Keren, RSD Idaman Banjarbaru Ditetapkan Sebagai RS Unggulan Pelayanan KB Simakalama Pembelajaran Tatap Muka OTT Amuntai, Giliran Orang Dekat Bupati HSU Diperiksa KPK KPK Tangkap Tangan Maliki, Bupati HSU Tunjuk Plt Kadis PUPRP Baru PLN Suplai Listrik untuk Kawasan Food Estate Kalteng

Bupati HST Berharap Fungsi Legislatif Berjalan Baik Setelah Semua Kursi Terpenuhi

- Apahabar.com     Rabu, 4 November 2020 - 17:14 WITA

Bupati HST Berharap Fungsi Legislatif Berjalan Baik Setelah Semua Kursi Terpenuhi

Ketua H Rachmadi memakaikan pin kepada PAW anggota DPRD HST yang baru dilantik, Selasa (3/11). Foto-Prokom HST for apahabar.com.

apahabar.com, BARABAI – Bupati HA Chairansyah berharap fungsi legislatif di Hulu Sungai Tengah (HST) berjalan baik. Hal itu dikatakan bupati setelah terpenuhinya jumlah anggota DPRD HST sebanyak 30 orang.

Dalam hal ini, anggota pergantian antar waktu atau PAW terakhir yang baru dilantik dan resmi duduk DPRD HST, Selasa (3/11).

Mendiang Nasrullah di Komisi III resmi digantikan M Rifa’i yang juga kader Nasdem pada sisa masa jabatan 2019-2014 di DPRD HST.

PAW bagi anggota DPRD, kata Chairanyah merupakan proses politik yang harus dilakukan sebagai upaya memenuhi kelengkapan anggota DPRD Kab HST.

Dia pun mengucap selamat kepada Rifa’i dan berharap bisa memberikan kontribusi dalam meningkatkan kinerja dewan, baik pelaksanaan fungsi legislasi, anggaran maupun pengawasan.

Sebab, kata Chairansyah, masih banyak program yang harus dilaksanakan oleh Pemkab HST, DPRD dan stake holder untuk memenuhi harapan masyarakat.

Terutama yang berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan, peningkatan pelayanan publik, pengembangan kehidupan demokrasi, maupun peningkatan daya saing daerah.

“Kepada M Rifa’i, sebagai anggota PAW DPRD, semoga dapat menyesuaikan diri dengan dinamika perkembangan, ketentuan dan tata tertib dalam melaksanakan tugas sebagai anggota Dewan,” ucap Chairansyah saat memberikan sambutan pada Paripurna Istimewa di Gedung DPRD HST, Selasa (3/11) sore.

apahabar.com


Bupati Chairansyah memberikan sambutan saat Rapat Paripurna Istimewa Peresmian dan Pengucapan Sumpah Janji PAW anggota DPRD HST, Selasa (3/11)./Foto Prokom HST for apahabar.com.

Sebelumnya, Rapat Paripurna Istimewa Peresmian dan Pengucapan Sumpah Janji PAW anggota DPRD HST dipimpin Ketua H Rachmadi.

Rifa’i kelahiran November 1992 silam ini merupakan anggota Wakil Bendahara Nasdem DPW Kalsel. Dia pernah menjabat sebagai Sekretaris Bapillu di HST.

Karirnya cukup cemerlang. Lulusan Akademi Bela Negara Partai Nasdem ini berhasil mengantarkan Nasdem memperoleh 4 kursi di DPRD HST pada pesta demokrasi 2019 yang lalu. Saat ini dia mempunyai usaha di bidang otomotif, owner 43_Mobile.

“Kami bersama keluarga juga tidak menyangka bisa sampai sejauh ini bisa duduk menjadi anggota DPRD HST,” kata Rifa’i usai pelantikannya.

Ia juga turut berbelasungkawa atas meninggalnya Nasrullah beberapa bulan yang lalu.

“Sosok pak Nasrullah tidak akan pernah kami lupakan dan kami juga sangat kenal beliau pribadi yang baik saat berjuang bersama pada Pemilu Tahun lalu di Dapil 3 (Kecamatan Pandawan dan LAU),” ujar Rifa’i.

Sarjana Komputer (S.Kom) ini berjanji akan memperjuangkan aspirasi masyarakat untuk perbaikan banua.

“Kita akan bergabung di Komisi 1 dan karena kita juga dipilih oleh rakyat, maka sudah kewajiban kita memperjuangan aspirasi rakyat,” terang Rifa’i.

Sebelum dilaksanakannya pengambilan sumpah; Sekretaris DPRD HST, Subhani dalam laporannya menyebutkan pelantikan PAW tersebut berdasarkan keputusan Gubernur Kalsel. Dengan surat bernomor 188.44/0720/KUM/2020.

Dalam surat tersebut tidak hanya pengangkatan anggota PAW tetapi. Tetapi juga sekaligus pemberhentian dengan hormat mendiang Nasrullah sebagai anggota DPRD 2019-2024.

“Dalam surat tersebut meresmikan pemberhentian dengan hormat Nasrullah dari partai Nasdem dari kedudukannya sebagai anggota DPRD HST dan meresmikan pengangkatan M Rifa’i, dari partai Nasdem sebagai anggota DPRD HST. Sisa masa jabatan 2019 – 2024,” terang Subhan.

Perlu diketahui, anggota DPRD sebelumnya kekurangan 2 dari 30 anggota di DPRD HST.

Pertama dari Partai Golkar, H Saban Effendi. Dia meninggalkan jabatan sebagai wakil ketua untuk mengikuti Pilbup HST 2020. Sehingga kursi Golkar berkurang satu dari enam kursi.

Namun tidak lama, Saban digantikan Pujiansyah Noor yang juga kader Golkar HST. Dia menjadi PAW anggota DPRD setelah diambil sumpah dan janjinya pada Rabu 14 Oktober 2020.

Kedua yakni dari anggota Komisi III, Nasrullah. Dia tutup usia saat hendak dirujuk ke salah satu rumah sakit di Kandangan HSS, Sabtu 19 September 2020 petang.

Sepeninggal Nasrullah, kursi Nasdem pun berkurang satu orang dari 4 kursi di DPRD HST.

Keanggotaannya resmi digantikan M Rifa’i yang juga telah diambil sumpah janji sebagai anggota PAW dihadapan anggota DPRD serta Forkopimda HST saat Rapat Paripurna Istimewa Selasa, 3 November 2020.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Logo

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Tiga Desainer Logo Harjad HST Terbaik Diganjar Penghargaan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Bupati Chairansyah: Satgas Penegak Hukum Prokes di HST Harus Serius

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Rancangan Awal RPJMD HST, Wabup Harap Masukan Masyarakat
Meratus

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Warga Meratus Diduga Diserang Beruang, Alami Luka di Bagian Kaki

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Baksos Pemuda Muhammadiyah Sasar Pegunungan Meratus HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Kepiawaian Penari Sanggar Ading Bastari di Surakarta Pukau Bupati HST
Apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Kembali Pertahankan Opini WTP, Wabup HST: Jadikan Motivasi

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pemulihan Pascabanjir, UNISM Terjunkan 328 Mahasiswa Bantu HST
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com