balangan Imbau Masyarakat Waspada Banjir dan Longsor

- Apahabar.com Senin, 9 November 2020 - 14:35 WIB

BPBD Balangan Imbau Masyarakat Waspada Banjir dan Longsor

Kepala BPBD Balangan Alive Yoesfah Love. Sumber: Istimewa

apahabar.com, PARINGIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan meminta masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana alam tetap waspada. Mengingat, saat ini musim penghujan.

“Bulan ini kan sudah mulai turun hujan. Untuk itu masyarakat yang berada di lokasi-lokasi yang biasa terjadi bencana seperti banjir dan longsor, untuk berhati-hati. Tapi mudah-mudahan saja kita berharap tidak ada bencana,” ujar Kepala BPBD Balangan Alive Yoesfah Love, Senin (09/11).

Ia mengatakan, daerah yang rawan bencana di Balangan saat musim hujan, setidaknya ada 5 kecamatan yang masih terendam banjir dan rawan banjir. Salah satunya kawasan yang masih rawan banjir di Kecamatan Halong.

Terdiri dari beberapa desa yang rawan banjir antara lain Baruh Panyambaran, Tabuan, Mantuyan, Buntu Pilanduk, Binju, Bangkal, Binjai Punggal, Puyun, Mantuyan dan Kapul serta Desa Hauwai.

Kedua di Kecamatan Juai terdiri dari beberapa desa yang rawan banjir antara lain Juai, Lalayau, Mihu, Bata, Galumbang, Mungkur uyam, Sirap, dan Desa Bata.

Ketiga di Kecamatan Lampihong terdiri dari beberapa desa yang rawan banjir antara lain Trans papuyuan, Matang Lurus, Tanah Habang, Teluk Karya, Pimping dan Matang Hanau.

Empat, Kecamatan Awayan terdiri dari beberapa desa yang rawan banjir antara lain Desa Putat Basiu, Desa Badalungga, dan Desa Awayan Pasar.

Kelima di Kecamatan Tebing Tinggi terdiri dari beberapa desa yang rawan banjir antara lain Desa Ju’uh, Desa Sungsum, dan Desa Mayanau.

Namun di samping kelima kecamatan itu, di tiga kecamatan lainnya seperti kecamatan Paringin Selatan, Paringin dan kecamatan Batumandi juga masuk kategori rawan banjir.

“Bila banjirnya cukup dalam maka ketiga kecamatan itu akan terdampak kena banjir juga, tapi di wilayah pinggiran sungai,” jelas Alive.

Diakuinya, banjir di wilayah Balangan berbeda dengan diwilayah lain. Banjir di Balangan ini genangan air tidak lama.

“Kalau kita di Balangan ini banjirnya tidak pernah lama, paling lama 1-2 hari, apalagi di daerah atas seperti kecamatan Halong dan Tebing Tinggi paling lama 1 hari, karena airnya cepat turun,” imbuhnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Balangan

Eksekutif dan Legislatif Balangan Sepakati Perubahan Perda PBB-P2
DPRD

Balangan

Paripurna DPRD Balangan Tetapkan Propemperda 2021

Balangan

Bupati Ansharuddin Letakan Batu Pertama Pembangunan Langgar Al Muhajirin

Balangan

Bawaslu Balangan Perketat Pengawasan Tahapan Kampanye
bkppd

Balangan

Tiga Tahun Menunggu, BKPPD Balangan Tempati Gedung Baru Senilai Rp9 Miliar
apahabar.com

Balangan

Tanam Pohon, Dinas Pendidikan Balangan Ikut Bangun Ekosistem Hutan
apahabar.com

Balangan

Rapat Paripurna DPRD Balangan, Lima Fraksi Sampaikan Pandangan Umum
apahabar.com

Balangan

Pemkab Balangan Berencana Bangun Lembaga
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com