Kronologi Lengkap 2 Bocah asal Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi Belum Tentu Dibekap Sang Ibu, Biang Kematian 2 Bocah Benawa HST Jadi Misteri 16 Hari Anti-Kekerasan, Aktivis Perempuan Kampanyekan Kesetaraan Gender di Banjarmasin Suhu Tubuh Tinggi, Wali Kota Samarinda Positif Covid-19 Inalillahi, 2 Bocah di Batu Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi

BPBD Balangan Pantau Wilayah Rawan Banjir

- Apahabar.com Senin, 9 November 2020 - 14:43 WIB

BPBD Balangan Pantau Wilayah Rawan Banjir

ilustrasi

apahabar.com, PARINGIN – Hujan dengan intensitas cukup tinggi terjadi di Kabupaten Balangan. Kondisi ini membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan terjun langsung melihat kondisi titik-titik lokasi rawan banjir.

Kepala BPBD Balangan, Alive Yoesfah Love mengatakan, kenaikan debit air di Bendung Pitap di karenakan diguyur hujan memang terjadi, namun untuk kondisi debit air saat ini masih dalam keadaan aman.

Menurut dia, terendamnya beberapa desa beberapa waktu lau itu karena meluapnya air Sungai Batang Pitap, karena sebelumnya terjadi hujan yang cukup panjang di daerah hulunya. Kondisi ini sendiri, kata dia, memang kerap kali terjadi saat hujan dengan curah hujan tinggi terjadi sebelumnya.

“Kita selalu memantau dan mengsiagakan anggota untuk memantau kondisi di lapangan, terlebih hujan susulan kemungkinan juga akan terjadi. Ini bentuk kesiagaan dalam menghadapi musim yang masih ekstream,” ujarnya, Senin (09/11).

Kepala BPBD Balangan Alive Yoesfah Love. Sumber: Istimewa

Disebutkan Alive, setidaknya ada enam jenis kejadian bencana yang terjadi di Bumi Sanggam sepanjang tahun 2019 lalu.

Keenam kejadian tersebut yaitu kejadian kebakaran permukiman terjadi 29 kali, banjir 9 kali kejadian, tanah longsor/amblas 6 kali kejadian.

“Kemudian pohon tumbang 9 kali kejadian, angin kencang 12 kali kejadian serta kebakaran hutan dan lahan 160 kali kejadian dengan luas yang terbakar 426,79 hektare,” ujarnya.

Masih menurut Alive, menghadapi kebencanaan di tahun 2020 BPBD Balangan telah melakukan berbagai persiapan, di antaranya melaksanakan sosialisasi kebencanaan bersama pemangku kepentingan yang terkait.

Kemudian juga telah melaksanakan apel kebencanaan bersama TNI-Polri dan instansi lainnya, serta menyebar sejumlah spanduk imbauan kepada masyarakat untuk waspada bencana.

“Prediksi kebencanaan di tahun 2020 ini Balangan akan menghadapi musim hujan yang masih berlangsung beberapa bulan ke depan, kami mengharapkan kerja sama kepada masyarakat, salah satunya menjaga lingkungan seperti jangan membuang sampah sembarangan, dan kita berharap kebencanaan di 2020 dapat diantisipasi sedini mungkin,” imbuh Mantan Kabag Humas Setdakab Balangan.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Balangan

Eksekutif dan Legislatif Balangan Sepakati Perubahan Perda PBB-P2
apahabar.com

Balangan

Jembatan Gantung di Desa Sungsum Nyaris Ambruk, PUPR Balangan Segera Perbaiki
apahabar.com

Balangan

Didaulat Jadi Khatib di Masjid Darul Muhajirin, Ansharuddin Sampaikan Keteladanan Rasulullah SAW
apahabar.com

Balangan

Jumat Depan, Tempat Ibadah di Balangan Mulai Dibuka
apahabar.com

Balangan

Kapolres Balangan Gelar Silaturahmi dengan Berbagai Elemen Masyarakat
apahabar.com

Balangan

Deklarasi Damai Tolak Unjuk Rasa Anarkis di Balangan
apahabar.com

Balangan

Jelang Debat Paslon, Ansharuddin Akui Tak Ada Persiapan Khusus
apahabar.com

Balangan

Tak Bosan, Masyarakat Balangan Diminta Patuhi Protokol Kesehatan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com