Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Terparah, Walhi-Jatam Sepakat Class Action Data Lengkap Korban Longsor Mantewe Tanah Bumbu, Dari Amuntai hingga Kapuas Banjir Kalsel Berbuntut Panjang, Lawyer Banua Ancam Gugat Paman Birin Banjir Kalsel, Warga Kompleks Elite Nyinyir Rumah Miliaran “Calap Jua” Berakhir Hari Ini, Pembatasan Banjarmasin Ambyar Diterjang Banjir

Debat Terakhir Pilkada Kalsel, BirinMU Kejutkan dengan Program Unggulan

- Apahabar.com Senin, 30 November 2020 - 17:45 WIB

Debat Terakhir Pilkada Kalsel, BirinMU Kejutkan dengan Program Unggulan

Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel nomor urut 1, H Sahbirin Noor-H Muhidin. Sumber: istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Pada debat terakhir Calon Gubernur-Wakil Gubernur Kalsel yang digelar Sabtu (28/11) kemarin, H Sahbirin Noor-H Muhidin (BirinMu) sukses membuat kejutan.

Pasangan pasangan nomor urut 1 ini memanfaatkan kesempatan krusial tersebut dengan menyampaikan visi misi unggulan.
BirinMu punya rencana besar di sektor energi untuk Banua. Dengan bersemangat Paman Birin mengurai gagasan cemerlang pada debat yang dipandu Nanik Hayati dan Suhendar di TVRI Banjarmasin. Acara ini disiarkan secara live streaming melalui kanal YouTube KPU Kalsel.

“Apabila 1.000 hektare saja tanah di Kalsel yang luas difungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga matahari dengan kapasitas 1 GW, maka akan menjadikan Kalsel provinsi pertama yang bebas listrik bagi rakyatnya. Di sinilah visi Kalsel Maju kami tumpukan,” ungkap Paman Birin.

Listrik gratis tersebut, lanjut dia, akan berdampak masif untuk kemakmuran rakyat. Bagi perindustrian akan mendorong pabrik untuk buka dan berbisnis di Kalsel.

Bagi komersial, Kalsel akan mempunyai perdagangan yang sangat bersaing. Karena hilangnya biaya bulanan listrik bagi toko dan sektor jasa yang mengundang gairah dunia kepariwisataan.

Bagi rumah tangga bisa digunakan menjadi biaya tambahan pendidikan untuk anak-anak mereka.

“Inilah energi baru yang terbarukan. Jika kita banguan 1 GW listrik tenaga matahari, ini bisa dibangun dalam waktu 2 tahun, maka akan terjadi penurunan biaya di mesin tambang, industri, mesin diesel. Membuat margin keuntungan akan naik, karena berkurangnya variable biaya,” tuturnya.

Apabila pembangkit listrik dari energi baru terbarukan tersebut ada, biaya bulanan pembelian bahan bakar akan hilang. Dampaknya, beban biaya listrik drastis berkurang. Bahkan tidak ada lagi.

“Kalsel akan menjadi provinsi yang bebas biaya listrik,” tandasnya.

Lalu, dari mana pembangkit tersebut memperloeh revenue? Paman Birin menyebut dari pembelian provinsi lain yang akan difasilitasi perusahaan listrik negara (PLN). Ketika rencana ini terlaksana dan menjadi nyata, Kalsel akan menjadi provinsi bebas listrik.

“Kesimpulan saya sangat kongkrit, Kalsel Maju Makmur Sejahtera dimulai dari bebasnya listrik,” pungkasnya.

Listrik tenaga matahari itu hanyalah salah satu sumber pembangkit yang bisa dikembangkan. Energi lain yang bisa digarap adalah pembangkit listrik tenaga air dan angin. Selain di PLTA Riam Kanan, di Kalsel sudah ada beberapa bendungan yang bisa dimafaatkan.

“Seperti Riam Kiwa, Kusan, dan Kinarum. Ke depan kita memprioritaskan pembangkit listrik terbarukan. Inilah saat yang paling tepat untuk mengubah paradigma sumber energi dari batu bara,” jelasnya.

Kebijakan energi yang digagas tersebut, tambah Paman Birin, juga selaras dengan Kalsel sebagai gerbang Ibu Kota Negara (IKN). “Kita adalah provinsi yang paling dekat berbatasan dengan IKN. Kita akan menjadi daerah pemasok listrik untuk IKN karena surplus dalam daya kelistrikan,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Kubu Jokowi Yakin Elektabilitas Masih Tinggi
apahabar.com

Politik

Resmi, PDIP Usung Abdul Hadi-Supiani di Pilkada Balangan 2020
apahabar.com

Politik

Dukungan PWNU Kalsel ke KH Ma’ruf, Bagai Anak dan Ayah
apahabar.com

Politik

Duet Sahbirin-Muhidin, PDIP Kalsel: Kami Juga Punya Nama!
apahabar.com

Politik

Bantah Ada Politik Dinasti, MHM: Kalau Saya Langsung Tunjuk Cuncung, Itu Baru Politik Dinasti
apahabar.com

Politik

Versi MRC, Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Masih Unggul
apahabar.com

Politik

Pilwali Banjarmasin 2020, Berkas Penuhi Syarat KPU Hj Ananda-H Musaffa Zakir Jalani Tes Kesehatan di RSUD Ulin
apahabar.com

Politik

Amankan Suara Kalsel, Pengamat: Putra Daerah Perlu Jadi Menteri
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com