“Ritual Panggil Datu”, Siswa Hilang di Sungai Martapura Disebut Terjebak Detik-Detik Pembunuhan Brutal di Gambah HST, Korban Asyik Cabut Uban Mapolsek BAS HST Gempar! ODGJ Bawa Balok Ngamuk-Kejar Petugas Siap-Siap! Hasnur Mau Lepas Saham Perusahaan Kapalnya ke Publik Sodorkan 28 Alat Bukti, Korban Banjir Kalsel Mau Gotong Kulkas Rusak ke Pengadilan

Cegah Eksploitasi Anak Jadi Badut Jalanan, Dinsos Kalsel Ingatkan Peran Keluarga

- Apahabar.com     Senin, 9 November 2020 - 20:14 WITA

Cegah Eksploitasi Anak Jadi Badut Jalanan, Dinsos Kalsel Ingatkan Peran Keluarga

Kepala Dinas Sosial Kalimantan Selatan, Siti Nuriyani. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

apahabar.com, BANJARBARU – Fenomena bocah badut jalanan di Banjarmasin menuai perhatian dari banyak pihak. Kepala Dinas Sosial Kalimantan Selatan, Siti Nuriyani, menyesalkan maraknya kasus eksploitasi yang melibatkan anak di bawah umur tersebut.

“Peran kita sebagai masyarakat, keluarga terutama harus proaktif dalam memberikan perlindungan bagi anak-anak,” kata Nuriyani saat ditemui apahabar.com di sela kegiatan One Day For Children di Panti Sosial Asuhan Anak Budi Mulia Banjarbaru, Senin (9/11).

Menurutnya, keluarga memiliki andil besar dalam tumbuh kembang serta memberikan perlindungan bagi anak. Sehingga, para orangtua dituntut untuk meningkatkan kesadaran terhadap peran dan fungsi sosial mereka di masyarakat.

“Tidak hanya pemerintah, orangtua dan keluarga harus aktif. Anak-anak adalah generasi penerus yang harus mendapat perlindungan dari kekerasan maupun diskriminasi,” lanjutnya

Dikatakannya, kasus eksploitasi anak sebagian besar berasal dari keluarga yang kurang harmonis. Mereka akan rentan menjadi korban kekerasan, pelecehan seksual dan lainnya.

“Anak-anak ini tidak terlindungi kalau sudah di jalanan. Mereka tidak diperkenankan untuk mencari nafkah, karena kewajiban mereka adalah belajar,” pungkasnya

Pesan tersebut juga dia sampaikan dalam kegiatan One Day For Children yang rutin dilaksanakan oleh Dinsos Kalsel setiap tahunnya. Momen ini dijadikan sebagai pengingat kepada masyarakat dan keluarga agar memberikan perlindungan yang layak pada anak-anak.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Silo Grup Menang, Pemprov Kalsel Legowo, Pulau Laut Kian Terancam
apahabar.com

Kalsel

Legalisir Ijazah Membeludak, Alumni ULM Kebingungan
apahabar.com

Kalsel

H Alpiya Rakhman Kunjungi Warga Terdampak Banjir di Desa Sejahtera Mulia Tanbu
apahabar.com

Kalsel

Kapolresta Batola Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan
Rumah Tertimpa Pohon

Kalsel

Bantuan ke Para Pemilik Rumah Tertimpa Pohon di Kotabaru Langsung Mengalir
apahabar.com

Kalsel

Sehari 2 Kebakaran di Rantau
apahabar.com

Kalsel

Kembali Patah, Portal Jembatan Alalak II Akan Dibikin Lebih Kuat
apahabar.com

Kalsel

Damkar Tanbu Evakuasi Sarang Tawon di Pemukiman Warga
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com