Belasan Mahasiswa-Polisi Luka-Luka, Polres Ungkap Biang Ricuh #SaveKPK II di Banjarmasin #SAVEKPK Bergaung di Banjarmasin: Ratusan Mahasiswa Ultimatum Ketua DPRD Kalsel di Tengah Guyuran Hujan Tagih Janji Reklamasi, Dewan Tabalong Ngotot Panggil Bos Adaro UPDATE! Tunggu Supian HK, Massa #SaveKPK di Banjarmasin Ngotot Bertahan Jenderal Lapangan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Terluka, Tangan-Kepala Berdarah

BPBD Balangan Pantau Wilayah Rawan Banjir

- Apahabar.com Senin, 9 November 2020 - 14:43 WIB

BPBD Balangan Pantau Wilayah Rawan Banjir

ilustrasi

apahabar.com, PARINGIN – Hujan dengan intensitas cukup tinggi terjadi di Kabupaten Balangan. Kondisi ini membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan terjun langsung melihat kondisi titik-titik lokasi rawan banjir.

Kepala BPBD Balangan, Alive Yoesfah Love mengatakan, kenaikan debit air di Bendung Pitap di karenakan diguyur hujan memang terjadi, namun untuk kondisi debit air saat ini masih dalam keadaan aman.

Menurut dia, terendamnya beberapa desa beberapa waktu lau itu karena meluapnya air Sungai Batang Pitap, karena sebelumnya terjadi hujan yang cukup panjang di daerah hulunya. Kondisi ini sendiri, kata dia, memang kerap kali terjadi saat hujan dengan curah hujan tinggi terjadi sebelumnya.

“Kita selalu memantau dan mengsiagakan anggota untuk memantau kondisi di lapangan, terlebih hujan susulan kemungkinan juga akan terjadi. Ini bentuk kesiagaan dalam menghadapi musim yang masih ekstream,” ujarnya, Senin (09/11).

Kepala BPBD Balangan Alive Yoesfah Love. Sumber: Istimewa

Disebutkan Alive, setidaknya ada enam jenis kejadian bencana yang terjadi di Bumi Sanggam sepanjang tahun 2019 lalu.

Keenam kejadian tersebut yaitu kejadian kebakaran permukiman terjadi 29 kali, banjir 9 kali kejadian, tanah longsor/amblas 6 kali kejadian.

“Kemudian pohon tumbang 9 kali kejadian, angin kencang 12 kali kejadian serta kebakaran hutan dan lahan 160 kali kejadian dengan luas yang terbakar 426,79 hektare,” ujarnya.

Masih menurut Alive, menghadapi kebencanaan di tahun 2020 BPBD Balangan telah melakukan berbagai persiapan, di antaranya melaksanakan sosialisasi kebencanaan bersama pemangku kepentingan yang terkait.

Kemudian juga telah melaksanakan apel kebencanaan bersama TNI-Polri dan instansi lainnya, serta menyebar sejumlah spanduk imbauan kepada masyarakat untuk waspada bencana.

“Prediksi kebencanaan di tahun 2020 ini Balangan akan menghadapi musim hujan yang masih berlangsung beberapa bulan ke depan, kami mengharapkan kerja sama kepada masyarakat, salah satunya menjaga lingkungan seperti jangan membuang sampah sembarangan, dan kita berharap kebencanaan di 2020 dapat diantisipasi sedini mungkin,” imbuh Mantan Kabag Humas Setdakab Balangan.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Tatap Muka

Balangan

Rencana Pembelajaran Tatap Muka di Balangan Mulai Dibahas
Hanil Tamjid menjalani prosesi pengambilan sumpah untuk menjadi wakil ketua II DPRD Balangan. Foto: apahabar.com/AHC24

Balangan

Hanil Tamjid Resmi Jadi Wakil Ketua II DPRD Balangan
apahabar.com

Balangan

Pimpin BPC HIPMI Balangan, Erwan Rusadi Fokus Bangun UMKM
Balangan

Balangan

Bupati Balangan Ingatkan Masyarakat Waspada Banjir

Balangan

Bupati dan Kajari Balangan Tandatangani MoU Bidang PTUN
apahabar.com

Balangan

Deklarasi Damai Tolak Unjuk Rasa Anarkis di Balangan
DPRD

Balangan

Paripurna DPRD Balangan Tetapkan Propemperda 2021
apahabar.com

Balangan

Tanam Pohon, Dinas Pendidikan Balangan Ikut Bangun Ekosistem Hutan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com